Selasa, 25 November 2008

[daarut-tauhiid] Memanfaatkan Yang Tersisa

Memanfaatkan Yang Tersisa (Umur)

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Janganlah seorang di antara kamu mengharapkan kematian dan jangan pula memohonnya sebelum kematian itu datang menjemputnya. Sesungguhnya apabila seorang di antara kamu meninggal dunia maka terputuslah amal perbuatannya dan sesungguhnya usia seorang mukmin itu akan menambah kebajikan (bagi dirinya). (Shahih Muslim No.4843)

Di usia yang hampir delapan puluh lima tahun Pak Rangkuti mengalami sedikit depresi karena maut belum juga datang menyapa sedangkan penyakit telah bertamu beberapa kali, " itulah resiko menjadi tua, gravitasi bumi semakin terasa" selorohnya ketika selesai sholat maghrib di masjid. Walaupun ketika masih kecil anaknya sering di gendong dibelai dan disayang namun saat ini beliau malu terus-terusan merepotkan mereka, dan hal ini mungkin juga dirasakan oleh para lansia di seluruh dunia apalagi yang keluarganya hidup dalam kesederhanaan.

Dibalik setiap harapan selalu tersembunyi sebuah resiko menyertai, dan sewaktu kita berdoa di panjangkan umur agar bisa lebih banyak beribadah maka mungkin resiko itulah sebenarnya ibadah yang mesti kita jalani disamping ibadah ritual yang sudah ada. Confusius pernah berkata " Banyak orang yang mengukur umurnya dari hari dan tahun, ada yang mengukurnya dari canda dan derai airmata, ada yang mengukurnya lewat detak jantung yang tiada henti tetapi ukuran sejati adalah dari amal perbuatan yang telah kita kita lakukan bagi orang lain"

Dari Ibnu Umar radhiallohu 'anhuma beliau berkata: "Rosululloh shalallahu 'alaihi wa sallam pernah memegang kedua pundakku seraya bersabda, "Jadilah engkau di dunia seperti orang asing atau musafir". Ibnu Umar berkata: "Jika engkau berada di sore hari jangan menunggu datangnya pagi dan jika engkau berada pada waktu pagi hari jangan menunggu datangnya sore. Pergunakanlah masa sehatmu sebelum sakit dan masa hidupmu sebelum mati" (HR. Bukhori)

Salam

David

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
===================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
===================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
===================================================
Recent Activity
Visit Your Group
New business?

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Yahoo! Groups

Cat Owners Group

Join a community

for cat lovers

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: