Rabu, 28 Maret 2012

[daarut-tauhiid] Persaudaraan karena Allah

 


PERSAUDARAAN AMAL KARENA ALLAH...

Ia adalah persaudaraan aqidah yang manifestasinya cukup dalam kelompok kecil (fi'ah qalilah) yang diwariskannya melalui ta'lim kepada generasi pelanjut yang terus menghidupkannya(Fi'ah qalilah berarti "kaum yang sedikit", adalah sebuah istilah dari al-Qur'an dan hadits, mereka adalah kaum salaf, generasi Islam pertama yang terdiri dari para shahabat Nabi saw, jumlah mereka sedikit tetapi mereka kuat menegakkan agama Allah Ta'ala...).
Ia adalah persaudaraan amal yang mengabaikan warna kulit dan kebangsaan. Ia melebur para aktivis sehingga menghilangkan cirikhas mereka, kemudian menjadi "batangan" yang menjawab pengetoknya dengan satu gema sejenis:
"Apabila persaudaraan palsu mereka hancur, maka kami tetap bergerak maju dalam persaudaraan abadi. Apabila air persaudaraan mereka bermacam-macam. Maka air persaudaraan kami tetap jernih, berasal dari satu awan. Atau jika perbedaan nasab kami beragam, maka amal juang kami, akan jadi pemersatu, kami menganggapnya sebagai ayah..."
Persaudaraan, soliditas dan amal adalah denyut nadi yang menunjukkan adanya harapan kehidupan. Atau nyanyian yang menghibur kafilah yang sedang bergerak menuju fajar baru. Siapa yang menyadari jasa para penyanyi penggiring kafilah dan suka mendengarkan denyut jantungnya, maka ia akan merasakan kehidupan tetap berlangsung di saat jasad tak bergerak. Memang ia merasa tak nyaman oleh gangguan dan guncangan.
Sejauh mana seseorang dapat memahami arti UKHUWAH dan hal-hal yang dapat omewujudkannya berupa fiqih ketaatan yang tinggi, maka sejauh itu pula ia akan menghadapi gangguan dan hal-hal yang dapat menimbulkan perpecahan. Orang yang menghadapi kedua hal tersebut akan mendapatkan bagiannya sesuai kesiapannya. Orang yang mulia akan mencapai derajat yang tinggi, sedangkan orang yang bingung akan kehilangan derajat tersebut..

www.salmanmedia.com

Sent from [www.salmanmedia.com]

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
.

__,_._,___

Tidak ada komentar: