Minggu, 24 Februari 2013

[daarut-tauhiid] Menyelami Samudra Keindahan Islam

 

Menyelami Samudra Keindahan Islam

Islam adalah Agama Seluruh Nabi dan Rasul Islam adalah agama yang memiliki fadhilah (keutamaan) yang tidak terhingga. Siapa pun yang menyelaminya, dia akan mendapatkan betapa luas dan dalamnya keindahan itu. Di antara keutamaannya, Islam adalah agama seluruh nabi dan rasul. Islam secara syariat adalah:

"Menyerahkan diri kepada Allah Subhanahuwata'ala dengan mentauhidkan-Nya, tunduk kepada Allah Subhanahuwata'ala dengan ketaatan kepada-Nya, serta berlepas diri dari kesyirikan dan pelakunya."

Agama Islam inilah yang didakwahkan oleh seluruh nabi dan rasul kepada umatnya, dari rasul yang pertama hingga diutusnya penutup para nabi, Muhammad bin Abdillah radhiyallahu anhu. Perbedaan yang ada dari risalah nabi dan rasul hanya pada ahkam (hukum hukum tata cara ibadah) yang memang Allah Subhanahuwata'ala menetapkannya berbeda sesuai dengan zaman dan keadaan setiap umat.

Sebagai contoh, dalam syariat terdahulu, tanah tidak dijadikan sebagai alat bersuci. Adapun dalam syariat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, tanah menjadi pengganti air untuk bersuci, yakni dengan bertayammum. Dengan diutusnya Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, terhapuslah semua hukum nabi nabi terdahulu. Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Para nabi adalah saudara dengan ibu-ibu yang berbeda, namun agamanya satu." (HR. al-Bukhari no. 3187)

Makna hadits ini, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menjelaskan bahwa semua nabi dan rasul berada pada satu pokok agama, yaitu Islam dengan maknanya secara syar'i: Menyerahkan diri kepada Allah dengan mentauhidkan-Nya tunduk kepada Alah  dengan ketaatan kepada-Nya, serta berlepas diri dari kesyirikan dan pelaku syirik.

Adapun dalam ahkam (tata cara ibadahnya) terdapat beberapa perbedaan. Sungguh, ini adalah keindahan Islam. Sebuah kebahagiaan ketika seorang memeluk agama Islam, agama yang dipeluk dan diserukan oleh seluruh nabi dan rasul. Alangkah bahagianya ketika kita masuk ke dalam jannah—insya Allah—bersama dengan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam serta seluruh nabi dan rasul.

Perhatikanlah, Saudaraku. Ketika kaum Yahudi dan Nasrani, mengklaim bahwa Nabi Ibrahim Alaihisslam adalah Yahudi atau Nasrani, Allah Subhanahuwata'ala membantah persangkaan mereka. Allah Subhanahuwata'ala berfirman,

"Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus (berpaling dari kesyirikan) lagi muslim (berserah diri kepada Allah). Sekali-kali dia bukanlah termasuk golongan orang – orang musyrik." (Ali Imran: 67)

Demikian pula Isa bin Maryam 'Alaihissalam, Demi Allah, beliau bukanlah Nasrani. Beliau tidak mengajari umatnya untuk menyembah dirinya. Beliau tidak pula mengajari manusia untuk menyembah ibunya, Maryam. Yang beliau dakwahkan adalah Islam, memerintahkan manusia untuk beribadah hanya kepada Allah Subhanahuwata'ala dan meninggalkan peribadahan kepada selain-Nya. Nabi Isa 'Alaihissalam berlepas diri dari ucapan dan keyakinan kaum Nasrani. Allah Subhanahuwata'ala berfirman,

"Dan (ingatlah) ketika Allah Subhanahuwata'ala berfirman" ,Hai isa putra Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia 'Jadikanlah aku dan ibuku dua orang ilah (sesembahan) selain Allah?' Isa menjawab, 'Maha suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku ( mengatakannya).Jika aku pernah mengatakannya maka tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak  mengetahui apa yang ada pada diri-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan) nya yaitu: Sembahlah Allah, Rabbku dan Rabb kalian, dan aku menjadi saksi terhadap mereka selama aku berada diantara mereka. Maka setelah Engkau angkat aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu'." (al-Maidah: 116—117)

Nabi Isa 'Alaihissalam, yang kini masih hidup di langit. Di akhir zaman, beliau akan turun ke muka bumi menegakkan syariat Islam beserta hukum-hukum yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, bahkan dengan tawadhu' beliau shalat di belakang Imam Mahdi.

"… Tatkala imam mereka (al-Mahdi) maju untuk mengimami shalat subuh, tiba tiba turun kepada mereka'Isa bin Maryam 'Alaihissalam. Bergegas mundurlah Imam Mahdi kebelakang agar Nabi 'Isa 'Alaihissalam mengimami manusia. Nabi'Isa pun meletakkan tangan beliau diantara pundak al-Mahdi seraya berkata, 'Maju dan shalatlah, karena untukmu shalat ini ditegakkan'. Akhirnya Imam Mahdi maju mengimami shalat."

Nabi Musa 'Alaihissalam, salah seorang nabi termulia dari bani Israil, termasuk ulul 'azmi, agama yang beliau serukan kepada Fir'aun dan pengikutnya juga Islam. Namun, mereka menolaknya. Di saat yang Allah Subhanahuwata'ala tidak menerima lagi tobat, barulah Fir'aun bertobat dan menyatakan keislaman. Perhatikan firman Allah Subhanahuwata'ala berikut.

"Dan Kami memungkinkan bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir'aun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Fir'aun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia, "Saya beriman bahwa tidak ada ilah selain ilah yang diimani oleh bani Israil, dan saya termasuk kaum muslimin (orang – orang yang berserah diri kepada Allah)." (Yunus: 90)

Perhatikan ucapan Fir'aun di saat ajalnya. Ia menyatakan dirinya seorang muslim, beriman kepada Musa Alaihissalam. Namun, ia menyatakannya saat Allah Subhanahuwata'ala tidak lagi menerima keislaman seseorang. Allah Subhanahuwata'ala berfirman,

"Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan." (Yunus: 91)

Inilah salah satu keindahan Islam, semua nabi dan rasul menyerukan Islam, memerintahkan umatnya mengesakan Allah dalam beribadah dan meninggalkan thaghut, sesembahan selain Allah.

"Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan),"Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah thaghut itu." Lantas diantara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang – orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka dar itu, berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang orang yang mendustakan (rasul rasul)." (an-Nahl: 36)

Dalam ayat yang lain, Allah Subhanahuwata'ala berfirman,

"Mereka berkata,"Hendaklah kamu menjadi penganut agama Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk." Katakanlah,"Tidak, bahkan (kami mengikuti) agama Ibrahim yang lurus. Dan bukanlah dia(Ibrahim) dari golongan orang musyrik." Katakanlah (hai orang-orang mukmin), Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya'kub, dan anak cucunya, serta apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Rabb mereka. Kami tidakmembeda-bedakan seorang pun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya." (al- Baqarah: 135-136)

ISLAM, AGAMA YANG DIRIDHAI OLEH ALLAH SUBHANAHUWATA'ALA

Di antara keindahan Islam yang sangat mendasar, Islam adalah satusatunya agama yang diridhai oleh Allah Subhanahuwata'ala. Allah Subhanahuwata'ala tidak menerima dari seorang hamba selain Islam. Allah Subhanahuwata'ala berfirman,

"Barang siapa mencari agama selain agama Islam, sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) darinya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi." (Ali Imran: 85)

As-Sa'di berkata, "Barang siapa beribadah kepada Allah Subhanahuwata'ala dengan selain agama Islam yang Allah Subhanahuwata'ala meridhainya untuk hamba-Nya, sungguh amalannya tertolak, tidak diterima. Sebab, agama Islam sajalah yang mengandung ketundukan kepada Allah, ketulusan (dalam beribadah kepada-Nya), dan ketaatan kepada para rasul-Nya. Siapa pun yang tidak membawa Islam berarti ia tidak menempuh sebab keselamatan dari azab Allah dan keberuntungan dengan pahala-Nya. Semua agama selain Islam adalah batil." (Tafsir as-Sa'di)

Dalam ayat lain, Allah Subhanahuwata'ala berfirman,

"Sesungguhnya agama(yang diridhai) dissi Allah hanyalah Islam." (Ali Imran: 19)

Satu kemuliaan ini saja sebenarnya sudah cukup bagi seseorang untuk memeluk agama yang mulia ini, agar dirinya dirahmati oleh Allah dan memperoleh keberuntungan di dunia dan akhirat, serta selamat dari azab-Nya Subhanahuwata'ala.

Saudaraku, di Padang Mahsyar kelak, kaum musyrikin mengikuti sesembahan-sesembahan mereka masuk ke dalam neraka. Demikian pula Yahudi dan Nasrani masuk ke dalam neraka sebelum jembatan dipancangkan. Yang tersisa hanya kaum muslimin, yaitu seluruh nabi dan rasul serta orang-orang yang beriman kepada mereka. Termasuk yang masih berdiri bersama kaum muslimin adalah orang-orang yang menampakkan dirinya Islam padahal ia kafir (munafik).

Al-Imam Muslim rahimahumullah meriwayatkan sebuah hadits yang sangat panjang dari Abu Sa'id al-Khudri radhiyallahu anhu no. 269, di antara teksnya adalah:

Ketika hari kiamat terjadi, ada penyeru yang mengumumkan,"Setiap umat hendaklah mengikuti apa yang dahulu disembah."Tidak tersisa orang orang yang dahulu menyembah selain Allah Subhanahuwata'ala ,yakni berhala, selain berjatuhan ke dalam neraka. Hingga yang tinggal hanya orang-orang yang menyembah Allah, ada yang baik dan ada yang jahat serta sisa-sisa Ahli Kitab.

Dipanggillah orang-orang Yahudi. Mereka ditanya,"Apa yang dahulu kalian sembah?" Mereka menjawab, "Kami menyembah Uzair, anak Allah." Dikatakan,"Kalian dusta! Allah tidak menjadikan seorang pun sebagai istri atau anak. Lalu apa yang kalian inginkan?" Mereka menjawab,"Kami haus, wahai Rabb kami, berilah kami minum!" Lalu ditunjukkan kepada mereka,"Kenapa kalian tidak datang kesana?" Mereka digiring ke neraka, seolah-olah neraka itu fatamorgana yang saling menghancurkan. Mereka pun berjatuhan ke dalam neraka.

Kemudian orang-orang Nasrani dipanggil. Mereka ditanya, "Apa yang dahulu kalian sembah?" Mereka menjawab,"Kami menyembah Isa al- Masih anak Allah." Dikatakan kepada mereka, "Kalian dusta! Allah tidak menjadikan seorang pun sebagai istri atau anak. Apa yang kalian inginkan?"Mereka menjawab,"Kami haus, wahai Rabb, berilah kami minum." Lalu ditunjukkan kepada mereka, "Kenapa kalian tidak datang kesana?" Mereka digiring ke neraka Jahanam, seolah-olah neraka itu fatamorgana yang saling menghancurkan. Mereka pun berguguran kedalam neraka. Ketika yang tinggal hanya orang orang yang dahulu menyembah Allah Subhanahuwata'ala (yang baik dan yang jahat),Allah Subhanahuwata'ala datang kepada mereka…

ISLAM MENGELUARKAN MANUSIA DARI KEGELAPAN MENUJU CAHAYA

Keindahan Islam ini disaksikan oleh semua mata manusia, dan dibuktikan oleh sejarah kehidupan manusia. Islam mengeluarkan manusia dari kegelapan syirik menuju cahaya tauhid, mengeluarkan manusia dari kegelapan kemaksiatan menuju cahaya ketaatan, kegelapan dan kebodohan menuju cahaya ilmu. Allah Subhanahuwata'ala berfirman,

"Allah Pelindung orang-orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah setan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan ( kekafiran) . Mereka itu adalah penghuni neraka;  mereka kekal di dalamnya." (al-Baqarah: 257)

Dahulu manusia berada di atas Islam, mentauhidkan Allah dalam beribadah kepada-Nya. Kemudian muncullah awal kesyirikan di masa Nabi Nuh 'Alaihisslam. Sekelompok manusia ketika itu menjadikan Wadd, Suwa', Yaghuts, dan Nasr sebagai sesembahan selain Allah Subhanahuwata'ala. Allah Subhanahuwata'ala pun mengutus Nuh 'Alaihissalam menyeru manusia mengajak mereka keluar dari kegelapan syirik menuju cahaya tauhid.

Demikian seterusnya, Allah Subhanahuwata'ala mengutus para rasul-Nya silih berganti. Hingga Allah Subhanahuwata'ala mengutus Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam kepada manusia seluruhnya, di saat kegelapan jahiliah meliputi kehidupan anak manusia. Allah Subhanahuwata'ala berfirman,

"Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang rasul diantara mereka ,yang membacakan ayat ayat-Nya kepada mereka, menyucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (as-Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar benar dalam kesesatan yang nyata." (al-Jumu'ah: 2)

Sebelum diutusnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, umat manusia secara menyeluruh berada pada masa kejahiliahan. Mereka diperbudak oleh kesyirikan. Dunia juga gelap dipenuhi kezaliman dan kerusakan di muka bumi.

Sebagai contoh, kaum wanita benar-benar dijatuhkan kedudukannya. Wanita adalah barang dagangan dan warisan, tidak ada nilainya sedikit pun. Bahkan, manusia merasa malu dengan karunia Allah Subhanahuwata'ala berupa anak perempuan, hingga mereka tega menguburkan anak perempuannya hidup-hidup menjemput kematian dengan sangat tragis.

"Apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah ) mukanya, dan dia sangat marah. Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, karena buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)? Ketahuilah, alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu." (an-Nahl: 58—59)

Demikianlah kejahiliahan melingkupi, hingga datang cahaya Islam mengeluarkan manusia dari kegelapan masa jahiliah menuju cahaya hidayah. Manusia lepas dari belenggu kesyirikan, hak-hak manusia terjaga, termasuk kaum wanita, diangkat dan dihormati hak-hak mereka. Manusia pun bersatu dalam ikatan Islam, dan berusaha menjauhkan diri dari kezaliman. Allah Subhanahuwata'ala berfirman mengingatkan nikmat ukhuwah,

"Berpeganglah kalian semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kalian bercerai-berai. Ingatlah akan nikmat Allah kepada kalian ketika kalian dahulu (masa jahiliah) bermusuh-musuhan, kemudian Allah mempersatukan hati kalian, lalu menjadilah kalian karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara. Kalian telah berada ditepi jurang neraka ,lalu Allah menyelamatkan kalian darinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kalian, agar kalian mendapat petunjuk." (Ali Imran: 103)

ISLAM, FITRAH YANG SELURUH MANUSIA TERLAHIR DI ATASNYA

Di antara keindahan Islam, Islam adalah agama yang manusia dilahirkan di atasnya. Inilah fitrah yang Allah Subhanahuwata'ala tetapkan atas seluruh manusia. Oleh karena itu, seluruh syariat Islam diterima oleh akal sehat dan fitrah yang selamat. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Semua bayi terlahir di atas fitrah, maka kedua orang tuanyalah yang menyebabkannya menjadi Yahudi, Nasrani atau Majusi. Seperti halnya hewan ternak yang dilahirkan, apakah engkau dapatkan lahir dalam keadaan terpotong (dicacati)?" (HR. al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu)

Fitrah yang dimaksud dalam hadits ini adalah Islam, sebagaimana diterangkan oleh riwayat lain dari sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Demikianlah, manusia diciptakan di atas Islam, di atas tauhid, meyakini Allah Subhanahuwata'ala sebagai Rabbul 'alamin, meyakini bahwa Dia adalah satu-satunya yang berhak diibadahi.

Allah Subhanahuwata'ala mengabarkan, manusia seluruhnya telah diambil persaksiannya di hadapan Allah Subhanahuwata'ala bahwa mereka adalah para hamba-Nya.

" Dan (ingatlah), ketika Rabbmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman),"Bukankah Aku ini Rabb kalian?" Mereka menjawab, "Betul (Engkau adalah Rabb kami), kami menjadi saksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan, "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang  lengah terhadap ini ( keesaan Rabb)", atau agar kamu tidak mengatakan, "Sesungguhnya orang-orang tua kami telah mempersekutukan Rabb sejak dahulu,sedangkan kami ini adalah anak anak keturunan yang ( datang) sesudah mereka. Maka apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang sesat dahulu?" (al-A'raf: 172—173)

Karena Islam adalah fitrah yang manusia terlahir di atasnya, semua ajaran Islam adalah ajaran yang diterima oleh fitrah manusia, menyucikan jiwa mereka, dan tidak memberatkan.

ISLAM ADALAH AGAMA YANG MUDAH

Di antara keindahan Islam, ia adalah agama yang mudah, tidak memberatkan sama sekali. Bahkan, siapa yang berpegang dengannya, ia dapatkan semuanya dimudahkan oleh Allah Subhanahuwata'ala. Akidah Islam adalah akidah yang mudah, karena ia sesuai dengan fitrah penciptaan manusia.

Demikian pula ibadah, muamalah, dan akhlak yang diajarkan Islam, semuanya mudah dan mendatangkan maslahat (kebaikan kebaikan) dunia dan akhirat. Keindahan Islam berupa kemudahan ini ditunjukkan oleh dalil-dalil dari al- Kitab dan as-Sunnah. Allah Subhanahuwata'ala berfirman,

"… Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat- Nya bagimu, supaya kamu bersyukur." (al-Maidah: 6)

"Alah menghendaki kemudahan bagi kalian dan tidak menghendaki kesukaran bagi kalian." (al-Baqarah: 185)

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda menegaskan pokok yang agung ini,

"Sesungguhnya agama Islam ini mudah, dan tidak ada seorang pun memperberat agama ini melainkan ia akan dikalahkan." (HR. al-Bukhari dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu anhu)

Shalat lima waktu, misalnya, Allah Subhanahuwata'ala mewajibkannya pada waktu-waktu yang sesuai, tidak mengganggu keseimbangan kehidupan seseorang di dunia ini. Bahkan, dengan shalat, seseorang senantiasa memperoleh dua kebaikan sekaligus, kebaikan dunia dan akhirat. Shalat subuh misalnya, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Barang siapa shalat subuh, dia dalam jaminan Allah Subhanahuwata'ala." (HR. Muslim dari sahabat Jundab bin Abdillah al- Qasri radhiyallahu anhu)

Belum lagi faedah-faedah lain yang bersifat duniawi dan ukhrawi dari ibadah shalat; menggugurkan dosa-dosa, mencegah perbuatan keji dan mungkar, shalat berjamaah mempererat ukhuwah, tidak lupa pula keutamaan kalimat "Amin" dalam sabda-sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, dan kalimat inilah yang menyebabkan orang-orang Yahudi sangat iri kepada kaum muslimin. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Yahudi ditidaklah hasad terhadap sesuatu yang ada pada kalian sebagaimana hasad mereka terhadap kalian dalam hal ucapan salam dan amin." (HR. al-Bukhari dalam al-Adabal Mufrad, dan dinyatakan sahih oleh al-Albani)

Semua keutamaan shalat semakin memperingan ibadah yang agung ini. Demikianlah semua syariat Islam, mudah dan dimudahkan oleh Allah Subhanahuwata'ala.

ISLAM ADALAH AGAMA YANG DIPERKOKOH

dengan Bukti yang Kuat Islam adalah agama yang diperkuat oleh mukjizat, bukti-bukti yang nyata, dan dalil-dalil yang terang. Setiap mata yang menyaksikannya akan yakin bahwa Islam adalah syariat yang datang dari Allah Subhanahuwata'ala.

Dalam mendakwahkan Islam, seluruh nabi dan rasul diperkuat oleh Allah Subhanahuwata'ala dengan bukti kebenaran dakwah mereka. Tentang Nabi Isa 'Alaihissalam, Allah Subhanahuwata'ala berfirman,

"Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda(mukjizat) dariRabb-mu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan dirumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman." (Ali Imran: 49)

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Tidak ada seorang nabi pun, kecuali diberi mukjizat yang dengan semisal itu manusia beriman, dan (di antara) mukjizat yang dianugerahkan kepadaku adalah wahyu yang Allah Subhanahuwata'ala wahyukan kepadaku, dan aku berharap menjadi nabi yang terbanyak pengikutnya di hari kiamat." (ShahihMuslim no. 152 dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu anhu)

Sebagai rasul terakhir, beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam diberi oleh Allah Subhanahuwata'ala mukjizat yang sangat banyak dan beragam. Ulama menyebutkan bahwa mukjizat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mencapai ribuan, bahkan ada yang mengatakan lebih dari 60.000 mukjizat. Subhanallah!

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahumullah, beliau berkata, "Perjalanan hidup Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam sungguh termasuk ayat-ayat (mukjizat), demikian pula akhlaknya, sabda-sabdanya, perbuatan-perbuatannya, syariatnya, umatnya, dan karamah-karamah orang orang saleh dari umat beliau, semua itu termasuk ayat (mukjizat-mukjizat) beliau."

Mukjizat-mukjizat Rasul Shallallahu 'alaihi wa sallam yang banyak dan beragam itu bisa dibagi menjadi dua kelompok:

1. Mukjizat-mukjizat yang terjadi di masa hidup Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dan berakhir dengan wafatnya beliau. Misalnya, makanan dan minuman yang sedikit menjadi banyak dengan berkah Allah Subhanahuwata'ala, demikian pula keluarnya air yang melimpah dari jari-jemari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Semua mukjizat itu berakhir dengan wafatnya beliau.

2. Mukjizat yang terus berlangsung sesudah wafatnya hingga hari kiamat. Contohnya, al-Qur'an dan berita-berita gaib yang beliau kabarkan dalam sabda-sabdanya yang mulia lantas terjadi sebagaimana yang beliau kabarkan, seperti tanda-tanda hari kiamat.

Wahai segenap manusia, sejenak kita lihat sebagian kecil dari mukjizat al- Qur'an, yaitu penjagaan yang dijanjikan oleh Allah Subhanahuwata'ala dalam firman-Nya,

"Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." (al- Hijr: 9)

Di antara yang Allah Subhanahuwata'ala jaga adalah lafadznya. Tidakkah kita renungkan, sejak empat belas abad silam al-Qur'an diturunkan, selama itu pula manusia dan jin seluruhnya ditantang untuk membuat satu surat saja yang terpendek yang semisal dengan al-Qur'an. Adakah orang yang mampu membuatkannya? Mana ahli bahasa? Mana ahli sastra Arab? Adakah al- Qur'an berubah lafadznya, hurufnya?

Wahai musuh-musuh Allah Subhanahuwata'ala, wahai semua orang kafir dan munafik dari kalangan jin dan manusia, berkumpullah kalian untuk mengubah satu saja ayat al-Qur'an. Bukankah kalian paling bersemangat untuk menghancurkan Islam? Jika kalian tidak mampu… dan sungguh empat belas abad telah berlalu, kalian semua lemah. Bersegeralah kalian bertobat. Peluklah agama Islam ini sebelum datangnya azab Allah Subhanahuwata'ala atas kalian.

ISLAM ADALAH AGAMA YANG DIJAGA DARI TABDIL (PERUBAHAN)

Di antara keindahan Islam, agama Islam adalah agama yang senantiasa dijaga oleh Allah Subhanahuwata'ala hingga hari kiamat. Penjagaan itu meliputi penjagaan sumber hukum Islam yaitu al-Qur'an dan hadits. Allah Subhanahuwata'ala juga terus menjaga keberadaan generasi yang senantiasa mengikuti jejak Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabatnya. Dalil yang menunjukkan bahwa Allah Subhanahuwata'ala menjaga al-Qur'an dan as-Sunnah adalah firman Allah Subhanahuwata'ala,

"Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." (al-Hijr: 9)

Adapun penjagaan al-Qur'an yang dijanjikan oleh Allah Subhanahuwata'ala adalah pemeliharaan lafadz (huruf-huruf) nya. Semua ayat al-Qur'an diriwayatkan secara mutawatir. Tidak ada satu lafadz pun dari al-Qur'an yang dapat diubah oleh manusia (dan jin) sebagaimana telah disinggung di atas.

Allah Subhanahuwata'ala menjaga pula pemahaman al-Qur'an dari penyimpangan, yaitu dengan Allah Subhanahuwata'ala jaga hadits-hadits Rasulullah yang berfungsi sebagai penjelas al-Qur'an atau sebagai penafsir al-Qur'an.

Di antara bentuk penjagaan Allah Subhanahuwata'ala terhadap hadits-hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, Allah Subhanahuwata'ala  menyiapkan generasi ahlul hadits yang gigih menjaga kemurnian hadits, sejak zaman sahabat, tabi'in, atba'ut tabi'in, hingga generasi berikutnya, semisal al-Imam Malik, al-Imam asy- Syafi'i, al-Imam Ahmad bin Hanbal, al-Bukhari, Muslim, dan ribuan ulama ahlul hadits dari setiap generasi.

Dengan demikian, terjagalah kemurnian hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, terpisahkanlah mana yang dusta dari sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dan mana yang sahih penyandarannya kepada beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam.

ISLAM ADALAH AGAMA YANG SEMPURNA, SYAMIL

Seseorang yang melihat Islam akan menyaksikan bahwa segala yang dibutuhkan oleh manusia ada di dalamnya. Tidak ada satu perkara pun yang dibutuhkan oleh manusia selain hal itu ada dalam al-Qur'an dan as-Sunnah.Allah Subhanahuwata'ala berfirman,

"Dan Kami turunkan kepadamu al-Kitab (al-Qur'an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri." (an-Nahl: 89)

Diriwayatkan dalam sebuah hadits,

Dikatakan kepada Salman al- Farisi radhiyallahu anhu,"Sungguh, Nabi kalian telah mengajari kalian segala sesuatu, sampai pun masalah adab membuang hajat." Salman menjawab," Benar. Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam melarang kami untuk menghadap kiblat ketika buang air besar atau kencing. Beliau melarang pula kami beristinja' dengan tangan kanan dan beristinja dengan batu kurang dari tiga atau beristinja dengan tulang." (HR. Abu Dawud no. 6)

Tidak hanya mengatur muamalah antara manusia dan Allah Subhanahuwata'ala, atau antar manusia, tetapi Islam juga menerangkan muamalah manusia dengan binatang atau jin. Dari Abu Ya'la Syaddad bin Aus radhiyallahu anhu , dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda,

" Sesungguhnya Allah mewajibkan untuk berlaku baik terhadap segala sesuatu. Apabila kalian membunuh, berlaku baiklah dalam membunuh. Apabila kalian menyembelih, berlaku baiklah dalam menyembelih. Dan hendaklah salah seorang diantara kalian menajamkan pisaunya dan membuat nyaman hewan sembelihannya."

Adakah syariat yang sempurna seperti syariat Islam yang dibawa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam? Pembaca, semoga Allah Subhanahuwata'ala merahmati kita semua, masih banyak keutamaan agama Islam di antaranya Islam adalah agama yang kekal hingga akhir zaman, seperti sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam,

"Akan selalu ada sekelompok umatku berperang di atas al-haq, mendapat kemenangan sampai hari kiamat." (HR. Muslim no. 3547 dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu anhu)

Islam adalah agama yang universal bukan hanya untuk kalangan Arab, namun juga non-Arab, bahkan untuk kalangan jin, seperti firman Allah Subhanahuwata'ala,

Katakanlah,"Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepada kalian semua." (al-A'raf: 158)

Islam adalah agama yang mengajari umatnya berbuat baik (ihsan). Bahkan, semua syariat Islam adalah ihsan. Islam adalah rahmat bagi seluruh alam. Islam adalah agama yang dimenangkan oleh Allah Subhanahuwata'ala.

Masih banyak keutamaan-keutamaan lain yang terkandung dalam dua wahyu, al-Kitab dan as-Sunnah. Waktu dan ruang tidak memungkinkan bagi kita menyelami lebih dalam samudra keindahan dan keutamaan Islam. Bahkan, seumur hidup kita sekalipun tidak mampu mengibaratkan keindahan dan keutamaan Islam.

Ya Allah, jadikanlah hati-hati kami mencintai-Mu, nabi dan para rasul-Mu, serta agama Islam yang Engkau ridhai. Lebih dari itu, wahai Rabb kami, cintailah kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa kedua orang tua kami, dan dosa seluruh kaum mukminin.

Sumber: http://asysyariah.com/kajian-utama-menyelami-samudra-keindahan-islam.html

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
.

__,_._,___

Tidak ada komentar: