Rabu, 20 Januari 2010

[FISIKA] Digest Number 2950

Messages In This Digest (6 Messages)

1a.
Re: Mobil Sapu Angin From: Den Bagusnya
1b.
Re: Mobil Sapu Angin From: zaenal@pudak.com
1c.
Re: Mobil Sapu Angin From: Den Bagusnya
1d.
Re: Mobil Sapu Angin From: Budy Wuysang
2.
kristal kalsit From: Kartijo Dewantoro
3.
Fermi-walker transprot From: Yonathan Santosa

Messages

1a.

Re: Mobil Sapu Angin

Posted by: "Den Bagusnya" milis75@yahoo.com.sg   milis75

Wed Jan 20, 2010 1:22 am (PST)



Manteb banget nich datanya
baru tau sekarang kandungan 1 liter bensin & yg lain :D

makasih Pak Haryo

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "Haryo Sumowidagdo" <sumowidagdo@...> wrote:
>
>
>
> Dalam wikipedia article
>
> http://en.wikipedia.org/wiki/Gasoline
>
> ada tabel tentang berbagai jenis bensin dan nilai energi per satuan volume.
>
> Jadi tidak perlu lagi menghitung dengan rumus stoikiometri kimia. Lagipula perlu diingat bahwa bensin bukan merupakan senyawa murni, melainkan campuran dari berbagai macam senyawa hidrokarbon.
>
>
> Haryo
>

1b.

Re: Mobil Sapu Angin

Posted by: "zaenal@pudak.com" zaenal@pudak.com

Wed Jan 20, 2010 1:22 am (PST)



kalo oktan tinggi bukannya kombustion rate jadi tinggi juga??jadi
lebih tinggi efisiensinya untuk mesin yg sesuai???

Quoting yudha hadibowo <yhadibowo@yahoo.co.id>:

> sebenarnya ngak ada hubungannnya bensin dengan kandungan oktan
> 97....itu sih menurut aku hanya untuk emisi gas buang adn mobil
> lebih awet saja
>
> --- Pada Sel, 19/1/10, Zaenal Arief <zaenal@pudak.com> menulis:
>
>
> Dari: Zaenal Arief <zaenal@pudak.com>
> Judul: RE: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
> Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
> Tanggal: Selasa, 19 Januari, 2010, 12:13 PM
>
>
>  
>
>
>
>
>
> Wah posting nya den bagus menggelitik sekali nih, hayo  pakar2
> fisika apa ada yg tertarik membahas??
>  
> Saya mau nimbrung ilmunya kalo ada yg mbahas??
>  
> Tentukan aja bensinnya pertamax?? Yg octannya 97?? Bener gak tuh??
> Jadi ada referensi kali??
>  
> Zaenal
>  
>  
>
>
>
>
> From: fisika_indonesia@ yahoogroups. com [mailto: fisika_indonesia@
> yahoogroups. com ] On Behalf Of Den Bagusnya
> Sent: Monday, January 18, 2010 7:35 PM
> To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
> Subject: Re: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
>  
>  
>
>
>
> begitu di komersialkan pasti gak laku :D
> mungkin mahal
> mungkin ga da tarikan
> mungkin ga nyaman
> mungkin perawatannya sulit
> mungkin dan lain sebagainya
>
> tapi yang diinginkan Mas Ardi bukan jwaban/komentar spt itu,
> menurutku kayak gini:
> hitung aja 1 liter bensin itu bisa
> menghasilkan energi berapa joule
> saya tanya di milis ini & milis kimia indonesia
> belom ada yg jawab 1 liter bensin itu berapa joule
>
> dari energi kimia bensin itu brp persen
> yang menajdi energi rotasi mesin
>
> trus hitung aja energi rotasi mesin menjadi
> energi kinetik mobil efisiensinya brp
> itu menghitung energi yg terbuang oleh
> gesekan poros2 & gesekan dengan aspal
>
> dan itung2an lainnya
>
> selama dalam percobaan menurutku masih memungkinkan
> apalagi kalo sekedar simulasi di komputer :D
>
> tapi begitu dialam nyata, jalan ga rata
> banyak polisi tidur di jalan se-enaknya
> bubar sudah deh.
>
> CMIiW
>
> D Bey
>
> --- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, muhammad baiquni
> <muhammad.baiquni@ ...> wrote:
>>
>> keren juga berarti mobil dengan aerodinamis gitu ya...
>> ------------ --------- --------- ---------
> ____________ _________ _________ __
>> From: Zaenal Arief <zaenal@...>
>> To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
>> Sent: Mon, January 18, 2010 12:02:55 PM
>> Subject: RE: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
>>
>>
>> Bisa aja, kayaknya di Eropa udah sering
>> deh pertandingan begini, dari universitas2 teknik pada bikin, memang sampai
>> saat ini masih kebanyakan untuk taraf experimen belum ke komersil
>>
>> Kita naik mobil kan mau duduk enak bukan tiduran telungkup
>> atau terlentang kayak di mobil2 experimen ini
>>
>> Mudah2an dapat bermangpaat
>>
>>
>> ____________ _________ _________ __
>>
>> From:fisika_ indonesia@ yahoogroups. com [mailto: fisika_indonesia@
>> yahoogroups. com ] On Behalf Of moh ardi cahyono
>> Sent: Saturday, January 16, 2010
>> 5:05 PM
>> To: AerospaceIndonesia@ yahoogroups. com; fisika indonesia
>> Subject: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
>>
>>
>> Mungkinkan ini terjadi, mobil mampu menempuh jarak 1000 km hanya
>> dengan bensin 1 liter?
>>
>> http://tekno. liputan6. com/berita/ 201001/258532/ Sapu.Angin.
>> Mobil.Hemat. BBM
>>
>
>
>
>
>
>
>
>
> Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya
> sekarang! http://id.mail.yahoo.com

1c.

Re: Mobil Sapu Angin

Posted by: "Den Bagusnya" milis75@yahoo.com.sg   milis75

Wed Jan 20, 2010 5:27 am (PST)



yang saya tau oktan tinggi untuk mengejar kompresi tinggi
siklus / rpm jadi lebih cepat, efisiensi bertambah

kalo oktan rendah untuk kompresi tinggi
biasanya trus mbrebet, karena kadang2 tidak meledak
gara2 tekanan tinggi.

kalo oktan tinggi untuk kompresi rendah
kadang2 meledak duluan sebelum waktunya
sehingga terdengan 'nggelitik' ketika digas

ayo yg pakar otomotip silahkan share
disini :D

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, zaenal@... wrote:
>
> kalo oktan tinggi bukannya kombustion rate jadi tinggi juga??jadi
> lebih tinggi efisiensinya untuk mesin yg sesuai???
>
>
> Quoting yudha hadibowo <yhadibowo@...>:
>
> > sebenarnya ngak ada hubungannnya bensin dengan kandungan oktan
> > 97....itu sih menurut aku hanya untuk emisi gas buang adn mobil
> > lebih awet saja
> >

1d.

Re: Mobil Sapu Angin

Posted by: "Budy Wuysang" supeskrim@yahoo.com   supeskrim

Wed Jan 20, 2010 6:53 am (PST)



Oktan tinggi untuk kompresi tinggi, lebih tahan tekanan. Sedangkan oktan rendah justru meledak duluan sebelum TMA tercapai, ini namanya menggelitik. Kalau memberebet menandakan campuran bensin+udara yang tidak terbakar/meledak.

Semakin tinggi kompresi semakin tinggi efisiensi. Makanya mesin2 normally aspirated ditambahkan turbo atau supercharger untuk meningkatkan performa sekaligus efisiensi.

Untuk mesin diesel terdapat angka cetane yang berlawanan dengan oktan, semakin tinggi angka cetane semakin mudah terbakar. Tapi karena langkah kompresi diesel hanya menekan udara maka tidak ada istilah menggelitik yang disebabkan angka oktan/cetane.

Penambahan turbo pada mesin diesel lebih tinggi peningkatannya dibanding bensin karena tidak perlu dibarengi dengan penambahan bahan bakar seperti pada siklus otto/bensin yang perlu mempertahankan stokiometri 14,7:1 udara:bensin dalam langkah kompresi.

--
Berrylink� - Makassar
one stop BlackBerry� solution
@Karebosi Link Blok J-66

-----Original Message-----
From: "Den Bagusnya" <milis75@yahoo.com.sg>
Date: Wed, 20 Jan 2010 13:04:05
To: <fisika_indonesia@yahoogroups.com>
Subject: Re: [FISIKA] Mobil Sapu Angin

yang saya tau oktan tinggi untuk mengejar kompresi tinggi
siklus / rpm jadi lebih cepat, efisiensi bertambah

kalo oktan rendah untuk kompresi tinggi
biasanya trus mbrebet, karena kadang2 tidak meledak
gara2 tekanan tinggi.

kalo oktan tinggi untuk kompresi rendah
kadang2 meledak duluan sebelum waktunya
sehingga terdengan 'nggelitik' ketika digas

ayo yg pakar otomotip silahkan share
disini :D




--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, zaenal@... wrote:
>
> kalo oktan tinggi bukannya kombustion rate jadi tinggi juga??jadi
> lebih tinggi efisiensinya untuk mesin yg sesuai???
>
>
> Quoting yudha hadibowo <yhadibowo@...>:
>
> > sebenarnya ngak ada hubungannnya bensin dengan kandungan oktan
> > 97....itu sih menurut aku hanya untuk emisi gas buang adn mobil
> > lebih awet saja
> >




------------------------------------

===============================================================
** Arsip : http://members.tripod.com/~fisika/
** Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
<fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================
Yahoo! Groups Links



2.

kristal kalsit

Posted by: "Kartijo Dewantoro" dkartijo@yahoo.co.id   dkartijo

Wed Jan 20, 2010 1:24 am (PST)



ada yang tahu ndak dimana memperolehnya, atau barangkali teman-teman milis fisika ada yang tahu bagaimana membuatnya.Karena yang saya tahu, bahan dasarnya adalah CaCO3...tapi bahan tersebut hanya berupa batuan gamping saja.
Apakah pembentukan kristal kalsit sama seperti pada saat pembentukan kristal garam (NaCl), yakni melalui proses penguapan larutan garam (saya mengunakan garam dapur). Dan memang, bentuk kristal garam yang terjadi memliki bentuk geometri seperti dalam teorinya. Namun, ketika saya mencoba dengan menggunakan larutan CaCo3, saya tdk memperoleh kristalnya, kecuali endapan gamping saja...
Mohon bantuannya...
Terima kasih

Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang Lebih Cepat hari ini! http://id.mail.yahoo.com
3.

Fermi-walker transprot

Posted by: "Yonathan Santosa" iluvveve@yahoo.com   iluvveve

Wed Jan 20, 2010 5:47 am (PST)



ada yang tw fermi-walker transport ga?
penurunan detail na dicari dmana y?
saya udh muter2 pake google pake adsabs tetep ga ketemu penurunannya...
kl di wiki cm simple doank... kurang jelas...
mohon pencerahannya...

thx!

Lebih aman saat online. Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis. Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer/
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

Yahoo! Groups

Do More For Cats Group

Connect and share with

cat owners like you

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: