Messages In This Digest (14 Messages)
- 1a.
- Re: pesawat terbang. - Pake WIND TUNNEL From: uta
- 1b.
- Re: pesawat terbang. - Pake WIND TUNNEL From: roy
- 1c.
- Re: pesawat terbang. - Pake WIND TUNNEL From: Eka Subyantara
- 1d.
- Re: pesawat terbang. - Pake WIND TUNNEL From: rhe~rhe
- 2a.
- Re: New poll for fisika_indonesia From: Leonard Lisapaly
- 3a.
- pelajaran From: rasyid trisandi
- 3b.
- Re: pelajaran From: Tani Indrawan
- 3c.
- Re: pelajaran From: Eka Subyantara
- 3d.
- Re: pelajaran Fisika untuk masuk PTN? From: Franklin
- 3e.
- Re: pelajaran From: rhe~rhe
- 4a.
- Re: Mohon Jawabannya please........ From: Eka Subyantara
- 5a.
- Re: Regulator Catu Daya From: Eka Subyantara
- 7.
- Siaran Pers CERN tentang insiden 19 September 2008 From: Haryo Sumowidagdo
Messages
- 1a.
-
Re: pesawat terbang. - Pake WIND TUNNEL
Posted by: "uta" utsania@yahoo.com utsania
Mon Oct 20, 2008 9:26 pm (PDT)
Wah, jadi ada ide nih,
Mungkin mohon ada rekan fisikawan yng bisa menghitungkan secara padat singkat. Kalo misalnya landasan pesawat konvensional kita ganti dengan wind tunnel yang ukurannya cukup besar dan anginnya bisa disesuaikan sedemikian rupa sehingga pesawat bisa terbang hampir secara vertikal... saya rasa energi yang dibutuhkan mungkin cuma beberapa kali lipat dari power mesin pesawat itu sendiri. Mungkin arah anginnya yang harus disesuaikan bergerak dari arah horizontal (depan pesawat) kemudian perlahan2 ke arah lebih vertikal ato gimana begitu pesawat bergerak naik...
moga moga bukan sampah :)
rgds
uta
--- In fisika_indonesia@yahoogroups. , Mutoha <jogja_astroclub@com ...>
wrote:
>
> Selama belum ada jawabannya dan belum ada topik lain kayanya ni
topik ini bagus juga dibahas. Yang jelas gaya angkat pada pesawat
memang dihasilkan karena fluida yang bergerak. Prinsipnya adalah hukum
Bernoulli "di tempat yang kecepatannya tinggi, tekanannya rendah" Jadi
selama tidak ada fluida (dlm hal ni udara) yang bergerak baik
disebabkan oleh angin maupun pesawatnya sendiri yg bergerak thd udara
maka tidak akan ada gaya angkat. Jet tempur SeaHarrier dirancang bisa
tinggal landas secara vertikal namun bukan karena landasanya yang
bergerak akan tetapi tenaga jet yang mendorongnya naik. Peace, terus
diskusi ya...ganti topik donk..
>
>
> Salam,
> Mutoha Ar.
>
>
> --- On Fri, 10/10/08, tri setiyanto <setyatri@...> wrote:
>
> From: tri setiyanto <setyatri@...>
> Subject: Re: [FISIKA] pesawat terbang.
> To: fisika_indonesia@yahoogroups. com
> Date: Friday, October 10, 2008, 4:20 PM
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> ono2 wae mas..
> ya bisa terbang kalau udaranya juga ikut berjalan bersama landasan..
> apa ini juga sampah?
> Saya senang sama mas yang berkomentar buanglah sampah pada tempatnya.
> Pokoknya terus aja diskusi asik kok saya ngikutin terus lho.
> met lebaran
> wassalam
> --- On Fri, 10/10/08, Zaenal Arief <zaenal@pudak. com> wrote:
>
> From: Zaenal Arief <zaenal@pudak. com>
> Subject: [FISIKA] pesawat terbang.
> To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
> Date: Friday, October 10, 2008, 9:35 AM
>
>
>
>
>
> tadi pagi sebelum berangkat ada iklan sebuah acara di TV yg mau
mencoba apakah sebuah pesawat terbang dapat lepas landas bila runway
nya/landasannya bergerak kearah sebaliknya dari arah laju pesawat,
seperti bila kita berlari di fitness center dengan mesin "treatmill"
(nulisnya bener nggak??)
>
> apakah ini cukup menarik untuk dibahas? dapatkah pesawat itu
tinggal landas?? atau pesawat akan tetap ditempat???
>
> Zaenal
>
pesawat tetp akan terbang karena melalui proses hukum newton 1 (
kelembaman) apabila benda diam maka dia akan diam terus, apabila dia
diberi dorongan maka akan bergerak terus hanya saja seberapa panjang
landasan yang diperlukan???,istilah dipenerbangan mungkin sama dengan
tail wind, jika pesawat kondisi take off roll tail wind maka akan
memerlukan panjang landasan lebih panjang dari pada head wind. ada
tipe pesawat yang menggunakan vtol ( vertical take off landing)
seperti herier,helikopter, ada juga stol ( short take off landing
)seperti pilatus porter,antonov 26,pesawat tempur.hukum bernouli
sebagai salah satu pendukung bisa atau tidak pesawat itu terbang,yang
terpenting designnya seperti apa....jadi hukum newton 1 dan newton 3
plus bernouli sangat penting pada pesawat komersial saat lepas
landas...itu sih yang saya tau.
- 1b.
-
Re: pesawat terbang. - Pake WIND TUNNEL
Posted by: "roy" royindralesmana@gmail.com dragroy0304
Mon Oct 20, 2008 10:25 pm (PDT)
kemampuan dari sayap ada batasnya, yaitu dibatasin oleh berapa besar angle
of attack yang bisa dilakukan pesawat tersebut, ketika melampaui batas, maka
akan terjadi apa yang disebut Stall.
nah kalau sudah terbang vertikal atau hampir vertikal, itu sudah maenannya
space shuttle dengan turbo ramjet nya. kecuali Coper.
rgds,
Roy
Pada 21 Oktober 2008 10:11, uta <utsania@yahoo.com > menulis:
> Wah, jadi ada ide nih,
> Mungkin mohon ada rekan fisikawan yng bisa menghitungkan secara padat
> singkat. Kalo misalnya landasan pesawat konvensional kita ganti dengan wind
> tunnel yang ukurannya cukup besar dan anginnya bisa disesuaikan sedemikian
> rupa sehingga pesawat bisa terbang hampir secara vertikal... saya rasa
> energi yang dibutuhkan mungkin cuma beberapa kali lipat dari power mesin
> pesawat itu sendiri. Mungkin arah anginnya yang harus disesuaikan bergerak
> dari arah horizontal (depan pesawat) kemudian perlahan2 ke arah lebih
> vertikal ato gimana begitu pesawat bergerak naik...
> moga moga bukan sampah :)
>
> rgds
>
> uta
>
> **
>
> --- In fisika_indonesia@yahoogroups. <fisika_indonesia%com 40yahoogroups. com>,
> Mutoha <jogja_astroclub@...>
> wrote:
> >
> > Selama belum ada jawabannya dan belum ada topik lain kayanya ni
> topik ini bagus juga dibahas. Yang jelas gaya angkat pada pesawat
> memang dihasilkan karena fluida yang bergerak. Prinsipnya adalah hukum
> Bernoulli "di tempat yang kecepatannya tinggi, tekanannya rendah" Jadi
> selama tidak ada fluida (dlm hal ni udara) yang bergerak baik
> disebabkan oleh angin maupun pesawatnya sendiri yg bergerak thd udara
> maka tidak akan ada gaya angkat. Jet tempur SeaHarrier dirancang bisa
> tinggal landas secara vertikal namun bukan karena landasanya yang
> bergerak akan tetapi tenaga jet yang mendorongnya naik. Peace, terus
> diskusi ya...ganti topik donk..
> >
> >
> > Salam,
> > Mutoha Ar.
> >
> >
> > --- On Fri, 10/10/08, tri setiyanto <setyatri@...> wrote:
> >
> > From: tri setiyanto <setyatri@...>
> > Subject: Re: [FISIKA] pesawat terbang.
> > To: fisika_indonesia@yahoogroups. <fisika_indonesia%com 40yahoogroups. com>
> > Date: Friday, October 10, 2008, 4:20 PM
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> > ono2 wae mas..
> > ya bisa terbang kalau udaranya juga ikut berjalan bersama landasan..
> > apa ini juga sampah?
> > Saya senang sama mas yang berkomentar buanglah sampah pada tempatnya.
> > Pokoknya terus aja diskusi asik kok saya ngikutin terus lho.
> > met lebaran
> > wassalam
> > --- On Fri, 10/10/08, Zaenal Arief <zaenal@pudak. com> wrote:
> >
> > From: Zaenal Arief <zaenal@pudak. com>
> > Subject: [FISIKA] pesawat terbang.
> > To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
> > Date: Friday, October 10, 2008, 9:35 AM
> >
> >
> >
> >
> >
> > tadi pagi sebelum berangkat ada iklan sebuah acara di TV yg mau
> mencoba apakah sebuah pesawat terbang dapat lepas landas bila runway
> nya/landasannya bergerak kearah sebaliknya dari arah laju pesawat,
> seperti bila kita berlari di fitness center dengan mesin "treatmill"
> (nulisnya bener nggak??)
> >
> > apakah ini cukup menarik untuk dibahas? dapatkah pesawat itu
> tinggal landas?? atau pesawat akan tetap ditempat???
> >
> > Zaenal
> >
> pesawat tetp akan terbang karena melalui proses hukum newton 1 (
> kelembaman) apabila benda diam maka dia akan diam terus, apabila dia
> diberi dorongan maka akan bergerak terus hanya saja seberapa panjang
> landasan yang diperlukan???,istilah dipenerbangan mungkin sama dengan
> tail wind, jika pesawat kondisi take off roll tail wind maka akan
> memerlukan panjang landasan lebih panjang dari pada head wind. ada
> tipe pesawat yang menggunakan vtol ( vertical take off landing)
> seperti herier,helikopter, ada juga stol ( short take off landing
> )seperti pilatus porter,antonov 26,pesawat tempur.hukum bernouli
> sebagai salah satu pendukung bisa atau tidak pesawat itu terbang,yang
> terpenting designnya seperti apa....jadi hukum newton 1 dan newton 3
> plus bernouli sangat penting pada pesawat komersial saat lepas
> landas...itu sih yang saya tau.
>
>
>
>
- 1c.
-
Re: pesawat terbang. - Pake WIND TUNNEL
Posted by: "Eka Subyantara" eka.subyantara@widyatama.ac.id eka_subyantara
Mon Oct 20, 2008 10:25 pm (PDT)
Wind Tunnel sebesar dan sekuat apapun bukan tidak mungkin dibuat,
pesawat memang bisa "terbang hampir secara vertikal" asal diikat kuat-kuat
ke dinding terowongan,
agar tidak terhempas oleh angin yang sangat kuat.
TAPI apa gunanya bila pesawat terikat dan terkurung di dalam terowongan?
Arah angin bisa diubah, bahkan dalam arah vertikal ke atas, untuk mengangkat
pesawat.
Tapi struktur aerodinamika badan pesawat tidak dirancang untuk tiupan angin
dari bawah,
salah-salah pesawat terombang-ambing tidak stabil dan akhirnya bisa "*crash*
"
Andaipun bisa dibuat stabil, bagaimana pesawat bisa sampai di tujuan?
Ingat pergerakan pesawat, bukan hanya NAIK, tapi juga MAJU.
SemogaIniJugaTidakDianggapSampah
-eka-
2008/10/21 uta <utsania@yahoo.com >
> Wah, jadi ada ide nih,
> Mungkin mohon ada rekan fisikawan yng bisa menghitungkan secara padat
> singkat. Kalo misalnya landasan pesawat konvensional kita ganti dengan wind
> tunnel yang ukurannya cukup besar dan anginnya bisa disesuaikan sedemikian
> rupa sehingga pesawat bisa terbang hampir secara vertikal... saya rasa
> energi yang dibutuhkan mungkin cuma beberapa kali lipat dari power mesin
> pesawat itu sendiri. Mungkin arah anginnya yang harus disesuaikan bergerak
> dari arah horizontal (depan pesawat) kemudian perlahan2 ke arah lebih
> vertikal ato gimana begitu pesawat bergerak naik...
> moga moga bukan sampah :)
>
> rgds
>
> uta
>
>
- 1d.
-
Re: pesawat terbang. - Pake WIND TUNNEL
Posted by: "rhe~rhe" riri_claudia@yahoo.com riri_claudia
Tue Oct 21, 2008 10:45 am (PDT)
Bukannya teknologi terbang vertikal sudah dipakai oleh sea harier...
Maaf kalo salah dan salam kenal to all..
Sent from 8310 BlackBerry INDOSAT
-----Original Message-----
From: roy <royindralesmana@gmail.com >
Date: Tue, 21 Oct 2008 11:55:02
To: <fisika_indonesia@yahoogroups. >com
Subject: Re: [FISIKA] Re: pesawat terbang. - Pake WIND TUNNEL
kemampuan dari sayap ada batasnya, yaitu dibatasin oleh berapa besar angle
of attack yang bisa dilakukan pesawat tersebut, ketika melampaui batas, maka
akan terjadi apa yang disebut Stall.
nah kalau sudah terbang vertikal atau hampir vertikal, itu sudah maenannya
space shuttle dengan turbo ramjet nya. kecuali Coper.
rgds,
Roy
Pada 21 Oktober 2008 10:11, uta <utsania@yahoo.com > menulis:
> Wah, jadi ada ide nih,
> Mungkin mohon ada rekan fisikawan yng bisa menghitungkan secara padat
> singkat. Kalo misalnya landasan pesawat konvensional kita ganti dengan wind
> tunnel yang ukurannya cukup besar dan anginnya bisa disesuaikan sedemikian
> rupa sehingga pesawat bisa terbang hampir secara vertikal... saya rasa
> energi yang dibutuhkan mungkin cuma beberapa kali lipat dari power mesin
> pesawat itu sendiri. Mungkin arah anginnya yang harus disesuaikan bergerak
> dari arah horizontal (depan pesawat) kemudian perlahan2 ke arah lebih
> vertikal ato gimana begitu pesawat bergerak naik...
> moga moga bukan sampah :)
>
> rgds
>
> uta
>
> **
>
> --- In fisika_indonesia@yahoogroups. <fisika_indonesia%com 40yahoogroups. com>,
> Mutoha <jogja_astroclub@...>
> wrote:
> >
> > Selama belum ada jawabannya dan belum ada topik lain kayanya ni
> topik ini bagus juga dibahas. Yang jelas gaya angkat pada pesawat
> memang dihasilkan karena fluida yang bergerak. Prinsipnya adalah hukum
> Bernoulli "di tempat yang kecepatannya tinggi, tekanannya rendah" Jadi
> selama tidak ada fluida (dlm hal ni udara) yang bergerak baik
> disebabkan oleh angin maupun pesawatnya sendiri yg bergerak thd udara
> maka tidak akan ada gaya angkat. Jet tempur SeaHarrier dirancang bisa
> tinggal landas secara vertikal namun bukan karena landasanya yang
> bergerak akan tetapi tenaga jet yang mendorongnya naik. Peace, terus
> diskusi ya...ganti topik donk..
> >
> >
> > Salam,
> > Mutoha Ar.
> >
> >
> > --- On Fri, 10/10/08, tri setiyanto <setyatri@...> wrote:
> >
> > From: tri setiyanto <setyatri@...>
> > Subject: Re: [FISIKA] pesawat terbang.
> > To: fisika_indonesia@yahoogroups. <fisika_indonesia%com 40yahoogroups. com>
> > Date: Friday, October 10, 2008, 4:20 PM
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> > ono2 wae mas..
> > ya bisa terbang kalau udaranya juga ikut berjalan bersama landasan..
> > apa ini juga sampah?
> > Saya senang sama mas yang berkomentar buanglah sampah pada tempatnya.
> > Pokoknya terus aja diskusi asik kok saya ngikutin terus lho.
> > met lebaran
> > wassalam
> > --- On Fri, 10/10/08, Zaenal Arief <zaenal@pudak. com> wrote:
> >
> > From: Zaenal Arief <zaenal@pudak. com>
> > Subject: [FISIKA] pesawat terbang.
> > To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
> > Date: Friday, October 10, 2008, 9:35 AM
> >
> >
> >
> >
> >
> > tadi pagi sebelum berangkat ada iklan sebuah acara di TV yg mau
> mencoba apakah sebuah pesawat terbang dapat lepas landas bila runway
> nya/landasannya bergerak kearah sebaliknya dari arah laju pesawat,
> seperti bila kita berlari di fitness center dengan mesin "treatmill"
> (nulisnya bener nggak??)
> >
> > apakah ini cukup menarik untuk dibahas? dapatkah pesawat itu
> tinggal landas?? atau pesawat akan tetap ditempat???
> >
> > Zaenal
> >
> pesawat tetp akan terbang karena melalui proses hukum newton 1 (
> kelembaman) apabila benda diam maka dia akan diam terus, apabila dia
> diberi dorongan maka akan bergerak terus hanya saja seberapa panjang
> landasan yang diperlukan???,istilah dipenerbangan mungkin sama dengan
> tail wind, jika pesawat kondisi take off roll tail wind maka akan
> memerlukan panjang landasan lebih panjang dari pada head wind. ada
> tipe pesawat yang menggunakan vtol ( vertical take off landing)
> seperti herier,helikopter, ada juga stol ( short take off landing
> )seperti pilatus porter,antonov 26,pesawat tempur.hukum bernouli
> sebagai salah satu pendukung bisa atau tidak pesawat itu terbang,yang
> terpenting designnya seperti apa....jadi hukum newton 1 dan newton 3
> plus bernouli sangat penting pada pesawat komersial saat lepas
> landas...itu sih yang saya tau.
>
>
>
>
- 2a.
-
Re: New poll for fisika_indonesia
Posted by: "Leonard Lisapaly" leonardl@centrin.net.id
Tue Oct 21, 2008 2:00 am (PDT)
Kalau saya abstain saja.
Menurut saya sih lalu lintas email di milis ini gak banyak, dan dengan
hanya sekilas saya bisa tahu ini email "sampah" atau bukan. Kalau
"sampah", biasanya langsung saya hapus bahkan tanpa perlu membacanya.
Di milis lain dimana saya bergabung, ada juga anggota yang gemar
menerapkan ilmu "cocok-cocokin". Saya selalu berusaha menghindari bilang
itu "sampah", tapi "saya tidak percaya" dan sering saya respon dengan
senda gurau. Kami sering bertemu di konvensi ilmiah, dan ybs tetap
"berkhotbah" tentang ilmunya yang tentu saja tetap saya timpali dengan
senda gurau. Sampai sekarang, kami bersahabat dan tetap saling tegur
dengan hangat jika bertemu.
Menurut saya sih polling-nya gak perlu kali ya. BTW, apapun hasil
polling-nya, dan apakah diterapkan ke milis ini atau tidak, kayaknya gak
pengaruh buat saya.
LL
>
> Rekan-rekan,
>
> Satu minggu sudah lewat semenjak saya membuat poll mengenai kebijakan
> moderasi milis.
>
> http://tech.groups.yahoo. com/group/ fisika_indonesia /surveys? id=2774608
>
> Baru 25 orang yang mengisi poll ini. Tolong bagi yang belum mengisi,
> segera mengklik link di atas dan mengisi poll.
>
> Poll akan ditutup tanggal 31 Oktober.
>
>
> Haryo
>
> --- In fisika_indonesia@yahoogroups. ,com
> fisika_indonesia@yahoogroups. wrote:com
>>
>>
>> Enter your vote today! A new poll has been created for the
>> fisika_indonesia group:
>>
>> Setujukah anda jika posting yang bernuansa/bertujuan untuk
>> propaganda teori-teori sampah (crackpot theories) dibolehkan
>> masuk ke mailing list fisika_indonesia ?
>>
>>
>>
>> o SETUJU
>> o TIDAK SETUJU
>>
>>
>> To vote, please visit the following web page:
>> http://groups.yahoo.com/ group/fisika_ indonesia/ surveys?id= 2774608
>>
>> Note: Please do not reply to this message. Poll votes are
>> not collected via email. To vote, you must go to the Yahoo! Groups
>> web site listed above.
>>
>> Thanks!
>>
>
>
>
> --------------------- --------- ------
>
> ===================== ========= ========= ========= ========= ======
> ** Arsip : http://members.tripod.com/ ~fisika/
> ** Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
> <fisika_indonesia-unsubscribe@ >yahoogroups. com
> ===================== ========= ========= ========= ========= ======
> Yahoo! Groups Links
>
>
>
>
- 3a.
-
pelajaran
Posted by: "rasyid trisandi" rasyid_trisandi@yahoo.com rasyid_trisandi
Tue Oct 21, 2008 3:04 am (PDT)
pak gimana caranya saya bisa pinter dg fisika?
saya udah mau masuk PTN bantu saya pak?
_____________________ _________ _________ _________ __
Do You Yahoo!?
Tired of spam? Yahoo! Mail has the best spam protection around
http://mail.yahoo.com - 3b.
-
Re: pelajaran
Posted by: "Tani Indrawan" indrawan@javainspiration.com
Tue Oct 21, 2008 8:09 am (PDT)
Mau pinter fisika ya belajar fisika, bukan belajar masak..
Intinya kuasai matematika dan bersikap kritis terhadap fenomena fisik
dan matematis di sekitar anda.
Saya sendiri bukan jebolan fisika, tapi dari matematika, tp saya suka
bidang fisika khususnya astrofisika.
Alhamdulilah berkat internet banyak hal yag bisa saya pelajari ttg
fisika dan astronomi. Termasuk teortikal perhitungan matematisnya.
Sy sendiri saat ini bekerja sbg insan IT bukan sbg orang fisika atau
matematika
-----Original Message-----
From: fisika_indonesia@yahoogroups. com
[mailto:fisika_indonesia@yahoogroups. ] On Behalf Of rasyid trisandicom
Sent: Tuesday, October 21, 2008 5:01 PM
To: fisika_indonesia@yahoogroups. com
Subject: [FISIKA] pelajaran
- 3c.
-
Re: pelajaran
Posted by: "Eka Subyantara" eka.subyantara@widyatama.ac.id eka_subyantara
Tue Oct 21, 2008 8:10 am (PDT)
Banyak berlatih soal-soal fisika dan memahami proses serta hasil akhirnya.
Sama seperti Anda mau pandai berenang,
berlatih terus dengan masuk ke air, tidak hanya membaca buku teori berenang.
YangSebenarnyaTidakBisaBerenang
-eka-
2008/10/21 rasyid trisandi <rasyid_trisandi@yahoo.com >
> pak gimana caranya saya bisa pinter dg fisika?
> saya udah mau masuk PTN bantu saya pak?
>
>
>
>
- 3d.
-
Re: pelajaran Fisika untuk masuk PTN?
Posted by: "Franklin" frank_nasch@yahoo.com frank_thebard
Tue Oct 21, 2008 8:13 am (PDT)
Dear Rasyid,
Franklin guru Fisika, dan bisa sedikit berbagai beberapa tips agar
bisa mengikuti pelajaran fisika tingkat SMA. Tapi maaf, Franklin
sedang tidak menerima murid baru untuk les. Franklin sedang fokus
untuk ujian GRE Physics (semacam SPMB fisika untuk kuliah pascasarjana
di US), jadi Franklin tidak akan sempat menjawab japri Rasyid.
Fisika SMA di Indonesia memang agak aneh, banyak teknik matematika
yang belum diajarkan SUDAH harus diterapkan dalam pelajaran fisika.
Oleh karena itu, Franklin merekomendasikan Rasyid agar terampil dalam
menerapkan beberapa teknik kalkulus dasar (turunan, integral, dan
limit) sebelum mencoba mengerjakan soal-soal fisika SMA. Bolehlah
Rasyid sedikit berkonsultasi dengan guru Matematika SMA dimana Rasyid
bersekolah.
(Disini Franklin berasumsi bahwa Rasyid hanyalah murid SMA yang
standar, dan bukan sekaliber bibit-bibit berbakat untuk mengikuti
seleksi Olimpiade Fisika)
Umumnya fisika SMA kelas 1 & 2 masih banyak berkutat seputar konsep
dasar dengan soal-soal sederhana. Ada baiknya Rasyid membandingkan
pembahasan fisika dari beberapa buku Fisika SMA agar lebih mengerti
materi yang dibahas pada buku. Pada zaman Franklin SMA dulu, Franklin
membaca buku2 Marthen Kanginan, Bob Foster, dan Yohanes Surya di
perpustakaan sekolah dan toko buku agar bisa lebih punya bayangan akan
konsep fisika yang baru diterangkan oleh guru.
Nah, tentu di sekolah Rasyid ada beberapa guru fisika dengan gaya
mengajar yang berbeda-beda. Ada baiknya Rasyid mendekati guru fisika
yang Rasyid paling sreg untuk berkonsultasi akan materi dan soal-soal
fisika yang sedang dibahas. Franklin bisa terus belajar fisika sampai
sekarang sedikit banyak juga karena guru fisika Franklin pas SMA dulu
terus mendukung Franklin baik di dalam maupun di luar kelas selama 3
tahun. ^_^
Satu lagi hal yang sangat bermanfaat, Rasyid sebaiknya memiliki grup
belajar yang juga tertarik mendalami fisika di SMA, munkin karena
kelak ingin kuliah di jurusan teknik atau jurusan fisika. Bisa dari
teman seangkatan, senior, atau bahkan junior sekalipun tidak masalah.
Ini akan sangat membantu dalam membahas materi fisika kelas 3 SMA yang
hitung-hitungannya cukup membuat stress kebanyakan pelajar. Franklin
dulu punya satu teman setia pas kelas 3 SMA yang setiap minggu selalu
bersama-sama "menghajar" materi maupun soal-soal fisika. Teman
Franklin ini sekarang sudah berhasil sebagai lulusan teknik mesin dari
UI, dan ini tak lepas karena kami berdua selama SMA termasuk dua orang
yang pantang menyerah membahas soal-soal fisika SMA sampai mengerti
luar dalam.
Franklin rasa ini sudah cukup untuk mengerti fisika tingkat SMA.
Jangan lupa mengajari teman-teman Rasyid bila mereka bertanya fisika
ke Rasyid. Dengan mengajari yang lain, Rasyid otomatis akan terus
terlatih pemahaman fisikanya, dan seringkali mendapat sudut pandang
baru akan suatu konsep fisika yang dibahas.
Ok?
salam,
Franklin =)
--- In fisika_indonesia@yahoogroups. , rasyid trisandicom
<rasyid_trisandi@...> wrote:
>
> pak gimana caranya saya bisa pinter dg fisika?
>
> saya udah mau masuk PTN bantu saya pak?
- 3e.
-
Re: pelajaran
Posted by: "rhe~rhe" riri_claudia@yahoo.com riri_claudia
Tue Oct 21, 2008 11:20 am (PDT)
Tambahan aja, coba untuk memahami setiap konsep, jangan hanya menghapal rumus...
Memang banyak berlatih itu sangat2 membantu, bila perlu habiskan minimal 3 buku dengan pengarang yg berbeda...
Tapi balik lagi, coba pahami makna dari setiap bab yang dipelajari, krn bila sudah paham, smp kapanpun tdk akan pernah lupa..
Eh satu lagi, musti akrab dengan guru fisikanya ya biar bs jadi teman/partner utk diskusi
Sent from 8310 BlackBerry INDOSAT
-----Original Message-----
From: "Eka Subyantara" <eka.subyantara@widyatama. >ac.id
Date: Tue, 21 Oct 2008 18:40:34
To: <fisika_indonesia@yahoogroups. >com
Subject: Re: [FISIKA] pelajaran
Banyak berlatih soal-soal fisika dan memahami proses serta hasil akhirnya.
Sama seperti Anda mau pandai berenang,
berlatih terus dengan masuk ke air, tidak hanya membaca buku teori berenang.
YangSebenarnyaTidakBisaBerenang
-eka-
2008/10/21 rasyid trisandi <rasyid_trisandi@yahoo.com >
> pak gimana caranya saya bisa pinter dg fisika?
> saya udah mau masuk PTN bantu saya pak?
>
>
>
>
- 4a.
-
Re: Mohon Jawabannya please........
Posted by: "Eka Subyantara" eka.subyantara@widyatama.ac.id eka_subyantara
Tue Oct 21, 2008 3:12 am (PDT)
Saya hanya akan mengomentari bagian akhirnya saja.
Sejauh yang saya tahu, resolusi foto udara yang tampak di situs tersebut,
tidak ditentukan oleh apa yang ada di sana, akan tetapi bergantung kepada
tim Google Map.
Mereka memasang resolusi yang mana di website tersebut.
Sebagai contoh:
Resolusi tertinggi untuk foto udara Jakarta, hanyalah detil sampai foto
mobil di jalan.
Lihat kawasan sekitar Monas berikut ini:
http://www.wikimapia.org/#lat= -6.172545& lon=106.8290269& z=18&l=54& m=a&v=2
Sedangkan di Menara Eiffel Perancis Kita sampai bisa melihat orang-orang
'berjalan'
http://www.wikimapia.org/#lat= 48.8582449& lon=2.2947599& z=20&l=54& m=a&v=2&search= eiffel%20tower
Sebetulnya Anda dapat membeli ke mereka foto udara yang lebih detail dari
yang Anda lihat di situ.
YangSamaSekaliTidakBermaksudBerikla n
-eka-
2008/10/20 Asis Pattisahusiwa <asisphysic04@gmail.com >
> ....
>
> apakah resolusi foto satelit juga terganggu akibat medan magnetik itu?
> {jika dilihat dari maps.google.com sampai pembesaran tertentu sudah
> tidak dapat diperbesar lagi}.
>
> ...
> --
> Asis Pattisahusiwa
>
> Jurusan Fisika, F. MIPA, Universitas Pattimura - Ambon
>
>
- 5a.
-
Re: Regulator Catu Daya
Posted by: "Eka Subyantara" eka.subyantara@widyatama.ac.id eka_subyantara
Tue Oct 21, 2008 3:13 am (PDT)
Singkatnya:
Regulator catu daya adalah rangkaian khusus pengatur tegangan keluaran
sebuah catu daya,
agar diperoleh tegangan yang konstan, sekalipun pada keluarannya ditarik
arus berbeda-beda.
Tanpa regulator, maka tegangan keluaran (tegangan jepit) akan menurun bila
ditarik arus yang cukup besar.
Secara teoritis regulator tersebut ada untuk sumber AC, namun pada umumnya
kita mengenal regulator untuk tegangan DC.
SemogaAdaYangLebihMampuMenjelaskanL ebihBaikDariSaya .
-eka-
2008/10/20 fach_xz <fach_xz@yahoo.co.id >
> Teman2 sekalian,ada yang punya file atau alamat website tentang
> regulator catu daya?menurut kalian apa yang dimaksud regulator catu
> daya terus bagaimana sistem kerjanya?
> Terima Kasih
>
>
- 6.
-
Guest Lecture on Wireless Systems for Disaster Monitoring, Karawaci,
Posted by: "Henri" henripu@gmail.com henripu
Tue Oct 21, 2008 6:21 am (PDT)
Rekan-rekan yth,
Mohon numpang penyebaran informasi guest lecture mengenai Wireless
Systems for Disaster Monitoring and the Quality of
Service of SMS.
Terima kasih.
salam,
Henri
--------------------- --------- --------- --------- --------- -
Guest Lecture on Wireless Systems for Disaster Monitoring
The graduate and the undergraduate program in Electrical Engineering,
University of Pelita Harapan in collaboration with IEEE Indonesian
Section would like to invite you for the following guest lecture
session:
Topic : Wireless Systems for Disaster Monitoring and the Quality of
Service of SMS
Guest Lecturer : Prof. Dr. Gregory Tangonan
Director, Ateneo Innovation Center
Professor, Ateneo de Manlia University
Date/Time : Friday, 24 October 2008, 16:00 WIB 17:00 WIB
Venue : UPH Karawaci Campus, D-Building
This guest lecture session is open and free for public. For further
information, please contact henri.uranus@uph.edu or
ihan_martoyo@uph.edu .
Note:
Prior to the guest lecture session we will also co-organize the IEEE
ASEAN Workshop and Symposium on Higher Education in Engineering and
Technology (HEET). For further information on the workshop and
symposium, please check http://ee.fti.uph.ac.id.
Abstract
Wireless Systems for Disaster Monitoring and the Quality of Service of SMS
Prof. Dr. Gregory Tangonan
Ateneo de Manila University, Philippines
We will describe the development of a rain rate alarm system that is
based on microwave transmission in tropical rain. We have developed
new acoustic sensors to map the rain rate distribution along the path
of the microwave link. We now have designed a rain alarm system that
using existing microwave infrastructure of mobile telecommunications.
We measured the Quality of Service of SMS signaling in the
Philippines, often called the texting capital of the world. We will
report some very surprising results for the number of messages that
get lost.
Who is the lecturer?
Prof. Greg Tangonan has 32 years of R&D experience with Hughes
Research Laboratories (HRL). He has 49 U.S. patents and has published
over 100 papers in the fields of fiber optics, integrated optics,
wireless communications, smart antenna systems, RF MEMS and laser
communications. He has twice won the prestigious R&D 100 Award. After
retiring from HRL Laboratories, he co-founded Wireless MEMS, Inc., a
start-up company based in Westlake, California that is developing
Silicon based RF MEMS switches for improved antenna performance and
multi-band access. Greg Tangonan joined Ateneo de Manila University as
a Professor in the School of Science and Engineering. He is the
Director of the newly formed Ateneo Innovation Center - which is
formed to provide the interface for industry and investors to interact
with the multi-disciplinary research efforts of the Ateneo Innovation
Center.
- 7.
-
Siaran Pers CERN tentang insiden 19 September 2008
Posted by: "Haryo Sumowidagdo" haryo@fnal.gov haryo_fnal
Tue Oct 21, 2008 2:12 pm (PDT)
Kamis minggu lalu (16 Oktobe 2008), CERN mengeluarkan siaran pers
tentang kronologi insiden tanggal 19 September 2008 yang mengakibatkan
kerusakan pada salah satu dari delapan sektor akselerator LHC.
http://press.web.cern. ch/press/ PressReleases/ Releases2008/ PR14.08E. html
(keterangan lebih detil)
https://edms.cern.ch/file/ 973073/1/ Report_on_ 080919_incident_ at_LHC__2_ .pdf
Siaran pers ini menarik karena mendiskusikan dengan detail masalah
keteknikan (engineering aspect) dari pengoperasian LHC. Aspek-aspek
yang dibahas: mechanical engineering, electrical/power system
engineering, thermal engineering/cryogenics, safety engineering etc.
Menurut saya, kasus CERN ini sangat bagus kalau dijadikan materi
kuliah/diskusi/makalah untuk program studi Teknik yang terkait.
Jarang-jarang ada kasus studi (case study) yang cakupannya (scope)
sebesar dan seglobal CERN/LHC.
---
Haryo Sumowidagdo
"Gossips travel faster than the speed of light !"
D0 Experiment, Mail Stop 352 TEL: +1 +630 840 8384
Fermi National Accelerator Laboratory FAX: +1 +630 840 8886
Kirk Road & Pine Street haryo@fnal.gov
Batavia, IL 60510-0500 www-d0.fnal.gov/~haryo
USA
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
===============================================================
** Arsip : http://members.tripod.com/~fisika/
** Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
<fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================
** Arsip : http://members.tripod.com/~fisika/
** Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
<fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar