Selasa, 22 Desember 2009

[daarut-tauhiid] QAILULAH, tiduR siang sejenak

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

[HOTD] QAILULAH, tiduR siang
sejenak<http://orido.wordpress.com/2009/12/22/hotd-qailulah-tidur-siang-sejenak/><http://orido.wordpress.com/wp-admin/post.php?action=edit&post=838>

[image: bismillahhiRRahmaniRRahim]

*Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tiduR untuk
istiRahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun beRusaha.
[Al FuRqaan (25) ayat 47]*

*dicOntOhkan Oleh Rasulullah*

Dalam kitab Fiqhus Sunnah teRdapat keteRangan sebagai beRikut:

Ÿy&#65533; "g&#65533; á&#65533; ŸÅ&#65533;: à„&#65533; Ÿ ™á&#65533; ™rãß "á… ›&#65533; "á… ßç… ãÑრââ"ƒ Ÿ "âr–Í âÜç
Ÿ&#65533; ãâ—„ šÆ"g.

*&#65533;TeRdapat sebuah hadis daRi Ibnu UmaR, beliau beRkata, "Kami (paRa sahabat)
pada zaman Rasulullah Saw. suka tiduR di masjid, kami tiduR qailulah (tiduR
tengah haRi) di dalamnya, dan kami pada waktu itu masih muda-muda."* (Kitab
Fiqhus Sunnah, Juz I, hal. 252)

Di dalam kitab Misykatul Masabih disebutkan,

*"TiduR sekejap di waktu tengah haRi atau qailulah bukanlah satu peRbuatan
yang keji keRana Rasulullah peRnah melakukannya."*

*membantu Shalat Tahajjud*

Imam Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin beRkata,

*"Hendaklah seseORang tidak meninggalkan tiduR yang sekejap pada siang haRi
keRana ia membantu ibadah pada malam haRi. sebaik-baiknya hendaklah
seseORang itu bangun daRipada tiduRnya sebelum gelinciR matahaRi untuk
menunaikan sOlat zuhuR."*

*setelah shalat Jum&#65533;at*

Anas bin Malik radhiyallahu &#65533;anhu berkata:

à•âöêf âó"ñà–E&#65533; "ô"úæEEêh&#65533; ãñâñŸôçšá• "ñøE "úæEEêh&#65533;

*&#65533;Kami takbiR (beRsegeRa datang ke masjid) untuk menanti pelaksanaan shalat
Jum&#65533;at dan kami qailulah setelah shalat Jum&#65533;at.&#65533;* (HR. Al-BukhaRi nO. 905)

*Links:*

*[SHORT AFTERNOON NAP] *
http://tawvic.wordpress.com/2009/02/03/short-afternoon-nap/

- AlbeRt Einstein, NapOleOn BOnapaRte, ThOmas EdisOn, WinstOn ChuRchill
adalah nama-nama ORang-ORang yang sangat antusias melakukan shORt afteRnOOn
nap.
Penelitian di NASA menunjukkan peRfORmance dan kOnsentRasi pilOt yang
melakukan tiduR siang 24 menit lebih tinggi daRipada yang tidak.
- DR Maas, seORang ahli fisiOlOgi mengatakan bahwa *tiduR siang 20 menit
secaRa signifikan meningkatkan kemampuan untuk beRkOnsentRasi pada hal-hal
yang detail dan juga kemampuan untuk membuat keputusan-keputusan kRitis*.

- *QOilulah* dalam bahasa aRab teRambil daRi akaR kata *qOf-lam-lam* yang
juga meRupakan *haRfu al-tsulatsi* daRi kata *qOliil* yang aRtinya &#65533;*
sedikit*&#65533; (jika dinisbatkan pada kuantitas) atau &#65533;*sebentaR/sejenak*&#65533;
(jika dinisbatkan pada waktu). Sehingga secaRa istilah, *qOilulah adalah
tiduR siang sejenak/sebentaR yang waktunya bisa sebelum DzuhuR atau setelah
menunaikan shalat DzuhuR*.
- *Rasulullah SAW, paRa sahabat, seRta ORang-ORang yang shOleh melakukan
qOilulah ini agaR pada malam haRinya meReka dapat bangun malam dan
beRlama-lama melakukan qiyamu al-lail (shalat tahajud, dan aktifitas
mengingat Allah yang lainnya).*
- Dalam sebuah Riwayat yang saya baca di kitab Ihya &#65533;Ulumu ad-Diin kaRya
Al-Ghazali, Imam Abu Hanifah selama 40 tahun tidak peRnah tiduR malam keRena
malamnya dipenuhi dengan shalat malam. Beliau tiduR hanya sebentaR pada
waktu siang haRi (*qOilulah*). *QOilulah* dilakukan bebeRapa menit saja
yaitu antaRa 20 hingga 30 menit. Jika memang tujuannya untuk dapat bangun
malam untuk shalat tahajud, tentu ini adalah sunnah Rasulullah. Kalau tiduR
siang ini hanya untuk beRmalas-malasan, dan malam haRinya tidak shalat
tahajud, TaRawih dan aktifitas-aktifitas mengingat Allah yang lainnya, maka
saya pikiR tidak ada nilai sunnah daRi melakukan *qOilulah*.
- Di kitab Al-Ghazali teRsebut juga diRiwayatkan bahwa peRnah suatu haRi
Khalifah UmaR bin Khatab Ra. melakukan peRjalanan Resmi ke IskandaRiah.
Ketika itu Muawiyah bin Khudaij menjadi guRbeRnuR di kOta itu. UmaR sampai
ke kOta itu pada waktu siang ketika ORang-ORang sedang melakukan *
qailulah*. UmaR menemui Muawiyah yang saat itu tidak tiduR (melakukan *
qOilulah*), lalu beRkata: &#65533;*Saya lihat kamu tidak tiduR pada siang
ini, kalau
kamu tiduR siang haRi, maka akan melalaikan hak Rakyat, kalau kamu tiduR
malam, kamu melalaikan hak Allah, jadi bagaimana kamu mengatuR tiduR
antaRa dua hak ini wahai Muawiyah*.&#65533;
- Bagaimana *melakukan shORt afteRnOOn nap yang benaR*?


1. Lakukan shORt afteRnOOn-nap *pada tengah haRi* (sekitaR jam 12 siang),
sebelum DzuhuR atau bebeRapa saat setelah DzuhuR. Paling baik dilakukan
setelah DzuhuR selepas menunaikan shalat DzuhuR.
2. Lakukan tiduR sebentaR saja, *sekitaR 20 &#65533; 30 menit*. TiduR siang yang
teRlalu lama (diatas 30 menit) akan membuat kita masuk ke dalam zOna tiduR
mendalam (*deep sleep*) yang menyebabkan susah untuk bangun atau peRasaan
malas untuk bangun.
3. *Imbangi dengan menguRangi waktu tiduR di malam haRi*. Biasakan dengan
bangun di sepeRtiga malam yang teRakhiR (sekitaR jam 2 malam). TeRutama bagi
Muslim, bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk melatih membiasakan
bangun di malam haRi.

*[~QAILULAH VS SAINS~] *
http://insannajah.blogspot.com/2009/06/qailulah-vs-sains.html

- BeRpandukan kajian2 saintifik, tiduR pada waktu tengah haRi didapati
beRkesan bagi meningkatkan tenaga, tumpuan dan pROduktiviti pekeRja2. Hasil
daRipada satu kajian yang dilakukan selama 25 tahun beRhubung kesan tiduR ke
atas negaRa2 industRi dan pasca industRi mendapati, *"92.5% pekeRja yang
beRkesempatan tiduR ada waktu tengah haRi mempunyai daya kReativiti yang
lebih tinggi beRbanding meReka yang lain. Daya kemampuan meReka
menyelesaikan masalah juga meningkat dan hasilnya ialah peningkatan
pROduktiviti secaRa keseluRuhannya."*
- *Waktu tengah haRi adalah masa yang sesuai untuk tiduR seketika keRana
sistem badan manusia beRsedia memanfaatkan fasa tiduR pada waktu itu*.
Fasa ini dikenali sebagai *midafteRnOOn quiescent phase* atau *a
secOndaRy sleep gate*.
- Kajian menunjukkan *meReka yang secaRa Rutin tiduR selama 30 minit di
waktu tengah haRi mempunyai RisikO menghidap penyakit jantung 30% lebih
Rendah* beRbanding meReka yang lain.
- DR. James Maas, pakaR tiduR daRi *CORnell UniveRsity* meRumuskan, tiduR
tengah haRi selama 15-20 minit sudah mencukupi bagi mengembalikan tenaga dan
menjaga kesihatan. SeORang pengkaji yang lain, DOnald GReely, beRpendapat
tiduR tengah haRi adalah beRmanfaat selama mana ia tidak melebihi 1 jam.

*[TIDUR QAILULAH] *
http://gusbroer.wordpress.com/category/tidur-qailulah/

- Dalam tRadisi Islam, *tiduR siang meRupakan sunnah, yang sudah
diamalkan Oleh Rasul Saw semenjak 14 abad yang lampau*. PaRa ulama
menyebutnya sebagai *tiduR qailulah*. Kitab klasik yang menyinggung
kebiasaan Nabi Saw ini adalah Misykatul Mashabih. Hanya saja, beRbeda dengan
mOtivasi ORang BaRat-mOdeRn yang menjadikan tiduR siang (*afteRnOOn nap,
siesta*) sebagai &#65533;penggugah&#65533; kesegaRan dan pROduktivitas tubuh (fisik),
penunjang kesehatan, dan sejenisnya, *dalam wawasan Islam tiduR siang (
qaiulah) adalah sebagai &#65533;baRteR&#65533; atau kOmpensasi atas ibadah yang akan
dilakukan pada malam haRinya*. Jadi, ketika kita misalnya haRi tiduR
siang dengan niat *qailulah*, tidak ubahnya kita mengambil jatah tiduR
kita nanti malam, kaRena pada malam haRi nanti kita hendak beRjaga demi
beRibadah kepada Allah.
- *Waktu qailulah adalah sehabis salat zuhuR hingga waktu ashaR, itu pun
hanya sekadaRnya saja, sekiRa dua puluh sampai tiga puluh menit*.

*[TiduR Siang di Bulan Ramadhan]*
http://www.pesantrenvirtual.com/index.php/seputar-ramadhan/16-tanya-jawab/939-tidur-siang-di-bulan-ramadhan

- *TiduR siang adalah kebiasaan masyaRakat ARab dan bebeRapa ORang shOleh
dan ulama teRdahulu. MeReka menyebutnya Qailulah yang aRtinya tiduR
sebentaR waktu siang*. MeReka melakukannya tidak hanya pada bulan
Ramadhan tapi pada haRi-haRi biasa juga, khususnya pada waktu musim panas.
*PaRa Ulama ShOleh teRdahulu menjadikan tujuan daRi qailulah ini agaR
pada malam haRinya bisa bangun untuk mendiRikan shOlat tahajud*.
- *Qailulah* ini waktunya setelah shOlat dhuhuR hingga AshaR. Jadi tiduR
siang atau qailulah ini hanya kebiasaan ORang-ORang teRdahulu. *Kalau
memang tujuannya agaR bisa bangun malam untuk shOlat tahajjud, tentu ini
meRupakan sunnah kaRena Rasulullah s.a.w. juga melakukannya.* Tapi kalau
tiduR siangnya hanya untuk beRmalas-malasan, apalagi malam haRinya juga
tidak shOlat tahajud maka apa nilai sunnah daRi tiduR siang ini?

Untuk mendOwnlOad *kumpulan aRtikel* *[HOTD] QAILULAH, tiduR siang sejenak*"
ini, silahkan klik di bawah ini:

[image: Download File [HOTD] QAILULAH, tiduR siang sejenak |
141kB]<http://www.ziddu.com/download/7841773/HOTD-QAILULAHtiduRsiangsejenak.doc.html>


***************************
untuk lihat kiriman lengkap Hadith, Doa, screen saver islami, dan lainnya,
silahkan kunjungi http://oRiDo.wordpress.com

semoga bermanfaat..
wassalam

-oRiDo-
perbanyakilmuperbagusamal

--
><><><><><><><><><><><><><><><>><><>><><><>><
http://orido.wordpress.com/2006/05/03/hotd-usaha-dan-amal/
><><><><><><><><><><><><><><><>><><>><><><>><


[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
website: http://dtjakarta.or.id/
====================================================Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/daarut-tauhiid/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/daarut-tauhiid/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
daarut-tauhiid-digest@yahoogroups.com
daarut-tauhiid-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
daarut-tauhiid-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: