Minggu, 01 Mei 2011

[dapurbunda] Digest Number 4584

Messages In This Digest (2 Messages)

Messages

1a.

Re: Tanya bumbu lodeh Terong

Posted by: "Elly Cho" ellycho40@yahoo.ca   ellycho40

Sat Apr 30, 2011 2:27 pm (PDT)



Hallo Lia,
Terima kasih atas jawaban anda yang mau share resep2 masakan Indo yang saya
gandrungi.  You are always care about people.  Akan saya coba resep anda.
Elly T.

________________________________
From: Lia F. Dewi <mylianov@gmail.com>
To: dapurbunda@yahoogroups.com
Sent: Sat, April 30, 2011 2:04:34 AM
Subject: Re: [dapurbunda] Tanya bumbu lodeh Terong

 
mba Elly, kalo saya bumbu lodeh selalu sama meski beda2 sayur
isiannya. Termasuk kalo bikin sayur daun singkong juga saya pake bumbu
lodeh.
Bumbu halus yg saya pake:
Bw.merah bw.putih cabe merah (dikit/optional) lengkuas kencur terasi dikit.
Plus daun salam.
Kemiri sangrai, kdg pake kdg gak tergantung kekentalan santannya atau
tergantung sayurnya (kl daun singkong suka nyerap santan jd saya pake
kemiri).
Kalo ada kaldu rasanya lbh enak lagi :)

On 4/30/11, Elly Cho <ellycho40@yahoo.ca> wrote:
> Dear para bunda yang baik hati ,
> Minta tolong tanya pada ibu2 yang mempunyai bumbu lodeh terong?  Saya ragu2
> apakah memakai kemiri apa tidak?  Apakah boleh disamakan bumbu lodeh jantung
> pisang dengan bumbu lodeh terong?
> Terima kasih sebelumnya.
> Elly T.
>

2a.

Bls: [dapurbunda] Tanya bumbu lodeh Terong

Posted by: "Susi Hariyani" susihariyani@ymail.com   susihariyani@ymail.com

Sat Apr 30, 2011 2:27 pm (PDT)



Terong dibumbuin seperti sambal goreng juga enak loh mbak.....
Sayurnya :
Terong
Daun So
Kacang Panjang
Jagung Putren

Bisa ditambah daging sapi tetelan (bahasa indonesianya apa ya....hehe)

Bumbunya :Cabe merah, cabe rawit secukupnya
Bawang merah 4 butir
Bawang putih 2 butir
Kemiri 2 butir

Bumbu cemplung :
Daun Salam + Lengkuas
Santan
Garam
Gula jawa/kecap secukupnya

Caranya :
Bumbu dihaluskan, semtara kita didihkan air
Setelah bumbu halus rata, tumis bumbu sampe harum dan benar-benar matang, sisihkan.

Setelah air mendidih, masukkan daging tetelan.
Angkat, saring kaldunya, didihkan lagi.
Masukkan sayuran, daging yg sudah dipotong kecil.
Tambahkan bumbu tumisan.
Masukkan daun salam plus lengkuas
Setelah sayur setengah matang, tambahkan santan.
Aduk rata.
Tambahkan garam, gula jawa/kecap sesuai selera.
Aduk rata, sampe matang.
Siap disajikan bersama lontong/nasi, dan krupuk udang........;-)

 
Rgds
Susi Hariyani
http://ceritatentangsusi.blogspot.com
http://www.masakanrumahan.wordpress.com
FB/YM : susihariyani@ymail.com

________________________________
Dari: Lia F. Dewi <mylianov@gmail.com>
Kepada: dapurbunda@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 30 April 2011 16:07
Judul: Bls: [dapurbunda] Tanya bumbu lodeh Terong

 
oiya, spt mba Ratna saya juga nambahin irisan cabe ijo, dan daun
kemangi buat finishingnya. Enak bgt lodeh sayuran pake daun kemangi.
Sayurnya: terong, kc pnjg & labu.

On 4/30/11, Lia F. Dewi <mylianov@gmail.com> wrote:
> mba Elly, kalo saya bumbu lodeh selalu sama meski beda2 sayur
> isiannya. Termasuk kalo bikin sayur daun singkong juga saya pake bumbu
> lodeh.
> Bumbu halus yg saya pake:
> Bw.merah bw.putih cabe merah (dikit/optional) lengkuas kencur terasi dikit.
> Plus daun salam.
> Kemiri sangrai, kdg pake kdg gak tergantung kekentalan santannya atau
> tergantung sayurnya (kl daun singkong suka nyerap santan jd saya pake
> kemiri).
> Kalo ada kaldu rasanya lbh enak lagi :)
>
> On 4/30/11, Elly Cho <ellycho40@yahoo.ca> wrote:
>> Dear para bunda yang baik hati ,
>> Minta tolong tanya pada ibu2 yang mempunyai bumbu lodeh terong?  Saya
>> ragu2
>> apakah memakai kemiri apa tidak?  Apakah boleh disamakan bumbu lodeh
>> jantung
>> pisang dengan bumbu lodeh terong?
>> Terima kasih sebelumnya.
>> Elly T.
>>
>

Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

All together now

Host a free online

conference on IM.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Schizophrenia groups

Find support

Dog Groups

on Yahoo! Groups

discuss everything

related to dogs.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web


Tidak ada komentar: