Senin, 19 Maret 2012

[FISIKA] Digest Number 3383

Messages In This Digest (3 Messages)

1.
Bls: Bls: [FISIKA] Re: Bantu problem elektronika From: Rifky Reynaldo
2a.
Re: Bls: [FISIKA] Re: Bantu problem elektronika From: brechoman
3.
Laporan From: Hari Taqwan Santoso

Messages

1.

Bls: Bls: [FISIKA] Re: Bantu problem elektronika

Posted by: "Rifky Reynaldo" rifkyreynaldo@yahoo.com   rifkyreynaldo

Mon Mar 19, 2012 2:09 am (PDT)



maaf mas zaenal, ini sekalian balas postingan mas yang sebelumnya, arus yang dihasilkan di aki memang DC, tapi kita kan bisa gunakan IC osilator seperti ne 555, induktor akan menginduksi jika ada arus yang mengalir padanya berubah2 setiap detik. dengan gelombang pulsa yang dihasilkan IC osilator, dan kita set frequencynya dengan tepat saya rasa pasti bisa sebuah trafo menaikan tegangan atau menurunkan tegangan aki tersebut. sama halnya kaya ignition coil mas, coba aja di cek referensi tentang hal tersebut. nah sebenarnya saya juga awalnya sudah punya ide itu dari lama, saya naikan tegangan akinya dengan output arus rendah lalu saya lakukan lagi dengan output tegangan rendah dan arus tinggi, tetapi permasalahanya modal yang dikeluarkan untuk itu semua tidaklah murah. saya sampai saat ini masih mencari cara alternatif bagaimana cara mendapatkan arus tinggi dengan sumber tegangan dari aki mobil atau motor biasa mas. katanya raket pemati nyamuk itu bisa jadi
solusi, kalau menurut saya ga mungkin tegangan diraket itu tinggi, toh sumbernya hanya rechargeable baterai kan. kalau memang tegangan diraket tersebut tinggi seharusnya ada trafo step up disana, tetapi berhubung bentuknya yang kecil, saya rasa impossible ada trafo step up didalamnya. terimakasih  

________________________________
Dari: Zaenal Arief <zaenal@pudak.com>
Kepada: "fisika_indonesia@yahoogroups.com" <fisika_indonesia@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 16 Maret 2012 12:48
Judul: Re: Bls: [FISIKA] Re: Bantu problem elektronika

----- Pesan yang Diteruskan -----

fisika_indonesia@yahoogroups.com is not on your Guest List | Approve sender | Approve domain | Approve fisika_indonesia@yahoogroups.com

 
Wah kayaknya ada sedikit salah pemahaman pak rifky, kalo raket nyamuk itu tegangan tinggi tapi arus rendah, jadi saat ada nyamuk, terjadi loncatan listrik, kalo kena badan kita berasa karena tegangannya tinggi 

Kalo mesin las itu tegangannya rendah tapi arusnya tinggi, karakteristiknya lain, kalo di konsletkan atau hub pendek yg terjasi adalah panas tinggi di ujung kontak,karena arusnya tinggi sedangkan tegangannya gak kerasa karena rendah 

Jadi beda sekali, kalo mau pas harus kasih tau kira kira karakteristik mana yg diperlukan 

Zaenal 

Sent from my iPad 2

On Mar 15, 2012, at 6:00 PM, Rifky Reynaldo <rifkyreynaldo@yahoo.com> wrote:

oh ya benar juga mas, saya baru sadar, saya padahal  saya sering pakai alat buat matiin nyamuk itu, saya juga suka perhatiin kalau kawat diraket nyamuk itu tepat sasaran ke nyamuknya, maka akan keluar percikan yang setara halnya kaya elektroda las kan. mas kira2 tau ga berapa itu besar arusnya? saya sebenarnya ada project dan ini mungkin si kata saya project skala besar mas, tapi ilmu elektronika saya ga begitu banyak, saya kan mahasiswa fisika, jadi cabang2 ilmu teknik yang cuma dipelajari setengah2 aja ga sampai dalam. nah maka dari itu kalau di milis ini ada yang bersedia join riset sama saya, saya bersedia sekali, tentunya saya butuh orang yang paham banget elektronika analog maupun digital hehehe, terimakasih jawabanya ya mas supri adi :)
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Elit Supriman <elit_supriman@yahoo.com>
>Kepada: "fisika_indonesia@yahoogroups.com" <fisika_indonesia@yahoogroups.com>
>Dikirim: Kamis, 15 Maret 2012 16:53
>Judul: Bls: [FISIKA] Re: Bantu problem elektronika
>
>----- Pesan yang Diteruskan -----
>
>
> fisika_indonesia@yahoogroups.com is not on your Guest List | Approve sender | Approve domain | Approve fisika_indonesia@yahoogroups.com
>
>Bisa menggunakan rangkaian seperti Raket nyamuk... Tapi itu bentuknya pulsa kejut (arusnya kan tinggi jg) .
>

>...
>Supri Adi
>SAP/ABAP Consultant
>http://supriman.wordpress.com/
>
>
>________________________________
> Dari: "Tri.Setyanto@ytljt.com" <Tri.Setyanto@ytljt.com>
>Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
>Dikirim: Kamis, 15 Maret 2012 8:42
>Judul: Re: [FISIKA] Re: Bantu problem elektronika
>
>

>
>arus tinggi bisa dihasilkan dari "resistansi"
yang rendah..
>aki kalau di short kan bisa jadi mesin
las.. pernah nyoba?? ayo cobain.. tapi siapkan banyak aki, kalau gk ada
pembatas arusnya (Fuse) bisa jebol akinya.
>
>moga mbantu..
>
>
>
>"Handy" <handymos@yahoo.com>
>Sent by: fisika_indonesia@yahoogroups.com
>03/14/2012 07:08 PM
>Please respond to
>fisika_indonesia@yahoogroups.com
> To fisika_indonesia@yahoogroups.com
>cc
>
>Subject [FISIKA] Re: Bantu problem elektronika
>
>
>
>
>
>
>

>mudah2an bisa m'bantu,
>arus tinggi kan dihasilkan dari tegangan/ beda potensial tinggi. mungkin
trafo step-up might help generate high potential coz I=V/R
>
>--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com,
Rifky Reynaldo <rifkyreynaldo@...> wrote:
>>
>> temen temen semua di milis ini saya minta bantuannya dong, saya lagi
kebingungan nih pengen bikin rangkaian listrik yang bisa menghasilkan keluaran
arus tinggi tapi sumber tegangan rangkain tersebut dari aki, kira kira
hal tersebut mungkin ga sih?
>>
>
>
><mime-attachment.gif><mime-attachment.gif>
>
>
>
>
2a.

Re: Bls: [FISIKA] Re: Bantu problem elektronika

Posted by: "brechoman" brechoman@gmail.com   brecho2003

Mon Mar 19, 2012 2:10 am (PDT)



Menggunakan aki mobil langsung bisa sampai 100 Ampere lebih.
Alat las DC biasanya sekitar 40 V/ 120 Amp. Dengan prinsip alat las itu, dapat diperoleh arus sangat besar. Lengkapnya dapat dilihat di-link berikut:

http://www.lcool.org/technical/80_series/bat_weld/battery_welding.html

http://www.instructables.com/id/Golfcart--Welder/

Tegangan besar dimaksudkan untuk penetrasi material las, sedangkan besar energi yang dihasilkan tergantung arus listrik. Las DC tidak dapat menyengat tubuh manusia karena resistansi dalam tubuh manusia lebih besar, sehingga tidak ada arus mengalir melewati tubuh. Tetapi ketika melewati metal yang resistansinya rendah, arus listrik akan membanjir "burst out" dimana arus maksimum keluar ditentukan tahanan dalam baterai/aki.

Model alat las DC dapat dijadikan contoh awal yang dapat dikebangkan sesuai keperluan.

Salam,
Brechoman

Thursday, March 15, 2012, 6:00:46 PM, you wrote:

Rifky> oh ya benar juga mas, saya baru sadar, saya padahal saya
Rifky> sering pakai alat buat matiin nyamuk itu, saya juga suka
Rifky> perhatiin kalau kawat diraket nyamuk itu tepat sasaran ke
Rifky> nyamuknya, maka akan keluar percikan yang setara halnya kaya
Rifky> elektroda las kan. mas kira2 tau ga berapa itu besar arusnya?
Rifky> saya sebenarnya ada project dan ini mungkin si kata saya
Rifky> project skala besar mas, tapi ilmu elektronika saya ga begitu
Rifky> banyak, saya kan mahasiswa fisika, jadi cabang2 ilmu teknik
Rifky> yang cuma dipelajari setengah2 aja ga sampai dalam. nah maka
Rifky> dari itu kalau di milis ini ada yang bersedia join riset sama
Rifky> saya, saya bersedia sekali, tentunya saya butuh orang yang
Rifky> paham banget elektronika analog maupun digital hehehe,
Rifky> terimakasih jawabanya ya mas supri adi

Rifky> Dari: Elit Supriman <elit_supriman@yahoo.com>
Rifky> Kepada: "fisika_indonesia@yahoogroups.com"
Rifky> <fisika_indonesia@yahoogroups.com>
Rifky> Dikirim: Kamis, 15 Maret 2012 16:53
Rifky> Judul: Bls: [FISIKA] Re: Bantu problem elektronika

Rifky> ----- Pesan yang Diteruskan -----

Rifky> fisika_indonesia@yahoogroups.com is not on your Guest List
Rifky> | Approve sender | Approve domain | Approve
Rifky> fisika_indonesia@yahoogroups.com

Rifky> Bisa menggunakan rangkaian seperti Raket nyamuk... Tapi itu
Rifky> bentuknya pulsa kejut (arusnya kan tinggi jg) .
Rifky>
Rifky> ...
Rifky> Supri Adi
Rifky> SAP/ABAP Consultant
Rifky> http://supriman.wordpress.com/
Rifky> Dari: "Tri.Setyanto@ytljt.com" <Tri.Setyanto@ytljt.com>
Rifky> Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Rifky> Dikirim: Kamis, 15 Maret 2012 8:42
Rifky> Judul: Re: [FISIKA] Re: Bantu problem elektronika

Rifky>

Rifky> arus tinggi bisa dihasilkan dari "resistansi" yang rendah..
Rifky> aki kalau di short kan bisa jadi mesin las.. pernah nyoba??
Rifky> ayo cobain.. tapi siapkan banyak aki, kalau gk ada pembatas
Rifky> arusnya (Fuse) bisa jebol akinya.

Rifky> moga mbantu..

Rifky> "Handy" <handymos@yahoo.com>
Rifky> Sent by: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Rifky> 03/14/2012 07:08 PM
Rifky> Please respond to
Rifky> fisika_indonesia@yahoogroups.com

Rifky> To
Rifky> fisika_indonesia@yahoogroups.com
Rifky> cc
Rifky> Subject
Rifky> [FISIKA] Re: Bantu problem elektronika

Rifky>
Rifky> mudah2an bisa m'bantu,
Rifky> arus tinggi kan dihasilkan dari tegangan/ beda potensial
Rifky> tinggi. mungkin trafo step-up might help generate high potential coz I=V/R

Rifky> --- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, Rifky Reynaldo <rifkyreynaldo@...> wrote:

>> temen temen semua di milis ini saya minta bantuannya dong, saya lagi kebingungan nih pengen bikin rangkaian listrik yang bisa menghasilkan keluaran arus tinggi tapi sumber tegangan rangkain tersebut dari aki, kira kira hal tersebut mungkin ga sih?

Rifky>

--
Best regards,
brechoman mailto:brechoman@gmail.com

3.

Laporan

Posted by: "Hari Taqwan Santoso" tenso_hatori@yahoo.co.id   tenso_hatori

Mon Mar 19, 2012 2:10 am (PDT)



Selamat sore fisikawan Indonesia...
Ada yang punya soft file laporan fisika dasar apa tidak ya? Judulnya boleh sebarang. Saya ingin mencontoh gaya penulisannya saja.
Kalau ada yang punya, tolong kirim ke email saya.
terima kasih
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Tips for family,

kids and living

Yahoo! Groups

Small Business Group

Own a business?

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: