Senin, 21 Desember 2009

[sekolah-kehidupan] Digest Number 2919

Messages In This Digest (5 Messages)

Messages

1.

(catcil) Kemuliaan Salahudin al-Ayyubi

Posted by: "agus syafii" agussyafii@yahoo.com   agussyafii

Sun Dec 20, 2009 6:04 pm (PST)



Kemuliaan Salahudin al-Ayyubi

By: agussyafii

Ada satu kisah yang sangat disukai anak-anak Amalia yaitu kisah 'Kemuliaan Salahudin al-Ayyubi.' Malam itu anak-anak Amalia terdengar suara riuh. Kisah kepahlawanan selalu saja menarik buat mereka. 'Ayo..kak cerita,' teriak Seni. 'Baik..kalo gitu Kak Agus mau cerita tentang kemuliaan Salahudin al-Ayyubi,' jawab saya pada anak-anak Amalia.

Pada suatu ketika Salahudin al-Ayyubi didatangi seorang ibu. Ibu itu berteriak-teriak dan membuat kekacauan. Melihat kejadian itu para prajurit hendak menjauhkan dari Salahudin tetapi Salahudin mencegahnya dan memberikan perintah agar para prajurit itu mempersilahkan masuk menemui dirinya.

Ibu itu mengadu bahwa suami dijadikan tawanan perang, padahal suaminya adalah tulang punggung dan pencari nafkah bagi keluarganya. Mendengarkan cerita sang ibu Salahudin tak terasa meneteskan air mata bisa merasakan kepedihan seorang istri yang ditinggal suaminya yang tercinta sebagai tulang punggung bagi dirinya dan keluarganya. Kemudian Salahudin memerintahkan para prajuritnya untuk mencari dan melepaskan suaminya sang ibu itu. Akhirnya para prajurit menemukan suaminya dan melepaskan untuk kembali kepada keluarganya.

Terus apa yang terjadi kak? tanya Malini. 'apakah ibu itu berterima kasih sama Salahudin?' tanya Yuni.

'Benar Yuni, ibu itu berterima kasih kepada Salahudin,' jawab saya pada Yuni.

Ibu itu mengucapkan terima kasih dan memuji atas apa yang dilakukan Salahudin. Salahudin itu menjawabnya bahwa yang dia lakukan merupakan perintah Sang Khaliq. 'Apakah agama anda mengajarkan kasih sayang kepada semua umat manusia? Dan membantu orang-orang yang lemah?' Tanya sang ibu.

'Benar ibu, Islam mengajarkan cinta dan kasih sayang kepada semua umat manusia dan membantu orang-orang yang lemah.' Jawab Salahudin dan ibu itu bersyahadat bersama suaminya, 'Aku mencintai agama yang mengajarkan cinta dan kasih sayang seperti yang tercermin sifat-sifat dan akhlak anda,' Ucap perempuan itu kepada salahudin.

Diakhir cerita saya menyampaikan kepada anak-anak Amalia bahwa kita diajarkan oleh Alloh SWT untuk senantiasa mencintai dan menyayangi semua umat manusia seperti dalam kisah 'Kemuliaan Salahudin al-Ayyubi.' Alloh SWT memiliki asma al-Haliim, artinya Maha Penyantun. Alloh SWT senantiasa menyayangi dan menyantuni hamba-hambaNya.

---
Dan ketahuilah bahwa Alloh mengetahui harimu, maka takutlah kepadaNya dan ketahuilah bahwa Alloh Maha Pengampun dan Maha Penyantun. (QS. al-Baqarah. 2:235).

Wassalam,
agussyafii

Alhamdulillah kegiatan 'Amalia Cinta Muharram (ACM) pada hari Ahad, 20 Desember 2009 di Rumah Amalia berjalan dg baik. Terima kasih untuk teman2 semua. di http://agussyafii.blogspot.com atau http://www.facebook.com/agussyafii, http://www.twitter.com/agussyafii atau sms di 087 8777 12 431

2.

Konsep Present Value Sebagai Justifikasi Kapitalis Atas System Bunga

Posted by: "ali" ali.hozi@yahoo.co.id   ali.hozi

Sun Dec 20, 2009 6:05 pm (PST)



Konsep Present Value Sebagai Justifikasi Kapitalis Atas System Bunga
Dan Kritik Terhadapnya

By : Alihozi

Perjalananku selama kurun waktu kurang lebih 8 (delapan) tahun untuk mengajak masyarakat khususnya ummat muslim agar meninggalkan system perbankan kapitalis dan kembali kepada system perbankan syariah merupakan suatu hal yang tidak mudah, banyak sekali hambatan untuk menyadarkan masyarakat muslim yang sudah ratusan tahun terbiasa dengan system bunga, sub systemnya perbankan kapitalis. Karena pendukung-pendukung kapitalis berusaha memberikan justifikasi yang kuat atas system bunga, sehingga masyarakat muslim banyak sekali yang merasa yakin kalau mereka sah-sah saja memungut bunga dari uang yang mereka pinjamkan.

Pada tulisan artikel saya sebelumnya, saya sudah mengungkapkan bahwa justifikasi kalangan kapitalis bagi bunga yang dibebankan oleh kreditor kepada debitor dengan menginterprestasikannya sebagai hak modal atas sebagian profit yang dituai debitor berkat uang yang dipinjamnya adalah tidak berdasar , karena pada kenyataannya debitor banyak yang memakai uang pinjamannya bukan untuk aktivitas produktif (sector rill) seperti perniagaan barang dan jasa tapi untuk memutarkan uang tsb pada sector yang berbau spekulatif seperti untuk mengambil keuntungan pada instrument finansial market.

Selain justifikasi tsb di atas , sejumlah pendukung kapitalis juga memberikan justifikasi yang kuat bagi bunga, mereka menggunakan konsep uang present value yaitu mereka menginterprestasikan bunga sebagai selisih antara nilai sekarang (actual) suatu komoditas dan nilai masa datangnya. Interprestasi ini didasarkan pada pandangan bahwa waktu memainkan peran positif dalam formulasi nilai. Misalnya, nilai tukar satu rupiah hari ini lebih besar dari nilai tukar besok atau waktu yang akan datang. Hal ini kita bisa lihat pada buku The Economics of Money, Banking and Financial Markets karya Prof Frederic S.Mishkin dari Columbia University Bab Perilaku Suku Bunga hal 90.

Pengertian ini benar menurut Prof.Frederic S.Mishkin karena Anda dapat mendepositokan rupiah Anda sekarang dalam tabungan yang memberikan suku bunga dan Anda mempunyai uang lebih dari satu rupiah dalam waktu setahun ke depan.

Jika Anda meminjamkan uang satu rupiah kepada seseorang selama periode satu tahun, maka pada akhir periode itu Anda berhak menerima pengembalian pinjaman lebih dari satu rupiah, karena Anda tidak mendopositokan uang Anda di bank. Sehingga dengan begitu Anda dapat mempertahankan nilai tukar rupiah Anda sebagaimana saat Anda pinjamkan satu tahun sebelumnya. Semakin lama jangka waktu kredit, semakin besar pula bunga yang berhak diterima oleh kreditor, sesuai dengan makin besarnya selisih antara nilai aktual dan nilai masa datang uang yang dipinjamkan.

Gagasan dibalik justifikasi kapitalis ini berdiri di atas pijakan yang salah, dimana distribusi pascaproduksi ditempatkan dalam kerangka teori nilai. Dalam Islam Teori Distribusi pascaproduksi terpisah dari Teori NILAI, banyak factor-faktor produksi yang berperan dalam formulasi NILAI tukar suatu komoditas yang dihasilkan, namun tidak berhak mendapatkan bagian dari komoditas itu. (Iqtishaduna, Teori Distribusi Pascaproduksi , M.Baqir AsShadr)

Saya ambil contoh , bila seorang individu memperoleh kayu di hutan yang tidak bertuan lalu ia meminta orang lain seorang pekerja untuk mengolahnya menjadi meja atau kursi, dalam Islam walaupun pekerja itu menambah NILAI pada kayu tsb karena mengubahnya menjadi meja/kursi , si pekerja tidak berhak untuk memiliki meja/kursi tsb tapi kepemilikan tetap pada individu yang memeperoleh kayu di hutan tsb dan si pekerja hanya berhak menerima upah dari kerjanya tsb.

Jadi, dari sudut pandang Islam, kreditor tidak berhak menerima bunga bahkan jika benar bahwa NILAI tukar aktual komoditasnya lebih besar dari NILAI tukarnya di masa datang, karena alasan ini tidak cukup dijadikan dasar justifikasi bagi bunga yang melambangkan selisih di antara dua nilai tsb. (Iqtishaduna, Teori Pasca Produksi Islami , M.Baqir As-Shadar).

Dalam Islam tidak mengakui pendapatan yang tidak didasarkan pada kerja baik kerja langsung maupun kerja yang tersimpan (Sewa). Bunga adalah pendapatan yang tidak didasarkan pada kerja, karena ia menurut pendangan kapitalis hanya merupakan hasil dari factor waktu bukan hasil dari factor kerja. Maka, wajar jika Islam melarang pemilik modal menggunakan waktu sebagai dasar untuk memperoleh pendapatan riba.

Wallahua'lam
Salam

http://alihozi77.blogspot.com
Hp: 0813-882-364-05 atau email ali.hozi@yahoo.co.id

3.

(Ucapan) SELAMAT TAHUN NBARU 1431 h

Posted by: "bujang kumbang" bujangkumbang@yahoo.co.id   bujangkumbang

Sun Dec 20, 2009 6:05 pm (PST)



"Orang yang baik adalah bukannya yang tidak pernah melakukan kesalahan tetapi yang mengakui kesalahan dan memperbaikinya...(Kehilangan Tongkat--H. Rhoma Irama)

SELAMAT TAHUN BARU 1431 HIJRIYAH
SEMOGA MAKIN MEMAKNAI HIDUP DAN SUKSES SELALU
AMIN.

Wassalam
Fiyan Arjun

Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang Lebih Cepat hari ini! http://id.mail.yahoo.com
4.

10 KUNCI KESUKSESAN

Posted by: "interaktif" diifaa_03@yahoo.com   diifaa_03

Sun Dec 20, 2009 11:39 pm (PST)



Sukses itu milik semua orang. Setiap orang mempunyai potensi untuk menjadi sukses. Tinggal bagaimana setiap individu mempunyai kemauan untuk mewujudkan apa yang diimpikan. Di dalam Alqur'an disebutkan bahwa Allah tidak akan merubah nasib hambanya kalau hambanya tidak mau merubah nasibnya sendiri. Hal itu menunjukkan bahwa nasib baik ataupun buruk itu tergantung bagaimana usaha kita untuk terus berubah menjadi lebih baik.

Orang sukses itu bukan karena nasib mereka yang mujur, tetapi merekalah yang menciptakan kemujuran itu dengan kerja keras dan tidak kenal lelah. Dengan semangat menggebu tetap berusaha sehingga mencapai apa yang diimpikannya dan merubah nasibnya . mereka menjadi yang terbaik dan berkeyakinan dengan berperan aktif akan mampu mengantarkan mereka ke gerbang kesuksesan
Dalam buku dream revolution, Doctor Ibrahim El fikly, motivator kelas dunia ingin menularkan semangatnya kepada kita untuk mewujudkan semua impian – impian kita yang besar agar terealisasi menjadi nyata.

Terdapat sepuluh kunci untuk meraih kesuksesan yang dijelaskan dalam buku ini. kesepuluh dari kunci itulah yang diterapkan oleh penulis dalam kehidupannya. Melalui perjuangan, keuletan, pembelajaran dan perbaikan diri yang dilakukan secara intens dalam waktu yang tidak pendek.

Sepuluh kunci kesuksesan itu adalah motivasi, energy yang menggerakkan kita untuk tidak berputus asa dalam perjalanan menggapai impian, pengetahuan, imajinasi, tindakan, optimisme, keteguhan, fleksibilitas, sabar dan disiplin. Kesemua itu telah dijelaskan secara detail dalam buku ini.

Sekarang kesuksesan itu ada di tangan anda. Anda mempunyai kekuatan untuk menjadi apa yang ada inginkan, melakukan ataupun memiliki apapun yang menjadi keinginan anda. Satu –satunya yang dibutuhkan adalah keputusan untuk menjalani hidup dengan sempurna.

belajar mengikat makna dari buku "DREAM REVOLUTION" karya Dr. Ibrahim El fikly

salamWiwik hafidzoh

http://diifaa.multiply.com

New Email addresses available on Yahoo!
Get the Email name you've always wanted on the new @ymail and @rocketmail.
Hurry before someone else does!
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/aa/
5.

[ Kesehatan ] Kloset Jongkok Lebih Baik buat Kesehatan

Posted by: "Afi Pati" afi.pati@yahoo.com   afi.pati

Sun Dec 20, 2009 11:39 pm (PST)



Kloset Jongkok Lebih Baik buat Kesehatan
KOMPAS.com —
Gangguan fungsi kemih sebenarnya bisa dikurangi dengan berbagai cara.
Salah satunya dengan mengurangi konsumsi minuman yang mengandung
kafein, alkohol, serta obat-obatan.
"Kafein memiliki zat yang
dapat memacu detak jantung serta meningkatkan produksi urine," kata
Mulyadi Tedjapranata, dokter Klinik Medizone di Apartemen Taman
Kemayoran, Jakarta Pusat.
Menurut Mulyadi, upaya pencegahan
gangguan kemih sejatinya bisa dilakukan sedini mungkin.. Beberapa cara
yang bisa dilakukan adalah membiasakan untuk tidak menahan keinginan
untuk buang air kecil. Bagi anak-anak, melakukan latihan buang air
kecil atau toileting assistance bahkan sudah harus dilakukan sejak
anak-anak berusia di bawah lima tahun atau balita.
Cara lain
yang efektif adalah menghindari penggunaan kloset duduk. Penggunaan
kloset duduk dalam jangka panjang akan memperbesar risiko terjadi
infeksi saluran kencing yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan
berkemih. Pasalnya, permukaan toilet umumnya menjadi perantara
penyebaran kuman. Penggunaan toilet jongkok justru lebih baik.
Pasalnya,
ini akan membuat pengguna tidak bersentuhan langsung dengan permukaan
toilet sehingga lebih higienis. "Apalagi, jika kerap memakai fasilitas
toilet umum, toilet jongkok lebih baik," ujar dia.
Tak hanya
itu, penggunaan kloset duduk juga membuat otot saluran kencing bekerja
lebih keras saat mengejang atau mengeluarkan urine. Dalam tahap ringan,
infeksi saluran kemih biasanya ditandai dengan anyang-anyangan atau
keluarnya air seni yang tak tuntas, sakit perut bagian bawah, serta
rasa sakit saat akhir buang air kecil.
Kondisi ini tentu
mengganggu aktivitas kita. Bahkan, kalau dibiarkan berlarut, ini bisa
menimbulkan infeksi pada saluran kencing, gangguan psikososial seperti
depresi dan gangguan tidur. (KONTAN/Herlina Kartika Dewi)
Regards

4F1-P4T1
Menurut Anda, seberapa berartikah uang Rp, 10.000 (Sepuluh Ribu Rupiah).. Klik Disini

Recent Activity
Visit Your Group
Biz Resources

Y! Small Business

Articles, tools,

forms, and more.

Yahoo! Groups

Auto Enthusiast Zone

Auto Enthusiast Zone

Car groups and more!

Yahoo! Groups

Do More For Dogs Group

Join a group of dog owners

who do more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web

Tidak ada komentar: