Jumat, 08 Februari 2013

[daarut-tauhiid] Hati Bersih untuk Hubungan dgn Allah (Hablum Minallahu)

 

Assalamu'alaikum wr wb,

Prof Dr Quraisy Shihab dalam satu ceramahnya menyatakan, jika hati manusia kotor, maka hubungannya dengan Allah (Hablum Minallahu) akan terganggu. Dia sulit mendapat hidayat/petunjuk dari Allah. Saat berdoa pun, Allah tidak mengabulkan doanya.

Ini seperti antena TV. Kalau Receivernya kotor/jelek, maka gambarnya pun tidak jelas bahkan tidak terlihat. Tapi kalau Receivernya bagus, gambarnya pun akan bagus.

Jika hati kita bersih, maka kita bisa menerima hidayah Allah dgn mudah. Jika tidak percaya, saat kita bermimpi, meski kita tidak tahu sebelumnya, ternyata sebagian mimpi kita benar jadi kenyataan. Itulah mimpi baik yang berasal dari Allah. Semakin bersih hati kita, semakin mudah kita menerima petunjuk Allah. Saat kita berdoa pun insya Allah senantiasa diijabah oleh Allah.

Hati yang bersih, insya Allah akan melahirkan kata2, tulisan2, dan perbuatan2 yang bersih pula.

An-Nu'man bin Basyir berkata, "Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, 'Yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas, dan di antara keduanya terdapat hal-hal syubhat / samar (tidak jelas halal-haramnya), yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Barangsiapa yang menjaga hal-hal syubhat, maka ia telah membersihkan kehormatan dan agamanya. Dan, barangsiapa yang terjerumus dalam syubhat, maka ia seperti penggembala di sekitar tanah larangan, hampir-hampir ia terjerumus ke dalamnya. Ketahuilah bahwa setiap raja mempunyai tanah larangan, dan ketahuilah sesungguhnya tanah larangan Allah adalah hal-hal yang diharamkan-Nya. Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ada segumpal daging. Apabila daging itu baik, maka seluruh tubuh itu baik; dan apabila segumpal daging itu rusak, maka seluruh tubuh itu pun rusak. Ketahuilah, dia itu adalah hati.'" (HR. Bukhori)

Video Ceramah Prof. Dr. Quraisy Shihab:
http://media-islam.or.id/2013/02/04/ceramah-quraisy-shihab-dan-kh-maruf-amin-tentang-mati/
.
===

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
.

__,_._,___

Tidak ada komentar: