Senin, 25 Januari 2010

[sekolah-kehidupan] Digest Number 2955

Messages In This Digest (9 Messages)

1.1.
File - Moderator Sekolah Kehidupan From: sekolah-kehidupan@yahoogroups.com
2.
[catcil] Tentang Sahabat ^^ From: novi khansa'
3.
(CATCIL) Akhirnya, Ramaditya Bergabung di ESQ From: Ramaditya Skywalker
4.
Waktu From: agus_salims
5.
PPEMIMPIN JUGA MERASAKAN KESEPIAN From: Farid Jaya
6a.
Re: Walimatul 'Ursy From: bujang kumbang
7.
Motivasi: Tiga Modal Memotivasi Diri From: Ikhwan Sopa
8.
Buat Resensimu di Blog dan Dapatkan Hadiah Uang Tunai dari Hikmah Pu From: hasanah
9.
Bekal Anak sekolah (Balita 4 tahun) From: Retno Tri Utami

Messages

1.1.

File - Moderator Sekolah Kehidupan

Posted by: "sekolah-kehidupan@yahoogroups.com" sekolah-kehidupan@yahoogroups.com

Sun Jan 24, 2010 3:01 am (PST)




(Moderator) INFO: Cara Mudah Baca Email

Para anggota milis sekolah-kehidupan Yth.,

Dari pengamatan yang kami lakukan, jumlah postingan yang masuk ke milis kita rata-rata 20-30 email sehari baik berupa artikel maupun postingan lainnya. Sehubungan dengan itu maka kami menyarankan bagi semua anggota agar email-box tidak cepat penuh maka disarankan agar mengubah status posting-emailnya dari individual email menjadi digest atau web-only. Tetapi dari pengalaman yang kami lakukan, hal yang terbaik bila kita memilih option web-only. Dengan pilihan ini maka kita hanya bisa membaca seluruh postingan dengan cara membuka mail site, juga untuk membalas postingan, serta mengirim email langsung ke si penulis.

1. Cara mengubah sistem info email dari individual email ke digest atau web-only
Ketik http://groups.yahoo.com/group/sekolah-kehidupan,
Sign in dulu, kemudian klik Edit Membership
Kemudian di bawah ubah pilihan dari individual email ke pilihan digest atau web-only.
Kemudian akhiri dengan klik tanda SAVE

2. Cara mudah untuk membuka mail-group.
Bila kita sudah ingin memilih dengan web-only, berarti informasi semua postingan harus
dilihat di mail site. Untuk itu ketik http://groups.yahoo.com/group/sekolah-kehidupan.
Sign in dulu, kemudian klik view all, untuk melihat semua postingan dari dulu yang paling
lama sampai yang terbaru.
Untuk memudahkan membuka mail-site kita di waktu-waktu berikutnya maka alamat mail
tadi yang di awali dengan http://....., sebaiknya di book-mark atau di masukkan dalam
daftar favorite (ada di ujung atas sebelah kiri layar monitor). Klik Favorites, dan add.

Demikian yang dapat disampaikan. Terima kasih.

Salam Hormat,
Moderator Bersama


2.

[catcil] Tentang Sahabat ^^

Posted by: "novi khansa'" novi_ningsih@yahoo.com   novi_ningsih

Sun Jan 24, 2010 8:29 am (PST)



Membaca tulisan seorang sahabat di sini membuka ingatan saya tentang sebuah hubungan persahabatan yang indah dengan siapapun.
Setiap mereka mempunyai porsi berbeda yang saya terima. Satu sahabat
mungkin hanya hadir sesekali, tetapi kehadirannya begitu bermakna.
Beberapa sahabat kompakan sering SMS dan berkirim kabar via status
dan inbox di FB. Terkadang ketika kami menemukan keanehan di status FB,
satu di antara kami akan bertanya apakah baik-baik saja. Terkadang via
inbox pun tak kalah ramai. Di sana kami biasa membicarakan pertemuan
demi pertemuan, tetapi kemudian lebih seru membicarakan hal lain yang
jelas-jelas OOT . Kami suka saling sapa 'kangen' walau baru dua pekan tidak bersua.

Saya beberapa kali dapat surprise ulang tahun dari mulai disiram air
teh, diceplokin telur dan belum lama ini adalah yang paling berkesan.
Saya diberi surprise tengah malam dan diajak jalan ke puncak pukul 1
pagi oleh para sahabat ^^

Sahabat yang lain hadir hanya lewat komunikasi telepon yang lama
sesekali, tetapi akan banyak cerita mengalir di sana. Bagaimana kabar
kuliah, pekerjaan, dan lain-lain. Sahabat yang lain saling curhat soal
deadline yang sedang mengikat leher. Ada juga sahabat yang sering
mengajak saya keluar untuk makan bareng. Jarak kami cukup dekat dan dia
berharap saya keluar dari 'goa' saya dan menikmati udara di luar.

Saya juga pernah menuliskan indahnya persabahatan di sini.
Kami punya banyak cerita tentang A-Z hingga bila kami tak bertemu
sepekan saja, akan banyak cerita lewat telepon. Istilahnya rapelan,
hehe. Semenjak dia menikah, saya sempat merasa semakin jauh, tetapi
saya sadar, keadaan memang berbeda. Kami tetap bersahabat dengan cara
sekarang.

Saya juga punya sahabat nun jauh di sana. Kami hanya bertemu dan
memang mengenal via milis dan komunikasi via YM. Hampir tiap hari kami
membicarakan banyak hal hingga akhirnya kami bisa bertemu. Saya
langsung mencecarnya saat itu. Pertemuan-pertemuan berlanjut karena
akhirnya saya beberapa kali mengunjungi kota tempat dia bekerja yang
tak jauh dari Jakarta. Beberapa kali dia ke Jakarta juga menghubungi
saya.

Kemudian, saya, dia dan dua orang lainnya diamanahkan dalam satu
divisi. Kami sudah seperti saudara. Saya dengan dia mengenal memang
lewat dunia maya, tapi kami benar-benar bersahabat. Saya dengan yang
satunya sudah mengenal lama ketika saya kuliah di Politeknik dan mbak
kami yang baik hati adalah sahabat yang paling dewasa dan mengayomi.
Masih saya ingat ketika kami conference bareng berempat. Saat itu,
hanya divisi kami yang berisi perempuan semua dan berkacamata semua,
hehe. Kami bertiga pun pernah menginap bareng dan tentunya seru-seruan
bareng. Si mbak tidak bisa ikut karena dia satu-satunya yang sudah
menikah.

Saya juga punya sahabat yang pernah punya masalah yang sama dan
berbagi. Jarak kami cukup jauh. Hingga hari ini saya belum kesampaian
untuk berkunjung ke kotanya. Tetapi, hampir selalu kami saling
menguatkan lewat SMS, email, YM atau sapaan via FB. Saya begitu senang
ketika mengabarkan saya baik-baik saja, tetapi saya juga tak malu
ketika keadaan saya sangat lemah dan butuh infus semangat darinya. Saya
masih menyimpan SMS-SMS darinya.

Saya juga punya sahabat yang bagai kakak. Saya tak menceritakan
keadaan saya saat itu, tetapi dia bisa menebak dan memahami keadaan
saya. Entah kenapa saya suka kangen dengan mbak yang satu itu, jadi
saya tak segan untuk mengirimi SMS 'kangen" dia.

Saya punya sahabat yang secara tidak langsung mengajari saya
menulis. Artikel-artikel yang dia buat sangat bermanfaat. Beberapa kali
juga, saya meminta dia untuk membaca tulisan saya. Salah satu tulisan
tersebut lolos masuk antologi di sebuah buku. Sebagai sahabat, ada
banyak nasehat yang saya dapat. Saya pun pernah tersinggung karena
ucapannya, tapi saya justru banyak belajar dari hal itu.

Saya punya sahabat yang ketika SMA suka jalan bareng, main bareng
dan tanpa disadari hanya kami berdelapan saja yang ke mana-mana bareng.
Saat ini, begitu sulitnya kami bertemu. Baru tadi saya berkomunikasi
kembali dengan salah satu di antara mereka.

Ketika kuliah, saya pun bersahabat dengan banyak orang, tetapi
hingga kini hanya beberapa yang saya temui secara intens. Entah dimulai
sejak kapan kami berempat selalu bertemu saat salah satu di antara kami
berulang tahun dan pertemuan itu masih kami jalani hingga sekarang. Ada
juga kumpul bareng bertiga karena kami yang sama-sama lulusan
politeknik dan sama-sama pernah bekerja di sebuah penerbit Islam.
Bahkan, kami pernah membuat usaha bareng, walau akhirnya kami bubar,
tetapi tetap bersahabat hingga kini.

Ada juga  kumpul bertiga dengan teman yang lain. Lucunya, saya dan satu teman saya menjadi irisan tiga pertemuan itu.

Saya dan satu teman saya itu bisa kumpul bareng dengan yang berempat,
juga dengan yang bertiga dan yang bertiga satu lagi. Bisa dibilang
dengan teman yang satu itu memang cukup dekat hingga kini. Salah satu
orang rasional dan logika yang saya kenal ^^

Saya punya mbak baik hati yang suka menjadi tempat curhat dan tak
pelit nasehat. Profesinya tak jauh beda dengan saya, sama-sama kerja di
rumah   Ada teman-teman di luar sana yang banyak membantu tugas kuliah saya.
Masih banyak sekali teman-teman di dunia nyata dan maya, hehe… yang
menjadi sahabat saya. Saya merasa masih sangat kurang sekali sebagai
sahabat karena saya sadari begitu banyak yang saya dapat dari mereka.
Saya punya sahabat yang ada di berbagai milis, multiply, dan banyak
lagi yang banyak membagi cerita, tawa, bahagia, sedih dengan penuh
makna. ^^

Ketika kuliah lagi sekarang, saya juga mulai mengenal teman-teman
yang dengan perbedaan umur beraneka ragam, tapi bisa saling share, bisa
saling bercerita, dan belajar bersama. Serunya, ketika kami harus
liburan semester, satu di antara kami meminta bertemu setiap pekan
sekali, mengadakan acara, tukar kado sampai jalan-jalan bareng.

Saya pernah menemukan seorang sahabat baik hati sewaktu kuliah. Dia
rela membantu siapapun dan mau direpotkan. Hingga saya lulus dan
bekerja, saya pernah 'meneror'-nya untuk menolong saya. Saya juga
pernah menemukan seorang sahabat yang selalu dan selalu menjadi tumpuan
orang satu kantor. Apapun bisa dibilang akan dia bantu, tanpa
terkecuali. Masih saya ingat kata-katanya, "Gimana nyamannya nopi aja."
Begitu dipermudah dan begitu pengertian.

Ada banyak sahabat yang baik hati di ujung sana. Menyambut tamu-tamu
merepotkan dari Jakarta, tapi malah disuguhi banyak hal. Dari mulai
jalan-jalan, oleh-oleh, makan-makan, penyediaan transportasi hingga es
krim dan susu ultra, hehehe.

Ada banyak sahabat dengan kisahnya masing-masing yang tidak bisa saya ceritakan semua di sini. Padahal udah banyak, ya

Akan tetapi, tak selamanya itu indah, pasti ada kerikil-kerikil yang
mewarnai karena akan ada banyak hal yang bisa diambil dari sana.

Suatu ketika, saya pernah begitu bahagia dan yang terpikir dalam
otak saya adalah saya harus menceritakan hal itu pada salah seorang
sahabat saya. Saat itu, hubungan saya dengan sahabat yang satu itu
tidak begitu baik sehingga saya memilih diam. Saya masih ingat ketika
teman-teman ramai mengucapkan selamat atas milad saya, sahabat saya itu
menghilang. Dia pernah juga mengakui 'kehilangan' saya. Ternyata walau
berat, saya juga harus mengakui kehilangan sahabat saya yang satu itu.
Sahabat saya itu bagai 'alarm' bagi saya. Dia mengingatkan banyak hal
kebaikan, juga membagi banyak kisah yang jadi pelajaran. Ada konflik
yang susah terselesaikan hingga harus ada batas di sana.

Selain itu, ada banyak peristiwa yang terjadi. Tak selamanya juga
persahabatan itu langgeng. Tak selamanya, di antara saya dan
sahabat-sahabat saya bisa saling memahami dan menyadari hal yang sama.
Ada banyak perbedaan pendapat yang sempat membuat saya marah, kesal dan
tidak terima. Akan tetapi, kemudian saya sadari itu adalah pelajaran
berharga buat saya untuk lebih mengenal mereka secara baik.

Saya pernah melihat perubahan sahabat saya. Saya pernah menangis
hebat karena saya sakit hati dengan sahabat saya yang bersikap seperti
itu. Saya membelanya di depan orang lain, tetapi dia seperti tak
menganggap. Saya juga pernah merasa 'asing' karena pada hari bahagia
seorang sahabat, saya dimintanya tidak usah hadir, sementara saya
mendapat berita kemudian ada beberapa orang yang hadir saat itu. Saya
juga merasa pernah tak dianggap sahabat dengan yang lain karena
tiba-tiba seperti tak ada cerita lagi di antara kami.

Semua itu menjadi pelajaran buat saya bahwa saya harus lebih banyak
punya kantong pengertian. Saya harus sadar posisi saya. Bukankah mereka
punya sikap, pendapat, cara yang pastinya berbeda dengan saya. Entah
saya diposisikan di mana, entah mereka mengganggap saya apa. Entahlah.
Yang jelas saya berterima kasih dan bersyukur mereka mau menjadi
sahabat saya. Saya merasa bahagia mempunyai banyak sahabat di mana-mana.

Mereka melengkapi hari-hari saya. Mewarnai begitu indah pelangi
dalam hidup saya. Mereka mengajari banyak hal tentang kehidupan, cinta,
airmata, ketulusan, kasih sayang, pengertian, kedewasaan dan mengajak
lebih dekat lagi dengan-Nya.

Akhirnya, saya hanya bisa berkata seperti sebuah SMS dari seorang sahabat ketika kuliah…

… and be thankfull for having best friend like you ^^*
untuk semua sahabat di mana pun kalian berada ^^

Luv u all coz Allah ^^

*di sms tanpa kata best ^^

***

"Anda adalah cermin dari pikiran-pikiran Anda Sendiri"
(Syekh Muhammad Al Ghazali)

***

novi_khansa'kreatif
~Graphic Design 4 Publishing~
YM : novi_ningsih
http://akunovi.multiply.com
http://novikhansa.wordpress.com/

3.

(CATCIL) Akhirnya, Ramaditya Bergabung di ESQ

Posted by: "Ramaditya Skywalker" ramavgm@gmail.com

Sun Jan 24, 2010 3:37 pm (PST)



*** Foto dan artikel asli silahkan klik disini:
http://ramaditya.multiply.com/photos/album/84/Akhirnya_Ramaditya_Bergabung_di_ESQ

Sungguh sebuah kebahagiaan yang amat mendalam bagiku saat aku
berkesempatan menjadi salah seorang pembicara dalam acara 3G ESQ
(Emotional Spiritual Quotient), Sabtu 23 Januari 2010 lalu. Senang
rasanya bisa memotivasi muslim dan muslimah muda, apalagi bisa bertemu
langsung dengan Mas Ary Ginanjar dalam acara yang digelar di Menara
165 Jakarta Selatan itu. Namun, yang paling membuatku bahagia, tak
lain dan tak bukan, adalah karena aku memang telah lama memimpikan
ingin bergabung dengan organisasi pembinaan sumber daya manusia
bernuansa islami ini. Alhamdulillah...!

Hari itu aku diantar Bunda Yeti, Retno dan Ratna, seorang ibu pembina
dan dua orang remaja alumni pelatihan ESQ yang kebetulan juga
mengikuti acara 3G ESQ. Aku pun langsung dipertemukan dengan Mas Ary
Ginanjar beberapa saat sebelum sesiku dimulai. Di sana juga berkumpul
para ayah dan bunda serta orang-orang hebat yang aku sendiri tak hafal
satu-persatu namanya karena jumlah mereka yang begitu banyak,
sampai-sampai membuatku merinding karena aura spiritual yang terasa
begitu besar mengelilingiku.

Singkatnya, Mas Ary yang ternyata menyukai dan ahli berpedang samurai
itu berkenan membukakan pintu bagiku untuk bergabung di ESQ. Beliau
memberikan undangan untukku sekeluarga, plus managerku, untuk
mengikuti training eksekutif ESQ bulan Februari mendatang.

Setelah usai berfoto, aku pun bergegas menuju ke ruang acara, di mana
telah menanti ratusan pemuda-pemudi muslim yang akan mengikuti acara
3G ESQ yang memang diperuntukkan bagi kawula muda ESQ. Tapi, banyak
juga ayah bunda yang hadir dalam acara itu.

Dalam acara ini, Allah pun mempertemukan aku dengan sahabat lamaku,
Wijaya, seorang tunanetra yang dulu sama-sama belajar denganku di
Yayasan Mitra Netra. Pemuda bertubuh kekar yang jago menyanyi itu kini
berkuliah di UIN dan tengah menyelesaikan semester 3-nya di jurusan
Sastra Indonesia.

Hal selanjutnya mungkin tak dapat kulukiskan dengan kata-kata. Haru,
syukur, serta berbagai pengalaman spiritual yang begitu menyentuh hati
pun menyelimuti kami semua. Dalam muhasabah yang menjadi penutup
perjumpaan kami pun aku bahkan sampai meneteskan air mata, sebuah
kejadian yang tak pernah kualami saat aku tengah memimpin sesi
motivasi.

Ya, tak jarang aku menangis saat menjadi peserta pelatihan spiritual,
tapi tak pernah sekali pun aku menangis saat memimpin pelatihan
spiritual. Mungkin ini karena aku betul-betul merasakan aura spiritual
islami yang telah lama kucari selama ini, yang membawaku ke posisi
"zero" sebagai manusia yang tak punya daya dan upaya, yang tak punya
kuasa dan apa-apa. Semuanya kembali ke satu titik: Allah...

Alhamdulillah... Semoga dengan ini aku dapat menjadi seorang muslim
yang jauh lebih baik, dan dengan bergabungnya aku di ESQ dapat
menambah bekal dalam perjalananku membagikan semangat dan motivasi
bagi orang banyak.

- Ramaditya "Mukmin" Skywalker

--
"Ramaditya Skywalker: The Indonesian game music lover"

- Eko Ramaditya Adikara
http://www.ramaditya.com

4.

Waktu

Posted by: "agus_salims" agus_salims@yahoo.com   agus_salims

Sun Jan 24, 2010 3:51 pm (PST)



Waktu adalah momentum masa. Waku adalah pinju menuju kesuksesan. Siapa
saja yang mampu mengisi dan mengambil momentum yang tepat antara
penggalan masa, maka ia telah meraih kunci kesuksesan.

-Satria Hadi Lubis-

(Al-Ashr : 1-3)

5.

PPEMIMPIN JUGA MERASAKAN KESEPIAN

Posted by: "Farid Jaya" ujixs_182@yahoo.co.id   ujixs_182

Sun Jan 24, 2010 3:52 pm (PST)



Pemimpin,kepala rumah tangga atau ketua pasti pernah mengalami kesepian...disaat waktu bertugas dia selalu mengorbankan pikiran,tenaga dan materi...bagaimana saat tugas itu telah selesai dilaksanakan...maka pemimpin itu seakan-akan merasakan kesepian,tidak ada yang menemani...seperti yang saya alami saat ini...mohon pencerahan suhu Sekolah Kehidupan

6a.

Re: Walimatul 'Ursy

Posted by: "bujang kumbang" bujangkumbang@yahoo.co.id   bujangkumbang

Sun Jan 24, 2010 3:54 pm (PST)



nggak nyangka banget!!
wah-wah ternyata inilah yg dinamak misteri ilahi...
amin
selamat buat Marli sm Rusdin
moga tetap laggeg!
ami!

--- Pada Rab, 20/1/10, Siwi LH <siuhik@yahoo.com> menulis:

Dari: Siwi LH <siuhik@yahoo.com>
Judul: Re: [sekolah-kehidupan] Walimatul 'Ursy
Kepada: sekolah-kehidupan@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 20 Januari, 2010, 10:16 AM

 

Hmhh... bukankah Marlina Iryatie juga anak Eska? perasaan dulu pernah akrab deh, salam buat istrinya ya mas Rusdin... akhirnyaaaa. ..Barakallahulaka wabaraka'laika, wajama'a bainakuma fii khoirsemoga hanya Ridho, berkah, dan rahmah Allah SWT yang senantiasa mengiringi perjalanan cinta kalian, Allahumma Amin...
 Salam Hebat Penuh Berkah
Siwi LH
cahayabintang. wordpress.com
siu-elha. blogspot.com
YM : siuhik

From: Nia Robie' <musimbunga@gmail. com>
To: sekolah-kehidupan@ yahoogroups. com
Sent: Wed, January 20, 2010 7:34:29 AM
Subject: Re: [sekolah-kehidupan] Walimatul 'Ursy

 

huaa!!! rusdin!!! tak menyangkah sayah sama mba marlin hehe

barakallahu laka... bahagianya merayakan cinta...
eh itu mah judul buku
hihi

salam,

nia robie'

Pada 19 Januari 2010 14:59, rusdin visioner <rusdin_kutubuku@ yahoo.com> menulis:

 

[Attachment(s) from rusdin visioner included below]




السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

"Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan manusia berpasang-pasangan"
 Dengan penuh rasa syukur kepada Allah s.w.t kami mohon doa restu sekaligus mengundang

Ikhwah fillah / Teman - teman ke : 

Walimatul 'Ursy

Marlina Iryatie
&
Rusdin S. Rauf

 Pada
Ahad, 31 Januari 2010

pukul 11.00 - 13.00 WIB
di Aula Taman Siswa
Jl. Garuda 25 Kemayoran Jakarta Pusat

Jazakumullahu khairan jaza'.
Wassalam...
***n/b : attchment utk peta lokasi walimah.
Rute : Angkot/Mikrolet M01 (jurusan kemayoran) dari Senen, turun di pertigaan Jl. Garuda. Sambung MetroMini P11 (arah Senen), turun di depan STIE Taman Siswa

Coba Yahoo! Mail baru yang LEBIH CEPAT. Rasakan bedanya sekarang!

&quot;Coba Yahoo! Mail baru yang LEBIH CEPAT. Rasakan bedanya sekarang!
http://id.mail.yahoo.com&quot;
7.

Motivasi: Tiga Modal Memotivasi Diri

Posted by: "Ikhwan Sopa" ikhwan.sopa@gmail.com   ikhwansopa

Sun Jan 24, 2010 3:54 pm (PST)



*Tiga Modal Memotivasi Diri*

*Note: Tulisan ini disertai dengan link ke tiga gambar, yang dianggap perlu
untuk menjelaskan.*

Setiap kegagalan selalu diawali dengan *tanda*. Tanda itu adalah *turunnya
motivasi*. Jika Anda gagal menaikkannya, maka kegagalan akan menjadi
kenyataan.

Waspadai meteran motivasi Anda. Bekerja seadanya, merasa tidak bersemangat,
merasa lemas dan malas, adalah tanda-tanda paling kuat dari menurunnya
motivasi Anda. Bahkan, selalu mencapai target tapi tetap sebegitu-begitu
saja, bisa jadi juga merupakan tanda yang sama.

Tetap termotivasi adalah *perjuangan*. Sebab diri kita setiap hari didera
oleh lebih dari 60.000 lintasan pikiran. Masing-masing dari lintasan pikiran
itu, adalah bentuk-bentuk kenikmatan, cobaan, dan ujian. Sebagiannya, sangat
mungkin negatif dan berdampak buruk pada motivasi.

Menurut Frederick Hezberg, *"mesin motivasi"* manusia sebenarnya terdiri
dari dua lapisan, yaitu:

1. Maintenance Layer
2. Motivation Layer

*Maintenance Layer* adalah wilayah motivasi yang diciptakan oleh sistem *
eksternal *Anda. Biasanya, jika sistem ini sudah disetup dengan baik dan
benar, maka aspek "motivasi dasar" bisa langsung beroperasi dengan lancar.

Contoh: Jika Anda karyawan, maka kenaikan gaji bisa dipastikan akan membuat
Anda makin giat bekerja. Jika tidak, Anda yang keterlaluan. Tapi, segiat
apa? Sejauh mana Anda akan makin keras bekerja?

Inilah yang disebut dengan Maintenance Layer. Layer ini cenderung akan
"otomatis" memotivasi Anda dari luar. Namun demikian, tidak bisa diharapkan
bahwa kinerja Anda akan meningkat melebihi persyaratan (minimum), atau
drastis - jarang terjadi. Sekali lagi, layer ini didisain oleh sistem
eksternal Anda hanya sekedar untuk mencapai performa "standar".

*Motivation Layer* adalah wilayah motivasi yang sifatnya individualistik
atau *internal*. Layer ini diciptakan oleh individu yang bersangkutan. Jika
disetup dengan baik dan benar, aspek "motivasi tambahan" bisa berlangsung
secara mengejutkan. Individu tertentu akan menjadi bintang performa.

Uniknya, Motivation Layer tidak akan tercipta tanpa didahului oleh
terciptanya Maintenance Layer.

Contoh: Jika Anda karyawan, mencapai standar minimum pun mungkin tak akan
Anda lakukan, jika gaji Anda kekecilan. Apalagi kinerja yang lebih dari itu.

Jadi tugas Anda - karyawan atau bukan, adalah membangun Maintenance Layer
Anda sendiri secara internal, sebagai *"mesin motivasi otomatis"* Anda.
Sebab, setiap motivasi pada dasarnya adalah diproduksi oleh diri sendiri.
Faktor sistem eksternal hanya memotivasi "ala kadarnya".

Jika Anda bisa menciptakan mesin ini, maka Anda akan selalu termotivasi.
Anda akan selalu termotivasi untuk memotivasi diri sendiri.

Ciri-ciri bahwa Anda belum memiliki "mesin motivasi otomatis" secara
pribadi:

*"Ah sama saja. Kerja keras atau tidak, hasilnya sama kok."
"Mengapa semuanya begini-begini saja?"
"Sekarang kok stagnan?"
"Kok kembali kayak dulu nih?"
"Alah, yang penting kerjaan gua beres!"*

Sangat-sangat sering terjadi, Maintenance Layer eksternal justru menjebak
Anda pada zona nyaman yang baru. (Dalam contoh karyawan: gaji Anda
dinaikkan, tapi motivasi Anda tak mampu bertahan.)

Anda kelelahan karena Anda terus bekerja secara *"manual" *memproduksi
motivasi. Anda lelah sampai akhirnya kalah. Anda bekerja langsung di layer
kedua. Anda tidak membangun layer pertama.

Anda perlu membangun *"mesin motivasi otomatis"*. Anda perlu membangun
Maintenance Layer Anda sendiri secara internal. Tanpa mesin ini, Anda tidak
akan mendapatkan "plus-plus".

Bagaimana caranya membangun Maintenance Layer Anda sendiri?

Kita bisa memulainya dengan memahami tiga penyebab rendahnya motivasi.

1. Tidak atau kurang percaya diri.

*Jika Anda sendiri tidak percaya bahwa Anda punya peluang bisa sukses dan
berhasil, maka mencoba pun Anda tak akan melakukannya. Bagaimana Anda bisa
termotivasi?*

2. Tidak fokus.

*Jika Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan, bagaimana Anda bisa
termotivasi?*

3. Tidak terarah.

*Jika Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan, bagaimana Anda bisa
termotivasi untuk melakukannya?*

"Mesin motivasi otomatis" Anda, adalah kombinasi baru dari ketiganya, dan
mesin ini hanya akan "kinclong" jika Anda bisa menjaga keseimbangan di
antara ketiganya. Maka apa yang menjadi syarat utama adalah:

1. Ketiganya ada.
2. Ketiganya dalam kondisi prima.
3. Ketiganya seimbang.

*PERCAYA DIRI*

Tidak atau kurang percaya diri, disebabkan oleh *"over focus"* pada
cita-cita, dan melupakan apa yang sudah dimiliki.

Link gambar: http://bit.ly/5tQ5ZE

Bagilah dengan adil fokus Anda ke berbagai hal yang sudah Anda miliki;
bakat, modal, keterampilan, akses, jaringan, dan sebagainya. Inventarisirlah
apa yang sudah Anda miliki. Pasti ada, dan banyak. Koleksi semua itu akan
membuat Anda menjadi *besar*.

Dengan membagi fokus Anda kepada apa yang sudah Anda miliki, Anda akan makin
percaya diri. Dan dengan mengetahui apa yang Anda miliki, Anda juga akan
mulai menemukan arah.

*FOKUS*

Kemana fokus Anda? Kepada yang Anda inginkan, atau kepada yang tidak Anda
inginkan?

Link gambar: http://bit.ly/4DveVS

Jika fokus Anda adalah apa yang tidak Anda inginkan, maka Anda tidak akan
tahu apa yang Anda inginkan. Semuanya malah akan menjadi *buram*.

Jika Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan, Anda akan salah arah. Dan salah
arah akan membuat Anda makin tidak percaya diri. Sebab, Anda merasa
tersesat.

*TERARAH*

Kemana arah Anda? Menuju atau menjauhi sesuatu yang Anda inginkan?

Link gambar: http://bit.ly/5EJ8C0

Jika Anda tidak tahu, Anda tersesat dan salah arah, dan ujungnya juga *tidak
jelas*. Anda akan makin tidak percaya diri. Jika arah Anda menjauhi, Anda
tidak akan menemukan titik fokus, dan ujungnya juga *pasti*.

Jika Anda berhasil membangun "mesin motivasi otomatis" Anda sendiri, maka
Anda akan punya mesin yang otomatis memproduksi motivasi, setiap hari.
Sebagai mesin, ia butuh bahan bakar. Bahan bakar itu, adalah kemauan Anda
untuk sering-sering menengok lagi semua ini.

Semoga bermanfaat.

*Referensi tambahan:
**http://en.wikipedia.org/wiki/Two_factor_theory*<http://en.wikipedia.org/wiki/Two_factor_theory>

Ikhwan Sopa
Master Trainer E.D.A.N.
http://www.facebook.com/motivasi
http://www.facebook.com/pages/Motivasi-Komunikasi-Leadership/196571006305
8.

Buat Resensimu di Blog dan Dapatkan Hadiah Uang Tunai dari Hikmah Pu

Posted by: "hasanah" hpmelati@yahoo.com   hpmelati

Sun Jan 24, 2010 8:58 pm (PST)



Dalam Rangka Ulang Tahun ke-10
Hikmah Publishing House menggelar kuis bagi para pencinta buku, penulis-penulis, dan para blogger dalam ajang
Resensi Wolf Totem berhadiah uang tunai.

Info lebih lengkap, klik langsung ke:
http://wolftotemindonesia.blogspot.com/

buruaaaan....

9.

Bekal Anak sekolah (Balita 4 tahun)

Posted by: "Retno Tri Utami" mama_jihan_alya@yahoo.com

Mon Jan 25, 2010 12:50 am (PST)



Dear All....

putri kecil saya baru mulai sekolah nih di TK A.... supaya tetap terjaga makanan nya...bekal makanan apa ya yang bagus utk dia setiap harinya....

yang punya daftar menu harian untuk bekal ke sekolah, boleh dong Japri ke aku....

thanks ya untuk perhatiannya.....
 
Salam,

Retno
08129611138
Esia 85308127 
http://dbc-visions.co.cc
http://rumahretno.wordpress.com
Email : retno.tri.utami@gmail.com
YM : mama_jihan_alya

Recent Activity
Visit Your Group
Sell Online

Start selling with

our award-winning

e-commerce tools.

Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Schizophrenia groups

Find support

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web

Tidak ada komentar: