Jumat, 02 Oktober 2009

[daarut-tauhiid] Press Release: PKPU Prioritaskan 7 Golongan untuk Dievakuasi

 


PRESS RELEASE
LEMBAGA KEMANUSIAAN NASIONAL PKPU
 
 
PEDULI GEMPA NASIONAL
PKPU Prioritaskan 7 Golongan untuk Dievakuasi
 
 
PADANG - Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU mencanangkan masa tanggap darurat untuk mengevakuasi korban gempa dalam dua pekan pertama. Mereka yang diprioritaskan untuk diselamatkan pascagempa berkekuatan 7,6 SR yang mengguncang Sumatera Barat itu antara lain, bayi, balita, anak di bawah usia 13 tahun, ibu hamil, ibu mernyusui, manula dan penyandang cacat.
 
Demikian disampaikan Manajer Rescue PKPU, Ir. Muhammad Yasin dalam rapat kordinasi dengan Tim Kemanusiaan PKPU di Posko Utama, Jalan Belimbing No. 23, Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Sumatera Barat.
 
Selain Posko Utama di Jalan Belimbing, PKPU juga memiliki satu posko lain di Kuranji, yakni di depan Polsek Kuranji yang jaraknya hanya beberapa ratus meter dari Pokso Utama. Selain itu, dua posko lainnya juga sudah siap beroperasi melayani masyarakat, yaitu di wilayah Ujung Gurun dan Cangkeh.
 
Selain pendirian posko yang termasuk dalam mekanisme operasi kemaanusiaan, PKPU juga akan melakukan evakuasi, baik rescue dan pelayanan medis, serta pelayanan donasi. "Ini yang akan segera dikuatkan," tegas Yasin beberapa jam setelah tiba di lokasi, Jumat pagi (2/10/2009).
 
Khusus bagi pelayanan rescue yang akan difokuskan pada dua pekan pertama, Yasin dan Tim Kemanusiaan PKPU mengaku akan menyertakan para korban bencana gempa Sumbar pada 2007 silam. 
 
"Hal ini penting untuk meningkatkan solidaritas di antara masyarakat. Seperti warga di Gunung Rajo yang akan diikutsertakan," imbuh Yasin yang bergabung dengan PKPU awal 2007 silam.
 
Lelaki yang mendesain jembatan apung saat banjir Jakarta 2007 lalu ini mengaku telah memiliki amunisi logistik yang cukup selama operasi kemanusiaan dilakukan. Menurut pengakuannya, PKPU mempersiapkan penggalangan dana dengan full power.
 
"Sama seperti persiapan kita saat Ramadan lalu," tegasnya. Karena itu, pihaknya akan melakukan strategi yang sama dalam penggalangan dana. "Mulai dari membuka gerai bencana, pemasangan ribuan spanduk di tempat strategis, kerjasama dengan mitra dan sebagainya untuk menggalang kepedulian bagi korban gempa di Sumbar dan sekitarnya," kata insinyur ini menyontohkan.
 
Dapur Umum pun Mengepul
Asap putih nan semerbak itu pun mulai mengepul di depan sebuah rumah bercat hijau di Jalan Belimbing. Beberapa kaum wanita muda dan ibu sudah tampak sibuk sejak pukul 10.00 pagi tadi. Beberapa di antaranya terlihat memasak nasi, sementara yang lain hilir-mudik membawa bahan makanan dan kayu bakar.
 
Ada pula yang juga terlihat duduk sambil mengiris sayuran, sementara di sebelah lain mencuci peralatan masak. Pemandangan inilah yang dapat Anda lihat di Posko Utama di Kuranji, dimana sebuah dapur umum telah berdiri.
 
Dalam sehari, lebih dari seribu nasi bungkus mampu diproduksi dan dibagikan kepada para pengungsi yang membutuhkan di empat kecamatan, yakni Padang Barat, Padang Selatan, Padang timur, dan Lubuk Begalung.
 
 
Informasi Rilis ini disebarluaskan oleh:
 
Cecep Y. Pramana
Media Center
Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU
Jl. Raya Condet No. 27-G Batu Ampar Jakarta Timur 13520
Telp: 021-87780015                   
Fax: 021-87780013
Mobile : 08128552568
Web : www.pkpu.or.id
 
Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut di lokasi hubungi:
M. Yasin (Manajer Rescue PKPU-0818966634)
Faridansyah (Kepala Cabang PKPU Sumbar, 087888887125)
 
 
Nb: Kami ucapkan terimakasih atas dimuatnya Rilis ini
 
 
 
 

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: