Rabu, 21 Oktober 2009

[daarut-tauhiid] Integrated Community Shelter (ICS) di Ambung Kapur Segera Diresmikan

 

Anak-anak Sekolah Dasar Negeri 27, VII Koto – Sungai Sarik, terlihat ceria di sekolah baru mereka. Sejak Jum'at  15 Oktober 2009, ratusan siswa SD itu memulai kembali hari belajar mereka setelah gempa berkekuatan 7,9 SR pada 30 September 2009 lalu meluluhlantakkan gedung sekolah mereka. Dani, seorang siswa kelas 4 sekolah tersebut mengaku lebih senang sekolah di tempat yang baru meskipun bukan merupakan bangunan permanen. "Sekolahnya bagus, lebih bagus dari sekolah yang sudah rusak," ujar bocah kecil yang sudah sangat akrab dengan relawan-relawan ACT itu.

Pasca gempa yang mengguncang Sumatera Barat, ACT secara simultan menggerakkan ratusan relawan dengan beragam keahlian. Mulai dari relawan rescue, medis, relief (logistik), dapur umum, trauma healing, sampai relawan untuk program pemulihan. Penanganan bencana harus cepat dan totalitas. Kecapatan relawan rescue mengevakuasi korban harus diimbangi dengan kecepatan tim medis, juga tim relief yang mendistribusikan bantuan ke banyak posko. Kecepatan pula yang ditunjukkan tim pemulihan dengan langsung menetapkan beberapa titik lokasi pemulihan.

Integrated Community Shelter (ICS), merupakan masterpiece program pemulihan pasca bencana yang murni digagas ACT sebagai alternatif terbaik dan tercepat dalam proses pemulihan para korban bencana. Program ICS ini harus digarap secara simultan mengiringi kecepatan tim evakuasi dan distribusi logistik, karena lebih cepat mereka memiliki tempat tinggal yang lebih nyaman dari tenda akan memudahkan beragam program lainnya digulirkan. Disebutkan terpadu (integrated) karena memang program pemulihan yang dilakukan tidak sebatas pemulihan secara fisik yakni pembangunan rumah tinggal. Melainkan program lainnya, antara lain recovery sosial, mental religius, pendidikan dan ekonomi.

Di lokasi ICS, selain tempat tinggal juga dibangun sarana pendidikan, mushola, MCK dan sanitasi, dapur umum, arena bermain anak, sarana olahraga Futsal, perpustakaan dan area publik lainnya. Tidak hanya itu, beragam kegiatan sudah dirancang berbasis kesiapsiagaan bencana seperti pelatihan siaga gempa, dan pemadam kebakaran. Kegiatan religi seperti pengajian khusus kaum bapak dan ibu sudah disiapkan, termasuk TPA untuk anak-anak.

Salah satu lokasi pembangunan ICS terletak di Desa Ambung Kapur, Sungai Sarik, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Terletak di sebuah tanah lapang yang luas tak jauh dari pemukiman warga yang rumahnya hancur akibat gempa, telah dibangun sekitar 120 tempat tinggal, sekolah dasar, mushola, MCK dan lain sebagainya yang menjadi kelengkapan ICS. Direncanakan, mulai Kamis, 22 Oktober 2009 seluruh warga yang sudah ditunjuk oleh Wali Nagari dan para tokoh masyarakat akan mulai menempati shelter tersebut. Sedangkan sekolah dasar sudah beroperasi sejak pekan lalu.

Menurut rencana, ICS di Ambung Kapur, Sungai Sarik itu akan diresmikan pada hari Sabtu, 24 Oktober 2009 yang akan dihadiri oleh sejumlah mitra sinergi ACT serta pejabat daerah. Diharapkan, setelah peresmian satu lokasi ICS ini akan lebih banyak mitra dan komunitas peduli tergerak untuk memberi bantuan yang lebih tepat, yakni bersama-sama dalam satu sinergi membangun lebih banyak ICS di banyak lokasi di Sumatera Barat.

Lokasi kedua yang juga tengah digarap ACT adalah Kampung Palak, Tandikat, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman. Di lokasi ini juga sudah dibangun sekolah dasar enam kelas ditambah satu ruang guru. Puluhan bangunan tempat tinggal juga sudah berdiri, dan seperti halnya di Ambung Kapur, fasilitas dan kelengkapan ICS lainnya pun akan dibangun di lokasi kedua ini.
Inilah yang disebut totalitas dalam penanganan bencana, kecepatan memberikan bantuan secara simultan dan berjangka panjang. Hanya dengan bersinergi semua program penanganan bencana, mulai dari emergensi hingga program pemulihan bisa lebih banyak diperbuat. Terima kasih atas kepercayaan yang  telah diberikan, namun perjalanan masih panjang. Saudara-saudara kita di banyak lokasi bencana masih memerlukan uluran tangan dan seulas senyum kita. semoga. (Gaw)

http://actforhumanity.or.id

Bayu Gawtama
Life-Sharer
http://solifecenter.com
0852 190 68581

Apakah wajar artis ikut Pemilu? Temukan jawabannya di Yahoo! Answers. http://id.answers.yahoo.com

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: