Senin, 26 April 2010

[sekolah-kehidupan] Digest Number 3049

Messages In This Digest (1 Message)

Message

1.

(catcil) Secangkir Teh Dari Tuhan

Posted by: "Yons Achmad" kolumnis@gmail.com   freelance_corp

Mon Apr 26, 2010 1:50 am (PDT)



*Secangkir Teh Dari Tuhan*

:yons achmad*

* *

*If you are cold, tea will warm you*

*If you are too heated, it will cool you*

*If you are depressed, it will cheer you*

*If you are excited, it will calm you*

Magic of Tea. WE Gladstone

*Ada yang bilang, lelaki lebih menyukai kopi,*

*sedang perempuan lebih suka teh.*

*Apa pendapatmu?*

Tak ada yang pasti. Saya kira pendapat itu tak mutlak adanya. Kalau saya
sendiri, lebih menyukai secangkir teh daripada kopi. Saya tak menolak untuk
meminum kopi. Tapi untuk selera lebih menyukai secangkir teh. Kenapa
secangkir bukan segelas? Bagi saya cangkir berasa lebih estetis dibanding
gelas. Lagi-lagi ini soal selera. Mau protes? Boleh.

Teh. Di Jawa sering dijadikan minuman suguhan untuk tamu. Saya kurang tahu
kalau di luar Jawa. Tapi, sependek pengetahuan saya ada hal berbeda antara
satu daerah dengan daerah yang lain. Misalnya di Banyumas (Purwokerto),
tempat saya sempat numpang kuliah dulu, teh biasanya disajikan tanpa gula,
dalam sajian pernikahan sekalipun. Kalau di Magelang, menyuguhkan teh ke
tamu tanpa gula, rasanya *kok* kurang lumrah. Lagi-lagi ini sekilas
penglihatan saya saja. Bisa jadi salah.

Terlepas dari itu, teh sendiri punya sejarah yang cukup unik.

Saya mendapatkan informasi dari salah satu pecinta teh di tanah air. Prawoto
Indarto dalam makalah berjudul "Teh Bukan Minuman Biasa" (2007) menjelaskan:

* *

*Fase pertama*, teh menjadi minuman dari dinasti ke dinasti bangsa Cina.
Bagi sebagian besar masyarakat China, membicarakan teh sama artinya dengan
membicarakan etika kebudayaan, karena seluruh tatanan sosial mereka sebagian
besar dibangun bersamaan dengan tradisi minum teh. Sastrawan Lu Yu yang
merupakan orang pertama penulis literatur teh secara lengkap dan
komprehensif, dalam bukunya Cha Ching menyebut teh sebagai "embun termanis
dari surga".

*Fase kedua,* teh mempengaruhi peradaban dunia. Belanda melihat peluang teh
bisa diperdagangkan di Eropa. Belanda kemudian tercatat sebagai bangsa
pertama yang melakukan import secara komersial teh ke Eropa yang dikapalkan
via pelabuhan di pulau Jawa pada tahun 1610.

Di Inggris, pernah muncul istilah Afternoon Tea. Merupakan "pemberontakan"
Anna, salah satu putri Victoria pada pola makan bangsa Inggris yang hanya
mengenal dua kali sehari yaitu pagi dan malam hari. Maka Tea shops telah
mendorong kemunculan semangat emansipasi wanita yang memicu revolusi sosial
di Inggris. Para lady ini menuntut persamaan hak untuk bisa minum teh di
luar rumah dan duduk berdampingan setara dengan pria.

* *

*Fase ketiga, * sebagai minuman kesehatan. Teh merupakan minuman yang sangat
efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menghambat pertumbuhan
sel kanker. Minum teh berperan meningkatkan konsentrasi dan perasaan tenang
pada gelombang Alpha otak manusia karena adanya zat aktif bernama theanine
dalam teh.

Sebelum membaca makalah tersebut, saya sudah menyukai teh. Setelah
membacanya, bertambah rasa cinta saya pada teh. Saya merasa tenang ketika
sedang meminum secangkir teh. Dan bagi saya yang demikian itu sebuah
kepuasaan, kebahagiaan tersendiri walau kecil. Bisa jadi memang, saya
menyecap secangkir teh di rumah, di kantor atau di pinggi jalan. Tapi, tak
berlebihan kiranya jika saya anggap itu semua secangkir teh dari Tuhan. Ya,
sepertinya memang benar adanya. Ia adalah "Embun termanis dari surga".

Duren Tiga: 26 April 2010

*Penulis lepas, tinggal di pinggir Jakarta

--
==========
Yons Achmad
http://twitter.com/bungyons
"hidup ini diawali dengan ciuman bau pagi, secangkir teh, kemacetan, buku,
kata-kata, senja, alunan biola lalu cinta"
Recent Activity
Visit Your Group
Biz Resources

Y! Small Business

Articles, tools,

forms, and more.

Y! Messenger

All together now

Host a free online

conference on IM.

Y! Groups blog

the best source

for the latest

scoop on Groups.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Welcome to Mom Connection! Share stories, news and more with moms like you.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

Tidak ada komentar: