Kamis, 22 Oktober 2009

[daarut-tauhiid] Kalau Jenderal Perang AS di Afghanistan Keceplosan Bicara

 

Kalau Jenderal Perang AS di Afghanistan Keceplosan Bicara

Selasa, 20/10/2009

Dalam sebuah pidatonya di London, Jenderal Stanley MchChystal, komandan pasukan AS di Afghanistan, menggambarkan bagaimana orang-orang selama ini menawarkan berbagai gagasan dan konsep untuk mengentaskan permasalahan Afghanistan. Salah satu rekomendasi yang aneh, datang dari sebuah makalah dengan tema besar "rencana Chaosistan." Artinya apalagi kalau bukan diambil dari Chaos = kekisruhan, dan Istan = Afghanistan.
McChrystal menyebutkan kalau gagasan itu jelas membuat Afghanistan seperti Somalia dengan kekacauan yang diatur dari dalam, namun tak ada penjelasan lebih jauh. Ketika Newsweek dan berbagai media lainnya mendesak dari mana makalah itu berasal, yang didapatkan adalah sebuah pidato pada Oktober 1998 yang berjudul "What is Chaostan [sic]?" yang disampaikan oleh Richard Maybury di konferensi New Orleans.
Maybury memprediksikan bahwa ada 24 perang di "Chaostan"—sebuah wilayah luas yang membentang dari Polandia ke Afrika Utara ke Cina, Vietnam, dan Indonesia—dan khirnya akan bergabung dalam Perang Dunia III. Dari sudut pandang seorang investor, Maybury menulis, ini akan menjadi "senjata bagus untuk saham dan keamanan." Apakah ini apa yang dimaksud oleh McChrystal?
Tampaknya tidak mungkin. Dua pejabat intelijen AS, yang tak mau disebutkan namanya ketika membahas masalah yang sensitif ini, mengatakan bahwa referensi ini hampir pasti berasal dari dokumen dan analisis rahasia CIA yang baru saja diterbitkan, berjudul "Chaosistan" (bukan "Chaostan"). Dokumen ini dipersiapkan oleh sebuah "tim merah" analis CIA. Makalah ini tidak cukup McChrystal usulan kebijakan tersirat itu, mengatakan para pejabat, karena analis intelijen umumnya tidak merekomendasikan pilihan kebijakan.
Setelah Newsweek menunjukkan keberadaan dokumen CIA pada McChrystal, seorang asisten umum McChrystal, mengakui bahwa ia awalnya hanya memberikan informasi berdasarkan pencarian Google, tapi tampaknya sang jenderal menggunakan istilah "used an unclassified term from an official paper" yang menandakan sesuatu yang sangat rahasia.
Sementara itu, juru bicara CIA Paul Gimigliano menolak untuk mengkonfirmasi keberadaan kertas rahasia tersebut. Ia mengatakan: "Salah satu fungsi dari badan-badan intelijen, termasuk CIA, adalah untuk memprovokasi pikiran dengan pandangan yang berlawanan dan skenario alternatif." (sa/newsweek)

Berselancar lebih cepat. Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka browser. Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: