Kamis, 15 Oktober 2009

[FISIKA] Digest Number 2876

Messages In This Digest (14 Messages)

1a.
Re: Inside of Thermometer (?) From: zaenal@pudak.com
2.1.
Re: kenapa negatif kali negatif menjadi positif? From: Timmy Siahaan
2.2.
Re: kenapa negatif kali negatif menjadi positif? From: Asis Pattisahusiwa
3a.
Re: partikel... From: Timmy Siahaan
3b.
Re: partikel... From: fardhady himawan
3c.
Re: partikel... From: Timmy Siahaan
3d.
Re: partikel... From: Haryo
4a.
Kecepatan tertinggi From: Mariano Nathanael
4b.
Re: Kecepatan tertinggi From: Haryo
4c.
Re: Kecepatan tertinggi From: pangeranlendir@gmail.com
4d.
Re: Kecepatan tertinggi From: Mariano Nathanael
4e.
Re: Kecepatan tertinggi From: Haryo
5a.
kelakuan benda dan perbedaan dimensi From: Asis Pattisahusiwa
5b.
Re: kelakuan benda dan perbedaan dimensi From: Haryo

Messages

1a.

Re: Inside of Thermometer (?)

Posted by: "zaenal@pudak.com" zaenal@pudak.com

Tue Oct 13, 2009 2:19 pm (PDT)



ya pak minyak tanah

Quoting Eka Subyantara <eka.subyantara@widyatama.ac.id>:

> Apakah yang dimaksud kerosene ini adalah yang kita kenal sebagai minyak
> tanah?
> Jadi pengen buktikan dengan membakar termometer yang bocor nih :)
>
> - eka -
>

2.1.

Re: kenapa negatif kali negatif menjadi positif?

Posted by: "Timmy Siahaan" timmy_fisika_ugm@yahoo.com   timmy_fisika_ugm

Tue Oct 13, 2009 2:30 pm (PDT)



iya, saya juga paham dengan maksud anda. Bagus juga di antara kita ada saling tidak setuju, karena:
"whenever two persons always agree each other, we can be sure that there is only one of them who really thinks" :)

Salam,

Timmy

________________________________
From: Andre Pradhana <andre_pradhana@yahoo.com>
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Sent: Tue, October 13, 2009 7:57:08 AM
Subject: Re: [FISIKA] kenapa negatif kali negatif menjadi positif?

Dear Mas - Mas & Mba - Mba,

Mohon maaf sebesar - besarnya kalau jawaban saya terkesan njelimet atau memang njelimet dan bahwa yang saya gunakan campur-sari. Maksud hati hanya ingin menjawab pertanyaan yang terkesan sederhana ini melalui sudut pandang aljabar abstrak dan (real) analisis. Untuk Mas Timothy, saya akhirnya mengerti sudut pandang Anda, walau tidak sepenuhnya 100% setuju. Tapi yang penting, pada point - point yang esensial saya rasa kita berada pada lembaran yang sama.

Masih mengenai pertanyaan yang sama, saya ingin menambahkan sesuatu. Dulu, waktu saya masih SD, saya juga bingung dengan konvensi mengapa a - (-b) = a + b. Akhirnya, intuisi saya mulai merasa nyaman ketika membaca satu buku matematika populer (saya lupa nama bukunya). Penulis buku itu menganalogikan bilangan negatif sebagai orang jahat, bilangan positif sebagai orang baik, operasi + sebagai penambahan jumlah orang di suatu ruangan, dan operasi - sebagai pengurangan jumalah orang dari suatu ruangan. Bisa kita lihat bahwa bila ada 'a' orang baik di satu ruangan dan kita keluarkan (baca: melakukan operasi - ) 'b' orang jahat dari ruangan tersebut, maka jumlah 'kebaikan' di ruangan tersebut akan bertambah (dan hasilnya a + b). Tapi a + (-b) = a - b, berarti menambah orang jahat di dalam suatu ruangan, dan jumlah kebaikan akan menurun; sehingga hasil dari operasi ini adalah a - b. Cara berpikir seperti ini cukup masuk akal bagi saya yang waktu itu masih
kecil. Mudah - mudahan ini bisa menambah satu sudut pandang lagi.

Untuk pertanyaan Mas Wildan, saya hanya bisa mereka - reka. Kalau + dan - sebagai operator di bilangan bulat/ pecahan/ real, saya rasa sudah ada sejak orang jaman Mesir dan Babilon bisa menulis, walaupun simbilnya belum tentu + atau -. Tapi, saya rasa penggunaan + dan - untuk menotasikan operasi yang lebih general dalam satu objek aljabar (mis: group/ ring/ field), saya rasa baru dipakai tahun 1700/1750-an. Alasannya: teori group dimajukan sekitar tahun 1750-an oleh Joseph Lagrange. Tapi, itu hanya tebakan saja. Saya sendiri belum tahu kapan group-theory benar - benar ditemukan dan konvensi yang digunakan sekarang benar - benar diaplikasikan secara luas.

Salam,

~apt

--- On Tue, 10/13/09, W <wildan.m@gmail. com> wrote:

>From: W <wildan.m@gmail. com>
>Subject: Re: [FISIKA] kenapa negatif kali negatif menjadi positif?
>To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
>Date: Tuesday, October 13, 2009, 12:45 AM
>
>
>>
>
>
> >
>Menurut saya pasti ada sejarah yg unik nya disini ...
>
>Seperti Koordinat Kartesian, sistem koordinat ini ditemukan pas lagi ngelamaun dan memperhatikan
>sudut dinding...
>
>Kalau + dan -, sejarahnya dipakai mulai kapan ya ? :) (jgn suruh tanya engkong google yah ... :D)
>
>Salam,
>Wildan
>
>---
>---
>OpenThink Labs
>http://wildanm. wordpress. com
>
>Making IT, Business and Education in Harmony
>
>>> 087884599249
>
>Y! : hawking_123
>Linkedln : http://www.linkedin.com/in/wildanmaulana
>
>
>
>2009/10/13 Eka Subyantara <eka.subyantara@ widyatama. ac.id>
>
>>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> >>
>>>>
>>Wah! ya kasian toh yang nanya kalo maen definisi begitu mah, nanti gak terpuaskan.
>>Kan pertanyaannya juga:
>>
>>"Saya mau minta bantuan teman2 untuk menjelaskan kenapa bilangan negatif
>>dikali negatif akan menghasilkan bilangan positif? Darimana asal usul
>>nya dan analogi penjelasannya."
>>
>>Bicara tentang "kenapa" dan "asal-usulnya" , berarti butuh penjelasan yang lebih mendasar dan filosofis. Kita tidak cukup menjawab dengan sekedar kalimat "terima aja deh, sudah dari sononya begitu" atau "nih pelajari aja rumus bikinan gue"
>>
>>Kita bicarakan dengan bahasa cinta dan kepala dingin, perkara apakah orang lain mau terima atau tidak itu urusan Allah yang memberi hidayah dan membuka hati.
>>
>>- eka -
>>
>>
>

2.2.

Re: kenapa negatif kali negatif menjadi positif?

Posted by: "Asis Pattisahusiwa" asisphysic04@gmail.com   aziz_physic04

Wed Oct 14, 2009 5:29 am (PDT)



maaf mas Eka baru dibalas....

maksud saya *"sebagai vektor dengan besar yang sama namun berlawanan
arah"*itu hanyalah untuk menggambarkan suatu bilangan positif dan
inversnya...
mengenai aljabarnya, ya bisa digunakan hukum-hukum aljabar vektor seperti
yang diajarkan pada Fismat 1...

thank's

Pada 12 Oktober 2009 14:59, Eka Subyantara
<eka.subyantara@widyatama.ac.id>menulis:

>
>
> Sebagai vektor? boleh juga! Ini menumbuhkan ide penurunan sebagai berikut:
>
> Vektor negatif dalam sumbu-x adalah vektor yang mengarah ke kiri (sb-x
> negatif).
> Misalkan kita ambil dua vektor yang dua-duanya negatif, yaitu *A* dan *B*
> dengan panjang masing masing A=4 dan B=5 satuan panjang.
>
> Perkalian antara kedua vektor tsb agar hasilnya berupa skalar adalah
> perkalian titik, sehinga:
> *A* . *B* = AB cos 0 = 4 x 5 = 20; dimana 0 (nol) adalah sudut antara
> kedua vektor
>
> Jadi Pak Asis, perkalian dua bilangan negatif mestinya digambarkan dengan
> vektor-vektor
> yang keduanya SEARAH ke kiri (atau ke bawah bila dalam sumbu-y) bukan
> *"sebagai vektor dengan besar yang sama namun berlawanan arah" *seperti
> yang Bapak tulis.*
> *CMIIW*
> *
> - eka -
>
>
>
>
>

--
Asis Pattisahusiwa

Learn, Try, and be a Master
3a.

Re: partikel...

Posted by: "Timmy Siahaan" timmy_fisika_ugm@yahoo.com   timmy_fisika_ugm

Tue Oct 13, 2009 2:46 pm (PDT)



partikel berkelakuan klasik? kalau benar-benar klasik, berarti partikel tersebut bergerak dengan kelajuan yang jauh lebih kecil daripada kecepatan cahaya (atau tenaga kinetiknya jauh lebih kecil daripada tenaga rehat-nya). lalu, partikel tersebut berada pada suatu daerah yang jauh lebih kecil daripada panjang gelombang (de Broglie) nya.

________________________________
From: nur edy <ibnussudr@yahoo.co.id>
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Cc: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Sent: Mon, October 12, 2009 5:05:37 PM
Subject: [FISIKA] partikel...

apa maksudnya partikel berkelakuan klasik? dan bagaimana sifatnya?
tanks

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _
Kunjungi halaman depan Yahoo! Indonesia yang baru!
http://id.yahoo. com/

3b.

Re: partikel...

Posted by: "fardhady himawan" fardhady14789@gmail.com

Wed Oct 14, 2009 5:14 am (PDT)



@wildan...
maksud anda dengan diberhentikan??

On 10/14/09, Timmy Siahaan <timmy_fisika_ugm@yahoo.com> wrote:
> partikel berkelakuan klasik? kalau benar-benar klasik, berarti partikel
> tersebut bergerak dengan kelajuan yang jauh lebih kecil daripada kecepatan
> cahaya (atau tenaga kinetiknya jauh lebih kecil daripada tenaga rehat-nya).
> lalu, partikel tersebut berada pada suatu daerah yang jauh lebih kecil
> daripada panjang gelombang (de Broglie) nya.
>
>
>
>
> ________________________________
> From: nur edy <ibnussudr@yahoo.co.id>
> To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
> Cc: fisika_indonesia@yahoogroups.com
> Sent: Mon, October 12, 2009 5:05:37 PM
> Subject: [FISIKA] partikel...
>
>
> apa maksudnya partikel berkelakuan klasik? dan bagaimana sifatnya?
> tanks
>
> ____________ _________ _________ _________ _________ _________ _
> Kunjungi halaman depan Yahoo! Indonesia yang baru!
> http://id.yahoo. com/
>
>
>
>
>

3c.

Re: partikel...

Posted by: "Timmy Siahaan" timmy_fisika_ugm@yahoo.com   timmy_fisika_ugm

Wed Oct 14, 2009 5:43 am (PDT)



iya, saya juga baca itu tentang diberhentikan. Well, cahaya punya kelajuan nol kalau di even horizon. Beberapa berita mengatakan cahaya diberhentikan, tapi itu hanya untuk bombastisitas. Pada dasarnya bukan diberhentikan.

Btw, di tempat saya belajar, bidang nanophotonics, quantum optics, atomic optics bagus2, sehingga kelakuan cahaya dan partikel sebagai gelombang dan materi teramati dan tampak "indah".

________________________________
From: fardhady himawan <fardhady14789@gmail.com>
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Sent: Wed, October 14, 2009 11:05:46 AM
Subject: Re: [FISIKA] partikel...

@wildan...
maksud anda dengan diberhentikan? ?

On 10/14/09, Timmy Siahaan <timmy_fisika_ ugm@yahoo. com> wrote:
> partikel berkelakuan klasik? kalau benar-benar klasik, berarti partikel
> tersebut bergerak dengan kelajuan yang jauh lebih kecil daripada kecepatan
> cahaya (atau tenaga kinetiknya jauh lebih kecil daripada tenaga rehat-nya).
> lalu, partikel tersebut berada pada suatu daerah yang jauh lebih kecil
> daripada panjang gelombang (de Broglie) nya.
>
>
>
>
> ____________ _________ _________ __
> From: nur edy <ibnussudr@yahoo. co.id>
> To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
> Cc: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
> Sent: Mon, October 12, 2009 5:05:37 PM
> Subject: [FISIKA] partikel...
>
>
> apa maksudnya partikel berkelakuan klasik? dan bagaimana sifatnya?
> tanks
>
> ____________ _________ _________ _________ _________ _________ _
> Kunjungi halaman depan Yahoo! Indonesia yang baru!
> http://id.yahoo. com/
>
>
>
>
>

3d.

Re: partikel...

Posted by: "Haryo" sumowidagdo@gmail.com   haryo_hep

Wed Oct 14, 2009 5:50 am (PDT)




Cek website Prof Lene V Hau yang penelitiannya dibidang fisika atom dan optik. Penelitian beliau adalah material-material baru didalam mana kecepatan rambat cahaya menjadi sangat perlahan, sebanding dengan kecepatan mobil atau sepeda sehari-hari.

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, Timmy Siahaan <timmy_fisika_ugm@...> wrote:
>
> iya, saya juga baca itu tentang diberhentikan. Well, cahaya punya kelajuan nol kalau di even horizon. Beberapa berita mengatakan cahaya diberhentikan, tapi itu hanya untuk bombastisitas. Pada dasarnya bukan diberhentikan.
>
> Btw, di tempat saya belajar, bidang nanophotonics, quantum optics, atomic optics bagus2, sehingga kelakuan cahaya dan partikel sebagai gelombang dan materi teramati dan tampak "indah".
>
>
>
>
> ________________________________
> From: fardhady himawan <fardhady14789@...>
> To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
> Sent: Wed, October 14, 2009 11:05:46 AM
> Subject: Re: [FISIKA] partikel...
>
>
> @wildan...
> maksud anda dengan diberhentikan? ?
>
> On 10/14/09, Timmy Siahaan <timmy_fisika_ ugm@yahoo. com> wrote:
> > partikel berkelakuan klasik? kalau benar-benar klasik, berarti partikel
> > tersebut bergerak dengan kelajuan yang jauh lebih kecil daripada kecepatan
> > cahaya (atau tenaga kinetiknya jauh lebih kecil daripada tenaga rehat-nya).
> > lalu, partikel tersebut berada pada suatu daerah yang jauh lebih kecil
> > daripada panjang gelombang (de Broglie) nya.
> >
> >
> >
> >
> > ____________ _________ _________ __
> > From: nur edy <ibnussudr@yahoo. co.id>
> > To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
> > Cc: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
> > Sent: Mon, October 12, 2009 5:05:37 PM
> > Subject: [FISIKA] partikel...
> >
> >
> > apa maksudnya partikel berkelakuan klasik? dan bagaimana sifatnya?
> > tanks
> >
> > ____________ _________ _________ _________ _________ _________ _
> > Kunjungi halaman depan Yahoo! Indonesia yang baru!
> > http://id.yahoo. com/
> >
> >
> >
> >
> >
>

4a.

Kecepatan tertinggi

Posted by: "Mariano Nathanael" mariano_nathanael@yahoo.co.id   mariano_nathanael

Tue Oct 13, 2009 11:19 pm (PDT)



Hallo semua fisika'ers

Saya mau bertanya nih ..

Berapa kecepatan tertinggi yang dapat dicapai oleh mesin buatan manusia
sekarang? (pesawat atau roket atau yang lain)

Apakah ada yang sudah mencapai 1% saja dari kecepatan cahaya (3000 km/s)?

Saya cukup penasaran dengan hal ini, karena jawabannya bisa menjadi bahan
saya dalam mengajar relativitas khusus Einstein di SMA.

Trimakasih sebelumnya untuk bantuannya.

4b.

Re: Kecepatan tertinggi

Posted by: "Haryo" sumowidagdo@gmail.com   haryo_hep

Tue Oct 13, 2009 11:26 pm (PDT)





Untuk benda makro: mungkin kecepatan roket antariksa, 11,2 km/s, sama dengan kecepatan lolos (escape velocity) dari medan gravitasi bumi.

Untuk benda mikro: akselerator partikel mampu mempercepat partikel-partikel elementer/subatomik hingga sangat mendekati kecepatan cahaya
(99.99 ... %). Elektron misalnya sudah bisa dipercepatan hingga l.k. 100 GeV. Proton sudah bisa dipercepat hingga 980 GeV, dan sebentar lagi (dalam 1-2 bulan hingga 3500 sampai 5000 GeV). Gunakan massa eleketron l.k. 0.5 MeV dan massa proton l.k. 1 GeV, dan anda bisa menghitung berapa faktor Lorentz (gamma dan beta) dan dari situ bisa didapat kecepatannya.

Untuk kasus partikel elementer, kecepatannya yang sangat mendekati kecepatan cahaya ini memungkinkan untuk mendeteksi efek dilatasi waktu: waktu hidup (lifetime) partikel elementer yang bergerak dengan kecepatan relativistik menjadi lebih panjang dibandingkan jika partikel yang sama diamati di kondisi diam.

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "Mariano Nathanael" <mariano_nathanael@...> wrote:
>
> Hallo semua fisika'ers
>
>
>
> Saya mau bertanya nih ..
>
>
>
> Berapa kecepatan tertinggi yang dapat dicapai oleh mesin buatan manusia
> sekarang? (pesawat atau roket atau yang lain)
>
> Apakah ada yang sudah mencapai 1% saja dari kecepatan cahaya (3000 km/s)?
>
>
>
> Saya cukup penasaran dengan hal ini, karena jawabannya bisa menjadi bahan
> saya dalam mengajar relativitas khusus Einstein di SMA.
>
>
>
> Trimakasih sebelumnya untuk bantuannya.
>

4c.

Re: Kecepatan tertinggi

Posted by: "pangeranlendir@gmail.com" pangeranlendir@gmail.com   rajawalijantan

Wed Oct 14, 2009 12:13 am (PDT)



Kalo pesawat setau gw ada Boeing X-51 scramjet engine up to mach 7+ (8050 km/h)

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Mariano Nathanael" <mariano_nathanael@yahoo.co.id>
Date: Wed, 14 Oct 2009 12:23:49
To: <fisika_indonesia@yahoogroups.com>
Subject: [FISIKA] Kecepatan tertinggi

Hallo semua fisika'ers



Saya mau bertanya nih ..



Berapa kecepatan tertinggi yang dapat dicapai oleh mesin buatan manusia
sekarang? (pesawat atau roket atau yang lain)

Apakah ada yang sudah mencapai 1% saja dari kecepatan cahaya (3000 km/s)?



Saya cukup penasaran dengan hal ini, karena jawabannya bisa menjadi bahan
saya dalam mengajar relativitas khusus Einstein di SMA.



Trimakasih sebelumnya untuk bantuannya.


4d.

Re: Kecepatan tertinggi

Posted by: "Mariano Nathanael" mariano_nathanael@yahoo.co.id   mariano_nathanael

Wed Oct 14, 2009 5:16 am (PDT)



Sepertinya pesawat yang di bumi masih kalah cepat sama kecepatan roket
antariksa.

Mas Haryo, kecepatan lepas bumi memang 11,2 km/s sehingga roket minimal
harus memiliki kecepatan sebesar itu untuk lepas dari bumi

Ada gak roket lain atau pesaawat antariksa yang sekarang sedang menjelajah
tat surya yang kecepatannya lebih besar dari itu? Dan yang paling besar
berapa ya? Kalo ada data pesawatnya dan data kecepatannya ya...

From: fisika_indonesia@yahoogroups.com
[mailto:fisika_indonesia@yahoogroups.com] On Behalf Of
pangeranlendir@gmail.com
Sent: Wednesday, October 14, 2009 1:35 PM
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Subject: Re: [FISIKA] Kecepatan tertinggi

Kalo pesawat setau gw ada Boeing X-51 scramjet engine up to mach 7+ (8050
km/h)

Sent from my BlackBerryR smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
Teruuusss...!

_____

From: "Mariano Nathanael" <mariano_nathanael@yahoo.co.id>

Date: Wed, 14 Oct 2009 12:23:49 +0700

To: <fisika_indonesia@yahoogroups.com>

Subject: [FISIKA] Kecepatan tertinggi

Hallo semua fisika'ers

Saya mau bertanya nih ..

Berapa kecepatan tertinggi yang dapat dicapai oleh mesin buatan manusia
sekarang? (pesawat atau roket atau yang lain)

Apakah ada yang sudah mencapai 1% saja dari kecepatan cahaya (3000 km/s)?

Saya cukup penasaran dengan hal ini, karena jawabannya bisa menjadi bahan
saya dalam mengajar relativitas khusus Einstein di SMA.

Trimakasih sebelumnya untuk bantuannya.

No virus found in this incoming message.
Checked by AVG - www.avg.com
Version: 8.5.421 / Virus Database: 270.14.15/2434 - Release Date: 10/13/09
19:11:00

4e.

Re: Kecepatan tertinggi

Posted by: "Haryo" sumowidagdo@gmail.com   haryo_hep

Wed Oct 14, 2009 5:54 am (PDT)




Cek website kuar antariksa Voyager I dan II, saat ini kedua kuar tersebut sudah bergerak meninggalkan tata surya dengan kecepatan sektar 15-18 kilometer per detik.

http://voyager.jpl.nasa.gov/mission/weekly-reports/index.htm

haryo

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "Mariano Nathanael" <mariano_nathanael@...> wrote:
>
> Sepertinya pesawat yang di bumi masih kalah cepat sama kecepatan roket
> antariksa.
>
>
>
> Mas Haryo, kecepatan lepas bumi memang 11,2 km/s sehingga roket minimal
> harus memiliki kecepatan sebesar itu untuk lepas dari bumi
>
>
>
> Ada gak roket lain atau pesaawat antariksa yang sekarang sedang menjelajah
> tat surya yang kecepatannya lebih besar dari itu? Dan yang paling besar
> berapa ya? Kalo ada data pesawatnya dan data kecepatannya ya...
>
>
>
> From: fisika_indonesia@yahoogroups.com
> [mailto:fisika_indonesia@yahoogroups.com] On Behalf Of
> pangeranlendir@...
> Sent: Wednesday, October 14, 2009 1:35 PM
> To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
> Subject: Re: [FISIKA] Kecepatan tertinggi
>
>
>
>
>
> Kalo pesawat setau gw ada Boeing X-51 scramjet engine up to mach 7+ (8050
> km/h)
>
> Sent from my BlackBerryR smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!
>
> _____
>
> From: "Mariano Nathanael" <mariano_nathanael@...>
>
> Date: Wed, 14 Oct 2009 12:23:49 +0700
>
> To: <fisika_indonesia@yahoogroups.com>
>
> Subject: [FISIKA] Kecepatan tertinggi
>
>
>
>
>
> Hallo semua fisika'ers
>
>
>
> Saya mau bertanya nih ..
>
>
>
> Berapa kecepatan tertinggi yang dapat dicapai oleh mesin buatan manusia
> sekarang? (pesawat atau roket atau yang lain)
>
> Apakah ada yang sudah mencapai 1% saja dari kecepatan cahaya (3000 km/s)?
>
>
>
> Saya cukup penasaran dengan hal ini, karena jawabannya bisa menjadi bahan
> saya dalam mengajar relativitas khusus Einstein di SMA.
>
>
>
> Trimakasih sebelumnya untuk bantuannya.
>
>
>
> No virus found in this incoming message.
> Checked by AVG - www.avg.com
> Version: 8.5.421 / Virus Database: 270.14.15/2434 - Release Date: 10/13/09
> 19:11:00
>

5a.

kelakuan benda dan perbedaan dimensi

Posted by: "Asis Pattisahusiwa" asisphysic04@gmail.com   aziz_physic04

Wed Oct 14, 2009 5:51 am (PDT)



Hanya sekedar penasaran.....

apakah ada perbedaan kelakuan/interaksi atau apa sajalah dari suatu benda
ketika dia berpindah dari dimensi yang lebih rendah ke dimensi yang lebih
tinggi atau sebaliknya?

--
Asis Pattisahusiwa

Learn, Try, and be a Master
5b.

Re: kelakuan benda dan perbedaan dimensi

Posted by: "Haryo" sumowidagdo@gmail.com   haryo_hep

Wed Oct 14, 2009 7:05 am (PDT)




Pertanyaanya tidak diformulasi dengan baik.

Bisa dijelaskan apa yang anda maksud dengan 'berpindah dari dimensi yang lebih rendah ke dimensi yang lebih tinggi atau sebaliknya ?'

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, Asis Pattisahusiwa <asisphysic04@...> wrote:
>
> Hanya sekedar penasaran.....
>
> apakah ada perbedaan kelakuan/interaksi atau apa sajalah dari suatu benda
> ketika dia berpindah dari dimensi yang lebih rendah ke dimensi yang lebih
> tinggi atau sebaliknya?
>
> --
> Asis Pattisahusiwa
>
> Learn, Try, and be a Master
>

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Schizophrenia groups

Find support

Celebrity kids

and families

Surviving in

the spotlight

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: