Rabu, 24 Februari 2010

[FISIKA] Digest Number 2974

Messages In This Digest (7 Messages)

Messages

1a.

Re: Mohon komentarnya dari para pakar fisika

Posted by: "handhika ramadhan" isaacnewtonid@yahoo.com   isaacnewtonid

Tue Feb 23, 2010 11:05 am (PST)



Saya cuma mau melontarkan beberapa pertanyaan mengenai isi artikel tsb:
1) ---Nah, santet dan mahluk halus itu ternyata energi yang bermuatan (-).---
Apa dasar dari statement yg saya kutip di atas itu?apakah ada penjelasan penjelasan teoretis / hasil eksperimen yg membuktikan bahwa memang "santet dan makhluk halus" (dalam hal ini terminologi "santet dan makhluk halus" pun butuh definisi sendiri yg non-ambigu) bermuatan negatif?apa yg dimaksud dgn "muatan negatif" di sini? apakah kita sedang membicarakan sesuatu dgn perspektif yg sama, bahwa muatan negatif di sini sama dengan konvensi muatan negatif dalam teori medan elektromagnetik? atau apakah yg dimaksud "muatan negatif" di sini lebih sebagai kalimat bernuansa "peyoratif"?
saya memulai dgn mempertanyakan statement di atas karena statement tsb merupakan premis utama dari isi artikel di bawah ini. Kalau kebenaran premis ini runtuh, maka runtuhlah kredibilitas isi artikel tsb.
2) Masih berkaitan dgn definisi muatan negatif, bagaimana anda mendefiniskan tanaman yg mengandung muatan negatif, dan bagaimana pula anda mengklasifikasikannya?
terima kasih.

====================================
Where the mind is without fear and the head is held high....
Where the knowledge is free...
Where the world has not been broken up into fragments by narrow domestic walls...
Where words come out from the depth of truth...
Where tireless striving stretches its arms toward perfection....
Where the clear stream of reason has not lost its way into the dreary sand of dead habit....
Where the mind is led forward by Thee into ever-widening thought and action....
Into that Heaven of Freedom, My God, let my country awake.

- Rabindranath Tagore in "Gitanjali" -

--- On Tue, 2/23/10, Den Bagusnya <milis75@yahoo.com.sg> wrote:

From: Den Bagusnya <milis75@yahoo.com.sg>
Subject: [FISIKA] Mohon komentarnya dari para pakar fisika
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Date: Tuesday, February 23, 2010, 2:34 AM

 

Moderator edit: Menurut saya jelas tidak ilmiah. Silakan yang lain memberikan pendapat .. saya kira bisa menjadi menjadi sarana untuk mendidik kita bagaimana membedakan kategori ilmiah atau bukan. (Haryo)

Dear All,

mohon komentari ini artikel ilmiah atau tidak

dari sisi fisika karena mengaitkan dengan hukum-fisika

Terima kasih

-----------8< --------- --------- --

Cara Menangkal Santet Dengan Hukum Fisika

Posted by: "INDAH FASHION" sweetye_indah@ yahoo.com sweetye_indah

Mon Feb 22, 2010 12:48 am (PST)

Artikel cara menangkal santet dengan hukum fisika semoga bermanfaat, tapi paling utama menangkal dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT :)

Indah fashion

http://www.facebook .com/pages/ Indahfashion- Shop/18931034852 1

Twitter, https://twitter. com/Indahfashion

Cara Menangkal Santet Dengan Hukum Fisika

Santet, teluh, sihir atau apapun namanya adalah energi negatif yang mampu merusak kehidupan seseorang : berupa terkena penyakit, kehancuran rumah tangga hingga sampai dengan kematian.

Quote:

Berbagai penyelidikan pun telah banyak dilakukan ilmuwan terhadap fenomena santet dan sejenisnya. Tentu metode penelitian para ilmuwan agak berbeda dengan agamawan.

Jika para agamawan memakai rujukan dalil2 kitab suci (ayat kitabiyah), maka para ilmuwan menggunakan ayat kauniyah (alam semesta) untuk menyelidiki santet ini. Penyelidikan menggunakan ayat kauniyah tentunya harus memiliki metode yang s ifa tnya ilmiah, mulai dari mencari kasus2 santet, tipe2 santet, gejala, akibat dlsb. Lalu kemudian dilakukan berbagai eksperimen untuk penyembuhannya. Salah satu kesimpulan/pendapat yang mengemuka adalah santet itu sebenarnya adalah energi. Kenapa dalam kasus santet bisa masuk paku, kalajengking, penggorengan dll bisa dijelaskan melalui proses materialisasi energi.

Nah, santet dan mahluk halus itu ternyata energi yang bermuatan (-). Bumipun ternyata memiliki muatan (-). Dalam hukum C Coulomb dikatakan bahwa muatan yang senama akan saling tolak menolak dan muatan yang tidak senama justru akan tarik menarik. Rumusnya :

F = K * ((Q1*Q2)/R^2)

F = gaya tarik menarik

K = Konstanta

Q1, Q2 = muatan

R = jarak

Nah karena demit alias mahluk halus dan bumi itu sama-sama bermuatan (-) makannya para demit itu tidaklah menyentuh bumi. Orang tua jaman dulu juga sering mengingatkan jika bicara dgn orang yg tidak dikenal pd malam hari maka lihatlah apakah kakinya menapak ke bumi atau tidak. Jika tidak maka ia berarti golongan mahluk halus.

Begitu juga dengan santet yang ternyata bermuatan (-) maka secara fisika bisa ditanggulangi atau ditangkal dengan hukum C Coulomb ini. Saya tidak membahas metode melawan santet dengan zikir karena sudah banyak dibahas tapi saya menawarkan alternatif lainnya yg bisa bersifat "standalone" (utk non muslim) maupun digabungkan dgn zikir (utk muslim).

Beberapa Metodenya :

Cara 1

Tidurlah dilantai yang langsung menyentuh bumi. Boleh gunakan alas tidur asal tidak lebih dari 15 Cm. Dengan tidur dilantai maka santet kesulitan masuk karena terhalang muatan (-) dari bumi.

Cara 2

Membuat alat elektronik yang mampu memancarkan gelombang bermuatan (-). Mahluk halus, jin, santet dll akan menjauh jika terkena getaran alat ini. Tapi Kelemahan alat ini tidak mampu mendeteksi mahluk baik dan jahat. Jadi, alat ini akan "menghajar" mahluk apa saja. Jika ada jin baik dan jin jahat maka keduanya akan "diusir" juga.

Cara 3

Melakukan gerakan senam khusus dimana tapak kaki harus menyentuh bumi. Gerakan senam ini hanya punya satu gerakan inti saja jadi mudah sekali dilakukan oleh anak2 hingga orang tua. Selain utk penyembuhan berbagai penyakit medis yg sulit sembuh, senam ini cukup banyak menyelesaikan kasus santet juga. Ini murni senam, tanpa mantra atau pernafasan khusus.

Cara 4

Menanam pohon atau tanaman yang memiliki muatan (-). Bagi yang peka spiritual, aura tanaman ini adalah terasa "dingin". Pohon yang memiliki muatan (-) diantaranya : dadap, pacar air, kelor, bambu kuning dll. Tanaman sejenis ini paling tidak disukai mahluk halus. Biasanya tanaman bermuatan (-) ini tidaklah mencengkram terlalu kuat di tanah (bumi) dibandingkan dengan tanaman bermuatan (+)

Lain halnya dengan pohon yang memiliki muatan (+) seperti pohon asem, beringin, belimbing, kemuning, alas randu dll maka phohon sejenis ini tentu akan menarik mahluk halus dan seringkali dijadikan tempat tinggal. Hal ini dikarenakan ada gaya tarik menarik antara pohon (+) dan mahluk halus (-) sesuai hukum C Coulomb.

(sumber:forumkami. co) , web duniapustaka. org

2a.

Re: Usul utk Bang Moderator

Posted by: "Ma'rufin Sudibyo" marufins@yahoo.com   marufins

Tue Feb 23, 2010 4:15 pm (PST)



Nggak ada yang rahasia di Fisika. Tujuan utamanya untuk pembelajaran dan tukar menukar informasi, yang itu pun sudah menjadi hal yang umum. Sependapat dengan Bang Haryo dan Lita, tidak perlu milis ini di-private.

Salam,

Ma'rufin

________________________________
From: Fristy Lita <excotyiesme@yahoo.com>
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Sent: Tue, February 23, 2010 2:15:53 PM
Subject: Re: [FISIKA] Re: Usul utk Bang Moderator

 
Aduhhh jangann dong,,
tujuannya kan buat share,, untuk pembelajaran bersama,,
so kenapa mesti di private??

________________________________
From: Haryo Sumowidagdo <sumowidagdo@ gmail.com>
To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
Sent: Tue, February 23, 2010 3:14:23 AM
Subject: [FISIKA] Re: Usul utk Bang Moderator

 

Pada tahapan diskusi yang dilakukan di milis ini, menurut saya masih tidak ada rahasia yang perlu disimpan. Semua topik yang dibicarakan di milis ini dapat ditemukan di buku teks fisika, internet, suratkabar, majalah ilmiah populer, atau paper di jurnal ilmiah.

Haryo

--- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, "M.Syarif.S. Markaban" <syarif_markaban@ ...> wrote:
>
> Hallo semua,
>
>
>
> Saya ingin mengusulkan 1 usulan (khususnya) ke Bang Moderator &
> (secara umum) ke seluruh rekan2, bagaimana jika Milist ini
> kita jadikan Milist tertutup utk khusus untuk anggotanya saja yang
> terdaftar di di Milist. Jadi isi semua pembicaraan/ pembahasan hanya
> bisa diakses oleh anggota2nya saja & tertutup utk dunia luar.
>
>
>
> Alasannya: karena saya perhatikan, seluruh diskusi kita bisa dimonitor dengan sangat terbuka, jika org mengklick dari Google.
>
>
>
> Cuma usul aja ke Bang Moderator & ke seluruh Rekan2 semua, karena ini demi kepentingan kenyamanan & keamanan kita semua.
>
>
>
> Silahkan didiskusiin.
>
>
>
> Salam,
>
> Syarif

2b.

Re: Usul utk Bang Moderator

Posted by: "frank_the_hero" frank_nasch@yahoo.com   frank_the_hero

Tue Feb 23, 2010 7:54 pm (PST)





--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "M.Syarif.S.Markaban" <syarif_markaban@...> wrote:
>
> Jadi isi semua pembicaraan/pembahasan hanya
> bisa diakses oleh anggota2nya saja & tertutup utk dunia luar.

Wah, kesannya kok MFI bakal jadi seperti Secret Society / Brotherhood begitu ya...?

Saya rasa selama ini bung Moderator dkk. sudah relatif berhasil dalam mengarahkan topik pembicaraan/pembahasan di milis ini. Tidak pernah sampai nyeleneh tidak karuan, atau menyerempet hal-hal yang kelewat sensitif macam spamming SARA atau pornografi misalnya.

Walaupun demikian, saya akan mendukung jika milis ini jadi tertutup jika misalnya situasinya sudah 'tidak terkendali'. Let's just keep that option open for now.

Frank

2c.

Re: Usul utk Bang Moderator

Posted by: "Regina" reggie_nih@yahoo.com   reggie_nih

Tue Feb 23, 2010 8:29 pm (PST)



Sekedar sharing tentang awal saya bergabung di milis ini.

Dulu ketika saya mencari informasi tentang sesuatu yang berhubungan dengan fisika, mesin pencari google mengarahkan saya pada salah satu isi posting di milis ini. Karena milis ini bersifat terbuka, maka posting yang mengandung
kemungkinan jawaban dari pertanyaan saya dapat diakses lewat mesin pencari. Dari hasil mesin pencari google inilah saya tahu  milis ini ada sehingga saya bisa ikut bergabung. Dapat dibayangkan, jika milis ini tertutup, akan banyak orang yang sedang mencari informasi tentang fisika dan seharusnya dapat memperoleh jawaban yang cukup memuaskan dari milis ini menjadi "tidak terlayani" (walaupun kita tahu isi posting belum tentu bisa seratus persen menjadi fixed-reference).
 
Saya tidak menemukan satu alasanpun yang bisa membuat milis ini seyogyanya tertutup. Seandainya ada situasi "tidak terkendali", ada posting yang OOT, dsb. di dalam milis, hal ini tidak ada hubungannya dengan tertutup atau tidaknya milis (jika milis ini tertutup, namun tidak ada moderator yang baik, hal-hal yang "tidak terkendali", OOT dll. tetap bisa terjadi).

Just being curious: apa sebenarnya alasan pelempar topik ini pertama kali, selain ingin isi posting di MFI menjadi "rahasia"? Apakah ada alasan lain yang mungkin memang layak dijadikan pertimbangan?

Thank you.

Regina

--- On Wed, 2/24/10, frank_the_hero <frank_nasch@yahoo.com> wrote:

From: frank_the_hero <frank_nasch@yahoo.com>
Subject: [FISIKA] Re: Usul utk Bang Moderator
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Date: Wednesday, February 24, 2010, 10:53 AM

 

--- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, "M.Syarif.S. Markaban" <syarif_markaban@ ...> wrote:

>

> Jadi isi semua pembicaraan/ pembahasan hanya

> bisa diakses oleh anggota2nya saja & tertutup utk dunia luar.

Wah, kesannya kok MFI bakal jadi seperti Secret Society / Brotherhood begitu ya...?

Saya rasa selama ini bung Moderator dkk. sudah relatif berhasil dalam mengarahkan topik pembicaraan/ pembahasan di milis ini. Tidak pernah sampai nyeleneh tidak karuan, atau menyerempet hal-hal yang kelewat sensitif macam spamming SARA atau pornografi misalnya.

Walaupun demikian, saya akan mendukung jika milis ini jadi tertutup jika misalnya situasinya sudah 'tidak terkendali'. Let's just keep that option open for now.

Frank

2d.

Bls: [FISIKA] Re: Usul utk Bang Moderator

Posted by: "sigit jaya herlambang" kupleaslitlb@yahoo.com   kupleaslitlb

Tue Feb 23, 2010 9:04 pm (PST)



kalo menurut saya ga perlulah mengeksklusifkan diri... ga tau menurut yg lain...

________________________________
Dari: frank_the_hero <frank_nasch@yahoo.com>
Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Terkirim: Rab, 24 Februari, 2010 10:53:20
Judul: [FISIKA] Re: Usul utk Bang Moderator

--- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, "M.Syarif.S. Markaban" <syarif_markaban@ ...> wrote:
>
> Jadi isi semua pembicaraan/ pembahasan hanya
> bisa diakses oleh anggota2nya saja & tertutup utk dunia luar.

Wah, kesannya kok MFI bakal jadi seperti Secret Society / Brotherhood begitu ya...?

Saya rasa selama ini bung Moderator dkk. sudah relatif berhasil dalam mengarahkan topik pembicaraan/ pembahasan di milis ini. Tidak pernah sampai nyeleneh tidak karuan, atau menyerempet hal-hal yang kelewat sensitif macam spamming SARA atau pornografi misalnya.

Walaupun demikian, saya akan mendukung jika milis ini jadi tertutup jika misalnya situasinya sudah 'tidak terkendali'. Let's just keep that option open for now.

Frank

Lebih aman saat online. Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis. Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer/
2e.

Re: Usul utk Bang Moderator

Posted by: "Asis Pattisahusiwa" asisphysic04@gmail.com   aziz_physic04

Wed Feb 24, 2010 12:08 am (PST)



kalo menurut saya, emang lebih baik milis ini dibiarkan terbuka. dengan
demikian akan lebih banyak mendatangkan manfaat daripada dibuat private.
saya jadinya penasaran, gimana caranya membuat sebuah milis menjadi private
dalam hal ini tidak bisa dijangkau oleh google bot? setahu saya, jika kita
masuk ke suatu situs dengan hak akses google bot (misalnya dengan
memanfaatkan signatur google bot), maka kita tidak mendapatkan halangan
apapun untuk melihat-lihat file-file "private" situs tersebut.

CMIIW
thanks.

Pada 23 Februari 2010 20:29, Regina <reggie_nih@yahoo.com> menulis:

>
>
> Sekedar sharing tentang awal saya bergabung di milis ini.
>
> Dulu ketika saya mencari informasi tentang sesuatu yang berhubungan dengan
> fisika, mesin pencari google mengarahkan saya pada salah satu isi posting di
> milis ini. Karena milis ini bersifat terbuka, maka posting yang mengandung
> kemungkinan jawaban dari pertanyaan saya dapat diakses lewat mesin pencari.Dari hasil mesin pencari googleinilah saya tahu milis
> ini ada sehingga saya bisa ikut bergabung. Dapat dibayangkan, jika milis
> ini tertutup, akan banyak orang yang sedang mencari informasi tentang fisika
> dan seharusnya dapat memperoleh jawaban yang cukup memuaskan dari milis ini
> menjadi "tidak terlayani" (walaupun kita tahu isi posting belum tentu bisa
> seratus persen menjadi fixed-reference).
>
> Saya tidak menemukan satu alasanpun yang bisa membuat milis ini seyogyanya
> tertutup. Seandainya ada situasi "tidak terkendali", ada posting yang OOT,
> dsb. di dalam milis, hal ini tidak ada hubungannya dengan tertutup atau
> tidaknya milis (jika milis ini tertutup, namun tidak ada moderator yang
> baik, hal-hal yang "tidak terkendali", OOT dll. tetap bisa terjadi).
>
> Just being curious: apa sebenarnya alasan pelempar topik ini pertama kali,
> selain ingin isi posting di MFI menjadi "rahasia"? Apakah ada alasan lain
> yang mungkin memang layak dijadikan pertimbangan?
>
> Thank you.
>
> Regina
>
> --- On *Wed, 2/24/10, frank_the_hero <frank_nasch@yahoo.com>* wrote:
>
>
> From: frank_the_hero <frank_nasch@yahoo.com>
>
> Subject: [FISIKA] Re: Usul utk Bang Moderator
> To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
> Date: Wednesday, February 24, 2010, 10:53 AM
>
>
>
>
>
>
> --- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com<http://mc/compose?to=fisika_indonesia%40yahoogroups.com>,
> "M.Syarif.S. Markaban" <syarif_markaban@ ...> wrote:
> >
> > Jadi isi semua pembicaraan/ pembahasan hanya
> > bisa diakses oleh anggota2nya saja & tertutup utk dunia luar.
>
> Wah, kesannya kok MFI bakal jadi seperti Secret Society / Brotherhood
> begitu ya...?
>
> Saya rasa selama ini bung Moderator dkk. sudah relatif berhasil dalam
> mengarahkan topik pembicaraan/ pembahasan di milis ini. Tidak pernah sampai
> nyeleneh tidak karuan, atau menyerempet hal-hal yang kelewat sensitif macam
> spamming SARA atau pornografi misalnya.
>
> Walaupun demikian, saya akan mendukung jika milis ini jadi tertutup jika
> misalnya situasinya sudah 'tidak terkendali'. Let's just keep that option
> open for now.
>
> Frank
>
>
>
>

--
Asis Pattisahusiwa

Learn, Try, and be a Master
3.

[Saksikan Indonesia Talks] Masa Depan Scientist Indonesia (Prof. Yow

Posted by: "Media Qtv" qtvmedia@yahoo.com   qtvmedia

Wed Feb 24, 2010 1:51 am (PST)





 
 
Prof. Yow Pin Lim : Masa depan Scientist
Indonesia
(Klik Foto untuk melihat
videonya)

 
Indonesia harus berbangga, Pria 49 tahun asal
Cirebon, Jawa Barat itu adalah
pimpinan dan pendiri sebuah perusahaan riset Pro
Thera Biologisc di Rhode
Island, Amerika Serikat. Bagaimana pandangan
Ilmuwan satu ini terhadap
masa depan Scientist di Indonesia?
 
----------------------------------------------------------
Bagi
anda yang sudah bergabung di QTV fan page, berkesempatan mendapatkan

buku dengan memberikan komentar anda
pada video-video
INDONESIA TALKS.
 
Join us on
 

 
 

Lebih aman saat online. Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis. Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer/
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Dogs Owners Group

Join Do More For Dogs

pet community

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Schizophrenia groups

Find support

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: