Kamis, 26 November 2009

[dapurbunda] Digest Number 4216

Messages In This Digest (6 Messages)

Messages

1a.

Re: Tanya ttg Cake Tape Keju

Posted by: "novia novia" alfie_not@yahoo.com   alfie_not

Wed Nov 25, 2009 3:26 pm (PST)



sharing saja yah.
saya termasuk sering banget bikin cake tape keju ini sebab bahannya mudah didapat dan pada dasarnya saya suka tape singkong. kalau buat saya paling mudah cake tape dibuat dengan cara buttercake. yang resepnya margarin dan gula halus dulu dikocok. selain mudah juga cepat. kalau mau lebih lembut hasil kuenya, pisahkan kuning dan putih telurnya. plus mudah ditambah variasi lain misalnya chocolate chips, fruit mix, parutan keju (tidak hanya untuk taburan), dan sebagainya.
kalau dibuat dengan cara sponge cake, suka error pas masukin tapenya. pernah juga siy bikin begitu. tapenya diblender dulu dengan santan atau susu. sayang saya sudah lupa dimana resep yang model begitu. di majalah sedap 2 edisi yang lalu yang edisi bolu populer sederhana seingat saya ada resep cake tape yang sponge cake.
 
happy baking,
novia
http://ulangtahunanakku.blogspot.com
 
 
 

1b.

Re: Tanya ttg Cake Tape Keju

Posted by: "absaralita@gmail.com" absaralita@gmail.com

Wed Nov 25, 2009 6:06 pm (PST)



Mbak ...aku coba bantu ya...kalo aku biasanya yg pertama kali dikocok telur,gula dan ovalet,setelah mengembang baru aku masukkan terigu ,lalu mentega disusul tape.....
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: wiwied18@yahoo.com
Date: Tue, 24 Nov 2009 16:23:11
To: <dapurbunda@yahoogroups.com>
Subject: [dapurbunda] Tanya ttg Cake Tape Keju

Dear Bunda,

Malem ini aku ceritanya coba2 buat cake tape pake keju parut diatasnya, resepnya hasil googling & dpt dr resep di femina.
Trus krn aku cuma punya loyang yg ukuran 21cm, sisa adonannya aku masukin di cetakan2 cupcake & mini pai.
Rasanya kalo kata suamiku sih enak, lembut & rasanya pas. Tapi kok aku agak2 kurang puas ya?
Masalahnya adalah, pas dikeluarin dr oven, kuenya yg tadinya mumbul bagus trus jadi agak kempes. Kira2 knp ya?
Sebenernya klw bkn cake itu, yg dikocok pertama kali yg mana? Apa telur sama gula trus baru dimasukin mentega cair? Atw mentega sama gula dulu baru telurnya satu2?
Mohon advisenya bunda.... Pliiissss...

Thx a lot ya

Cheers,
Wiwied
Powered by Telkomsel BlackBerry®

------------------------------------

Yahoo! Groups Links

1c.

Re: Tanya ttg Cake Tape Keju

Posted by: "wiwied18@yahoo.com" wiwied18@yahoo.com   wiwied18

Wed Nov 25, 2009 6:43 pm (PST)



Thx bgt ya utk teman2ku yg jago masak... Especially to mbak Rina, mbak Novia, mbak Elfi & Mbak Lita....

Insya Allah, aku akan coba praktekin tips2nya...
Dan, berhasil.... Gak bantet, gak turun lagi.... :))

Thx once again...

Have a Nice rainy day then...
Cheers,
Wiwied
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: wiwied18@yahoo.com
Date: Tue, 24 Nov 2009 16:23:11
To: <dapurbunda@yahoogroups.com>
Subject: [dapurbunda] Tanya ttg Cake Tape Keju

Dear Bunda,

Malem ini aku ceritanya coba2 buat cake tape pake keju parut diatasnya, resepnya hasil googling & dpt dr resep di femina.
Trus krn aku cuma punya loyang yg ukuran 21cm, sisa adonannya aku masukin di cetakan2 cupcake & mini pai.
Rasanya kalo kata suamiku sih enak, lembut & rasanya pas. Tapi kok aku agak2 kurang puas ya?
Masalahnya adalah, pas dikeluarin dr oven, kuenya yg tadinya mumbul bagus trus jadi agak kempes. Kira2 knp ya?
Sebenernya klw bkn cake itu, yg dikocok pertama kali yg mana? Apa telur sama gula trus baru dimasukin mentega cair? Atw mentega sama gula dulu baru telurnya satu2?
Mohon advisenya bunda.... Pliiissss...

Thx a lot ya

Cheers,
Wiwied
Powered by Telkomsel BlackBerry®

------------------------------------

Yahoo! Groups Links

2a.

Bls: [dapurbunda] Tanya Resep Sarden bikinan sendiri

Posted by: "i|k|a h|e|n|t|i|h|u" ikafarihah@yahoo.com   ikafarihah

Wed Nov 25, 2009 8:37 pm (PST)



Coba sarden home made, makanan favorit kami di rumah

Bahan :
Potongan tongkol matang siap masak
 
Bumbu :
Haluskan
Bawang putih
Bawang merah
Sepotong kecil jahe
Potongan pala
Sedikit gula merah
Haluskan / blender tersendiri
Tomat merah yang cukup banyaknya
Geprak :
Sepotong laos segar

Cara membuat :
Tumis bumbu yang dihaluskan, masukkan laos. Setelah berbau harum masukkan tomat yang telah diblender halus. Tunggu sampai bumbu mengental masukkan potongan tongkol atau ikan favorit bunda. Tunggu sampai bumbu mengental dan menyusut.
Taburi dengan bawang merah goreng.

--- Pada Sel, 24/11/09, murwita sari <murwita@yahoo.com> menulis:

Dari: murwita sari <murwita@yahoo.com>
Judul: [dapurbunda] Tanya Resep Sarden bikinan sendiri
Kepada: dapurbunda@yahoogroups.com
Tanggal: Selasa, 24 November, 2009, 7:21 PM

 

Dear Bunda,
 
Saya suka sekali mengkonsumsi sarden, namun saat ini saya sedang mengandung jadi takut untuk mengkonsumsi makanan kaleng terlalu sering. Pengen nya bikin sarden sendiri, jadi lebih aman saya konsumsi. Mohon bantuan nya bunda kalo ada yg punya resep nya. Terima kasih
 
regards,
nunik

New Email names for you!

Get the Email name you've always wanted on the new @ymail and @rocketmail.

Hurry before someone else does!

__________________________________________________________
Coba Yahoo! Messenger 10 Beta yang baru. Kini dengan update real-time, panggilan video, dan banyak lagi! Kunjungi http://id.messenger.yahoo.com/
3a.

Re: [resep] Homemade Sardine Resep Sarden bikinan sendiri

Posted by: "setiawatie susanto" setiawatie_susanto@yahoo.com   setiawatie_susanto

Wed Nov 25, 2009 11:54 pm (PST)



Hallo M'Lia,

aku tertarik buat nyoba resepnya M'lia ini, tapi aku rada bingung...maklum pemula:)...
ini pake panci presto seperti press cooker itu bukan?....trus caranya di steam di dalam panci presto ini yah? ikan-nya bukan langsung ditaruh di press cookernya yah?
bisa gak kalo misalnya ikan lgs ditaruh di press cooker aja? tapi airnya rada dibanyakin?soalnya aku mikir kalo cuma 150ml airnya takut gosong yah?
mohon petunjuknya yah...

thx berat
Set

________________________________
From: Lia F. Dewi <mylianov@gmail.com>
To: dapurbunda@yahoogroups.com
Sent: Wed, November 25, 2009 10:59:09 AM
Subject: [dapurbunda] [resep] Homemade Sardine Resep Sarden bikinan sendiri

 
mbak, ini resep andalanku.
alhamdulillah banyak yg cocok dg rasanya.
oh ya kalo pake panci presto bisa dg cara ditim di dalam panci prestonya *soale panciku gede jd mesti pake tim*

cheers,
Lia

Homemade-Sardine- in-Tomato- Sauce Another heritage dari Ibu yang jadi paporit keluarga, dan siapapun yang pernah mencicipi sarden buatan Ibu pasti ga suka lagi dengan sarden kalengan hehehehe... serius!
Yang khas dari sarden buatan Ibu, pake bawang merah+putih goreng yang royal plus margarin sebagai final touch yang bikin sausnya jadi sedapp... Gue lalu coba2 modify resep blio dengan cara presto, rasanya manteubb euyy...!

HOMEMADE SARDEN
Bahan:
500 gr ikan segar jenis sarden/salem/ tongkol/mackerel , bersihkan & potong2 sesue slera (kalo kecil biarin utuh ye..)
2 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
6 butir bawang merah, jadiin bawang goreng
4 siung bawang putih, jadiin bawang putih goreng
5 sdm saus tomat
2 sdm margarin
Saus:
3 buah tomat masak, iris kasar
3 buah cabe merah, buang bijinya & iris kasar
3 siung bawang putih, geprak
3 sdm minyak goreng
2 sdt garam /sesue slera
2 sdm gula pasir /sesue slera
150 ml air matang
Cara:
Buang kepala & isi perut ikan, bersihkan badannya & cuci sampe bersih.
Lumuri ikan dengan air jeruk & garam, diamkan 15 menit di kulkas lalu bilas & tiriskan.
Aduk ikan bersama bawang merah+putih goreng, masukin dalam panci presto, sisihkan.
Saus:
Panasin minyak & tumis bawang putih sampe wangi.
Masukin cabe & tomat, aduk & tumis sampe setengah matang.
Tuangi air, tambahkan garam & gula. Tutup rapat & masak dengan api kecil 3 menit, angkat & dinginkan. Tambahkan saus tomat, aduk rata lalu blender sampe halus.
Penyelesaian:
Tuang saus kedalam panci berisi ikan, tambahkan margarin. Tutup & proses selama 10 menit terhitung dari waktu berdesis (ato 30-40 menit kalo pengen tulangnya sampe empuk, tergantung gedenya ikan).
Matikan api, diamkan 2-3 menit ato sampe pressure-nya habis, buka & sajikan dengan nasi putih hangat. Nyaaam....

- MOM'S VERSION (tanpa presto) -
Yang ini resep aslinya Ibu. Bahan dan komposisi sausnya sama, cuman caranya rada beda dikit & ofkors tulangnya gabisa empuk. Simak yah!
Cara:
Lumuri ikan dengan air jeruk & garam, diamkan 15 menit di kulkas lalu bilas & tiriskan. Goreng setengah matang, sisihkan.
Saus:
- Sama persis dengan resep diatas -
Penyelesaian:
Tuang blenderan saus ke dalam panci (jangan wajan ya), masukin ikan goreng & tambah air lagi sebanyak 100 ml. Masak dengan api kecil sampe kuah menyusut & mengental. Masukin margarin & aduk sampe leleh, angkat.
Taburi bawang merah+putih goreng, sajikan segera.

**Tips:
Kalo gaada ikan yang segar, pake ikan pindang juga gpp. Pilih yang masih baru (mengkilap & juicy), buang kepala & isi perutnya biar ga amis & kotor.

2009/11/25 murwita sari <murwita@yahoo. com>

 
>
>
>Dear Bunda,
>
>Saya suka sekali mengkonsumsi sarden, namun saat ini saya sedang mengandung jadi takut untuk mengkonsumsi makanan kaleng terlalu sering. Pengen nya bikin sarden sendiri, jadi lebih aman saya konsumsi. Mohon bantuan nya bunda kalo ada yg punya resep nya. Terima kasih
>
>regards,
>nunik
>________________________________
New Email names for you!
>Get the Email name you've always wanted on the new @ymail and @rocketmail.
>Hurry before someone else does!

3b.

Re: [resep] Homemade Sardine Resep Sarden bikinan sendiri

Posted by: "Lia F. Dewi" mylianov@gmail.com   lia1974

Thu Nov 26, 2009 12:10 am (PST)



krn di rumah aku adanya presto/presscooker yg ukuran gede *10liter* maka aku
pake cara tim/steam krn yg dimasak ngga banyak. yup.. krn takut gosong, kan
waktu masaknya cukup lama sampe tulangnya empuk.
boleh aja airnya ditambah, nanti kalo proses prestonya udah selesai tinggal
dipanasin lagi di wajan untuk menguapkan kuahnya sampe kental.

anyway, itu khusus kalo pake presto loh ya..

tanpa presto pun tetap sama enaknya.
belakangan aku udah ngga bikin sarden pake presto lagi, karena menurutku
proteinnya jadi overprocessed. jadinya aku beralih pake yg mom's version.

cheers,
Lia

2009/11/26 setiawatie susanto <setiawatie_susanto@yahoo.com>

>
>
> Hallo M'Lia,
>
> aku tertarik buat nyoba resepnya M'lia ini, tapi aku rada bingung...maklum
> pemula:)...
> ini pake panci presto seperti press cooker itu bukan?....trus caranya di
> steam di dalam panci presto ini yah? ikan-nya bukan langsung ditaruh di
> press cookernya yah?
> bisa gak kalo misalnya ikan lgs ditaruh di press cooker aja? tapi airnya
> rada dibanyakin?soalnya aku mikir kalo cuma 150ml airnya takut gosong yah?
> mohon petunjuknya yah...
>
> thx berat
> Set
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Hollywood kids

in the spotlight

Their moms

share secrets

Yahoo! Groups

Small Business Group

A community for

small business owners

Check out the

Y! Groups blog

Stay up to speed

on all things Groups!

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web


Tidak ada komentar: