Sabtu, 18 Juli 2009

[dapurbunda] Digest Number 4110

Messages In This Digest (1 Message)

1a.
Re: Bahan kue yang halal From: Elly Tjan

Message

1a.

Re: Bahan kue yang halal

Posted by: "Elly Tjan" elly_tjan@yahoo.ca   elly_tjan

Fri Jul 17, 2009 6:43 pm (PDT)



Dear Rina,

Benar menurut pendapat Rina bahwa CTT adalah hasil residue pembuatan wine.  Sedangkan wine yang mengandung alcohol adalah tidak halal. 

Pengganti cream of tartar adalah 1/8 sdt Ctt untuk menstabilkan putih telor  = ¼ sdt lemon juice atau cuka putih.  Jangan lupa cuka atau air jeruk adalah rasa kecut, perlu penambahan gula.  Apabila Cream of tartar dipakai  bersama dengan baking soda didalam resep, campuran tersebut  bekerjanya sebagai double- acting baking soda. 
Tetapi hasil cake ada perbedaanya antara  penggunaan CTT dan air jeruk nipis.  Yang memakai CTT lembut dan tidak menciut, sedangkan memakai jeruk bisa texturenya kasar dan menciut. 
Ada bahan yang dianggap kosher, apakah sama dengan halal?  Saya kurang tau yaitu glicerol resin bukan CTT, aslnya dari batu yang terdapat didalam bejana untuk pembuat wine.
Semoga bermanfaat,
Elly T.

________________________________
From: Rina Sofiany rina.rinso@gmail.com

kalau cream of tartar kebanyakan memang tidak halal karena dibuat dari sisa sedimentasi fermentasi anggur/wine. Secara wine itu haram jadi sisany jatuhnya juga haram. tapi aku pernah baca di salah satu situs (lupa euy gak mencatat) ada cream of tartar yg tidak dibaut dari sedimentasi proses fermentasi anggur.
tapi kalau menurutku untuk lebih amannya mendingan gak usah pakai. ctt yg merupakan garam asam bisa digantikan dengan jeruk nipis atau cuka untuk memberi suasana asam. cmiiw. tante Elly ada di sini gak ya...?? kalau ada tolong sharing ttg pengganti Cream of tartar dong tante...

rina rinso

--- In dapurbunda@yahoogro ups.com, rheea aja <rheea_aja@. ..> wrote:
>
>
>
>
>
> Dear Bunda,
>
> Mo tanya dong, kalo bahan-bahan kue seperti Ovalet/TBM/SP, Cream of tartar yang ada label halalnya yang merk apa yaa? Soalnya setelah saya baca-baca jadi ragu kalo beli yang gak ada label halalnya..
>
> Tks
>

__________________________________________________________
Make your browsing faster, safer, and easier with the new Internet Explorer® 8. Optimized for Yahoo! Get it Now for Free! at http://downloads.yahoo.com/ca/internetexplorer/
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Small Business Group

A community for

small business owners

Y! Messenger

Want a quick chat?

Chat over IM with

group members.

Yahoo! Groups

Mom Power

Find wholesome recipes

and more. Go Moms Go!

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Kunjungi situs kami di http://www.dapurbunda.com

Ingat-ingat... hari jualan adalah hari SENIN
jualan harus berkaitan dengan per-dapuran.

Tidak ada komentar: