Jumat, 23 Oktober 2009

[FISIKA] Digest Number 2884

Milis Fisika Indonesia (MFI)

Messages In This Digest (5 Messages)

Messages

1a.

Re: kelakuan benda dan perbedaan dimensi

Posted by: "Chi Yang" orichalc_of_moon@yahoo.com   orichalc_of_moon

Thu Oct 22, 2009 3:03 pm (PDT)



> Hanya sekedar penasaran.....
>
> apakah ada perbedaan kelakuan/interaksi atau apa sajalah dari suatu
> benda ketika dia berpindah dari dimensi yang lebih rendah ke
> dimensi yang lebih tinggi atau sebaliknya?

Ada, salah satunya adalah gravitasi. Di ruang berdimensi 3, gaya gravitasi berbanding terbalik dengan pangkat dua jarak antar dua benda. Dalam ruang berdimensi 4, gaya gravitasi akan berbanding terbalik dengan pangkat tiga jarak antar dua benda.

http://orinetz.com/blog/viewblogentry.php?specific=SS0VPLBBGV1GHHUA7F8SGD8N0

Di dalam buku "The Brief History of Time", ini adalah salah satu argumen yang dipakai secara anthropic untuk menjelaskan mengapa kita hidup di dalam ruang 3-dimensi.

Di dalam ruang 4 dimensi, struktur sistem planet yang memiliki lebih dari dua anggota atau orbit ellips, tidak akan stabil.

Fendy

> Asis Pattisahusiwa
>
> Learn, Try, and be a Master
>

2.

Tugas Akhir

Posted by: "Zakiul Fuady" elzacky88@gmail.com   zakiulfuady

Thu Oct 22, 2009 10:28 pm (PDT)



salam

saya mahasiswa semester akhir FMIPA jurusan fisika.

mohon bantuan ide untuk pengajuan judul Tugas Akhir saya yang
berkenaan dengan panel akustik dari bulu ijuk untuk jadi sebuah panel
yang siap dipasarkan untuk masyarakat.

trims

3.

Seperti Inikah Matematika yang Menyenangkan?

Posted by: "saleh w siregar" saleh_mesin@yahoo.com

Thu Oct 22, 2009 10:28 pm (PDT)



AKARTA, KOMPAS.com — Banyak cara membuat Matematika
menjadi pelajaran yang mudah dan menyenangkan. Dari yang tradisional
menggunakan batang lidi, sampai yang mutakhir ala Glenn Doman. Kuncinya
cuma kreativitas.

Penuturan Djomon Bapila, Kepala SD 008
Kalampising, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, ini misalnya. Djomon
mengaku, dia mewajibkan para siswa kelas I untuk membawa batang-batang
lidi ke sekolah.

"Lalu, saya minta mereka mengikatnya dengan
jumlah untuk masing-masing ikat sebanyak 10 lidi. Itulah alat hitung
mereka," ujar Djomon, awal Oktober lalu.

"Sederhana memang,
tetapi hanya itu yang termurah, tercepat, dan termudah untuk diserap
oleh siswa. Dengan lidi-lidi ini, mereka menjadi aktif belajar dan tak
sadar bisa menghitung dengan tangkas," tambahnya.

Lain Djomon,
lain pula Sugimun. Guru Matematika SMPN I Lumbis, Kabupaten Nunukan,
ini punya cara jitu untuk membuat siswanya tertarik dan mudah mengerti
pelajaran Matematika yang ia ajarkan. Salah satunya, Sugimun mengajak
para siswa bermain gaple atau yang lebih akrab disebut domino.

Ya,
"domino Matematika". Sugimun sudah membuktikan bahwa domino tersebut
bisa memudahkan siswa mengenal pelajaran Matematika tentang bilangan
pecahan.

Tak ubahnya bermain domino, setelah kartu pertama
dilempar, kartu berikutnya akan mengikuti. Namun, jika pada domino
sesungguhnya berisi kumpulan atau urutan angka-angka, maka kartu pada
"domino Matematika" berisi berbagai bilangan pecahan.

"Saya
berpikir, apa pun yang ada di sekitar kita, baik itu di lingkungan
rumah maupun sekolah bisa dimanfaatkan. Sederhananya, Matematika itu
tidak rumit dan mudah dimengerti siswa, asalkan gurunya bisa memudahkan
siswa menyerapnya," ujar Sugimun.

"Pernah, waktu pelajaran
tentang bangun bidang, seperti kubus, balok, segitiga, atau kerucut,
saya minta siswa melihat ke semua sisi bangunan (sekolah), mulai dari
dinding sampai atap, ternyata itu lebih mudah dimengerti ketimbang
hanya teori di papan tulis," ujar lulusan Universitas Mulawarman ini.

Glenn Doman
Khusus
anak balita, mereka memerlukan sistem pembelajaran, metode, dan sarana
yang tepat supaya bisa merasa senang dan mudah saat mempelajari
Matematika.

Berangkat dari fungsi otak yang memiliki kemampuan
menyerap informasi yang luar biasa pada seorang anak, Dr Glenn Doman
menunjukkan betapa mudahnya mengajarkan Matematika ke anak balita dan
menjadikan proses belajar tersebut begitu menyenangkan.

Menurut
Irene F Mongkar, seorang praktisi metode Glenn Doman, pada masa tiga
tahun pertama, otak balita mengalami perkembangan yang sangat pesat.
Akibatnya, stimulasi yang diberikan pada masa ini akan merangsang
kecerdasannya.

Pertanyaannya, bagaimana metode ini mampu membuat
pelajaran Matematika menjadi begitu menarik dan menyenangkan buat
anak-anak Anda?

- Tahap Pertama, Perkenalkan Jumlah

Perlihatkan kepada anak, kartu-kartu putih berukuran 28 x 28 cm dengan gambar dot (lingkaran berdiameter 2 cm) berwarna merah, mulai dari kartu berjumlah dot 1 sampai dengan 100.

Untuk
memperkenalkan jumlah, cukup dengan memberikan 5 kartu, dengan sangat
cepat (2 kartu untuk 1 detik) dan diulang maksimum sebanyak 3 kali
sehari.

- Tahap Kedua, Perkenalkan Persamaan

Kembali kita menunjukkan kartu-kartu dot, misalnya dot berjumlah 7, 5, dan 12. Tunjukkan kartu tersebut dengan mengatakan "tujuh ditambah lima sama dengan dua belas".

Berikan
tiga persamaan dalam setiap pengajaran, dan sehari berikan 3 kali
pengajaran. Harus dicatat, setiap persamaan tidak diulang lagi.

- Tahap ketiga, Pemecahan Masalah

Siapkan kartu dot berjumlah 4, 7, 11, dan 16. Lalu, tunjukkan kartu tersebut dengan mengatakan "Empat ditambah tujuh sama dengan 11 atau 16?"

Biarkan
si anak memilih, dan berikan dia cukup waktu berpikir dan menunjukkan
jawabannya. Berikan anak balita kesempatan untuk menggunakan
kemampuannya.

- Tahap keempat, Pengenalan Angka

Pengenalan
ini prinsipnya seperti pada tahap 1. Adapun pada tahap kelima,
perkenalkan persamaan dengan angka yang ditulis dalam karton panjang
berukuran 10 x 50 cm, dengan berbagai jenis persamaan, misalnya 7 + 1 +
11 – 5 + 2 – 4.

Dengan cara yang sederhana, waktu yang singkat,
sikap gembira dan menyenangkan, kita dapat mengenalkan Matematika
kepada anak balita. Dengan begitu, anak balita akan mulai menyenangi
Matematika.

"Coba Yahoo! Mail baru yang LEBIH CEPAT. Rasakan bedanya sekarang!
http://id.mail.yahoo.com"
4.

fisika lebih mudah

Posted by: "ARMAN" abu_muadz05@yahoo.co.id   abu_muadz05

Fri Oct 23, 2009 3:41 am (PDT)



bagaimana mengajar fisika pada siswa agar kelihatan lebih mudah dan cepat dimengerti.........

Akses email lebih cepat. Yahoo! menyarankan Anda meng-upgrade browser ke Internet Explorer 8 baru yang dioptimalkan untuk Yahoo! Dapatkan di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer
5.

Masa Depan Teknologi Virtual untuk Pendidikan

Posted by: "Firman" firmanjul@yahoo.com   firmanjul

Fri Oct 23, 2009 3:41 am (PDT)



Perkembangan terknologi Internet sudah sedemikian pesat. Di bidang pendidikan, internet sudah menjadi media penting untuk berbagi ilmu pengetahuan. Tren pembelajaran virtual sudah semakin menggejala. Akankah kita tertinggal, sementara masa depan teknologi virtual harus kita songsong? Seberapa penting pembelajaran online untuk pelajar kita? Bagaimana tren teknologi ini akan kita hadapi? Luangkan waktu untuk berbincang dengan pakarnya…

Talkshow:
"Pembelajaran Online Interaktif untuk Pendidikan Anak;
Teori, Prediksi & Panduan Praktis"

Materi & Pembicara:

1. Manfaat Pembelajaran Interaktif untuk Pendidikan Anak bersama Dr. Deni Darmawan, S.Pd.,M.Si (Dosen UPI, Konsentrasi TIK, Fak. Ilmu Pendidikan)

2. Meneropong Masa Depan Pembelajaran Interaktif & Manfaatnya untuk Pendidikan bersama Dr. Ir. Ary Setijadi Prihatmanto (Dosen STEI-ITB & Pengelola Magister Teknik Elektro ITB; Teknologi Media Digital & Game)

3. Pengalaman Belajar Online untuk Menunjang Prestasi, bersama Fauzi Maulana H., Nauvaldie A., & Adrian P.M. (Juara Kontes Robotik Asean-siswa SMP Salman Alfarisi)

4. Mengenal Kiprah Indismart dalam Memajukan Pendidikan bersama Firman Juliansyah, S.S (Pemerhati TIK untuk Pendidikan)

Waktu & Tempat:
Sabtu, 7 November 2009, pukul 09.00-12.00 WIB di Hotel Poster, Jl PHH Mustofa No 33A-35, Suci, Bandung 40124

Investasi:
Rp 150.000.- per orang. (Fasilitas: snackbox, buklet, id card, makalah, sertifikat, doorprize, hiburan)
Diskon Rp 50.000 bagi pendaftar di bulan Oktober 2009 dan Rp 25.000 bagi pendaftar 1-5 November. Tersedia pula diskon 15% untuk peserta pendaftar Indismart di lokasi acara.

Informasi & pendaftaran di:
W: www.indi-smart.com
E : helpdesk@indi-smart.com
T : 022 2503761
F : 022 2508155,
N.R.: 2830445831 BCA Ujung Berung, a.n. Firman Juliansyah

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

Celebrity kids

and families

Surviving in

the spotlight

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: