Rabu, 15 Juli 2009

[daarut-tauhiid] Baca Yuk!

 

Baca Yuk!

By: agussyafii

Setiap malam ketika anak-anak Amalia belajar mengaji Hana selalu memegang buku, terdengar teriakannya 'Ayah.. Baca Yuk!' Hana terus duduk dipangkuan saya dan saya membacakan buku yang dipegang oleh Hana. Buku favorit Hana Kisah Teladan 25 Rasul karena bukunya  ada gambarnya.

Saya memang suka membawakan Hana buku cerita bergambar, Kisah Rasul, Teladan Sahabat, juga buku cerita lainnya. Biasanya saya suka mendongeng untuk anak-anak Amalia. Mendongengnya terkadang saya membacakan melalui buku. Anak-anak Amalia suka sekali mendengarkannya. Apalagi Hana suka terlihat kegembiraannya dengan berbagai kisah.

Virus cinta membaca justru pertama kali ditebarkan oleh Nabi Muhamad SAW dengan wahyu pertamanya yang berbunyi, Iqra' Bacalah. Virus membaca patutlah menjadi bagian budaya ditengah masyarakat. Saya selalu menugaskan kepada anak-anak Amalia untuk membaca buku-buku diperpustakaan.  Minat membaca dibentuk dari lingkungan keluarga dan lingkungan belajar.

virus cinta membaca patutlah kita sebarkan untuk anak-anak agar mereka suka membaca. Itulah sebabnya di Rumah Amalia, anak-anak menjadi kecanduan membaca sekaligus dilatih untuk menulis. Membaca dan menulis bagaikan dua keping sisi mata uang yang tak terpisahkan. Dengan anak-anak banyak membaca berarti juga mereka bisa menuangkan dalam bentuk satu tulisan. Lantas kapan yang tepat orang tua menebarkan virus cinta membaca pada anak?

Selayaknya orang tua membiasakan diri untuk membacakan cerita sejak dini. Begitu anak kita lahir, bahkan ketika masih bayi di dalam kandungan. Itu karena cara kita untuk belajar membaca ada dua yaitu melalui mata dan telinga. Nah, melalui telinga ini bisa dimulai dengan membacakan cerita ketika anak di dalam kandungan. Tujuannya bukan untuk anak bisa membaca tapi untuk memperdengarkan suara kedua orang tuanya karena ini merupakan cara yang ampuh untuk menenangkan anak. Mari tebarkan virus cinta membaca untuk anak-anak kita, seperti teriakan Hana, 'Ayah..Baca Yuk!'

Wassalam,
agussyafii

--
Tulisan ini dalam rangka kampanye program 'Peduli Kasih Amalia (PKA)' Senin, tanggal 20 Juli 2009, di Rumah Amalia. Silahkan bagi teman2 yang berkenan mewaqafkan buku2, Majalah, Komik, Novel, Cerpen,Kaset VCD, CD, DVD ( ISLAMI),IPTEK,buku Pelajaran, peralatan sekolah, baju layak pakai untuk Program kegiatan Peduli Kasih Amalia (PKA). kirimkan ke Rumah Amalia,Jl. Subagyo Blok ii 1, no.23 Komplek Peruri, RT 001 RW 09, Sudimara Timur, Ciledug. TNG. . Mari dukung pada program 'Peduli Kasih Amalia (PKA)' melalui http://agussyafii.blogspot.com, http://www.facebook.com/agussyafii atau sms 087 8777 12431

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: