Rabu, 01 April 2009

[daarut-tauhiid] SIARAN PERS: PKPU Gelar Training Dasar II Kader SAGITA

SIARAN PERS
LEMBAGA KEMANUSIAAN NASIONAL PKPU
 
 
PKPU Gelar Training Dasar II Kader SAGITA
 
 
KLATEN - Permasalahan gizi kurang dan gizi buruk yang masih melanda balita negeri ini, terus menginspirasi Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU untuk terus peduli menelorkan program pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi masalah gizi masyarakat.  
 
Hal tersebut diaktualisasikan PKPU bersama PT. Sari Husada dalam bentuk program Sadar Gizi Ibu dan Balita (SAGITA) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, sejak Oktober 2008 lalu.
 
Program SAGITA PKPU yang memiliki konten aktivitas perbaikan status gizi balita ini, berusaha melakukan recovery gizi bagi balita yang menderita masalah gizi (malnutrisi). Upaya itu tidak sekedar memberikan asupan gizi berkualitas semata, asal muasal bahan pangan mesti dicarikan dari pangan yang mudah diakses oleh penduduk penerima program.
 
Kemampuan dan kemudahan masyarakat dalam mengakses pangan menjadi satu pilar penting dalam menciptakan ketahanan pangan masyarakat dan selanjutnya berimplikasi terhadap teratasinya masalah gizi di negeri ini.
 
Upaya lain yang dilakukan adalah membangun masyarakat penerima program untuk sadar gizi. Sadar dalam perilaku memperoleh pangan, sadar dalam mengelola pangan yang telah diperoleh dan sadar akan perilaku konsumsi makanan yang halal dan thayyib. Tiga jenis kesadaran ini akan menjadi pilar terwujudnya masyarakat sadar gizi.
 
Cita-cita tinggi "mengatasi masalah gizi" yang diusung Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU dan PT Sari Husada dalam program SAGITA tersebut ditempuh melalui pola pendampingan dan pemberdayaan masyarakat. Konsekuensinya, realisasi program mesti  dilakukan secara bertahap, namun tetap komprehensif dan berkelanjutan.
 
"Salah satu tahapan yang dilakukan adalah dengan memberikan perbekalan kepada kader gizi lokal agar mempunyai kompetensi memadai dalam membangun masyarakat sadar gizi. Peningkatan knowledge, skill, dan attitude tentang gizi dan kesehatan dasar merupakan perbekalan pokok yang dapat diperoleh kader melalui Training Dasar Kader SAGITA," ungkap Ir. Alwan Bukhori, Manajer Layanan Gizi dan Kesehatan Masyarakat.
 
Untuk itu, sejak Rabu-Jumat mendatang (1-3/4/2009) PKPU bersama PT. Sari Husada menggelar kembali Traning Dasar II Kader SAGITA (Sadar Gizi Ibu dan Balita) di Hotel Galuh Kabupaten Klaten
 
Training Dasar II Kader SAGITA tersebut diperuntukkan kepada kader gizi terpilih dari Desa Kebondalem Kidul dan Randusari Kecamatan Prambanan, Desa Tambakan dan Rejoso Kecamatan Jogonalan serta Desa Ngemplak Seneng Kecamatan Manisrenggo.
 
Sebanyak 53 kader Sagita mengikuti Training Dasar II tersebut. Acara pembukaan Training dihadiri oleh Ibu Endah Prasetioningtias selaku PR yang mewakili PT. Sari Husada. Sedangkan dari PKPU menurunkan tim trainernya yang terdiri atas dokter dan tenaga profesional di bidang gizi dan kesehatan masyarakat.

Cecep Y. Pramana
Media Center
Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Pusat
Jl. Raya Condet No. 27-G Batu Ampar Jakarta Timur 13520
Telp: 021-87780015              
Fax: 021-87780013
Web : www.pkpu.or.id
Mobile: 0812 855 2568
 
Informasi Training Dasar Kader SAGITA:
Ir. Alwan Bukhori (Manajer Layanan Gizi dan Kesehatan Masyarakat PKPU)
081321079239
 
 
Nb: kami ucapkan terimakasih atas perhatiannya. 
 

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: