Rabu, 30 Desember 2009

[FISIKA] Digest Number 2935

Messages In This Digest (3 Messages)

1a.
saran From: Heri Kuswoyo
1b.
Re: saran From: frank_the_hero
2a.
Re: Bls: [FISIKA] (unknown) From: W

Messages

1a.

saran

Posted by: "Heri Kuswoyo" anak_gajahdemak@yahoo.com   anak_gajahdemak

Tue Dec 29, 2009 4:47 pm (PST)



mengajarkan yang paling mudah adalah memolakan pengertian, untukmempermudah dalam menangkap fisika selain dengan rumus juga di imajinasikan dengan sesuatu obyek yang mudah ditangkap, misalnya tentang Gaya F=m.a, bisa diimajinasikan seorang subyek manusia, jika seseorang berGaya misalnya disuatu catwalk dia pasti mempunyai massa berat badan tubuh, yang tertentu untuk menjadi model(massa) dan seorang model(massa) memilik percepatan... percepatan adalah hasil dari...... jadi intinya adalah fisika berkaitan dengan imajinasi.

__________________________________________________________
Dapatkan alamat Email baru Anda!
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan sebelum diambil orang lain!
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/
1b.

Re: saran

Posted by: "frank_the_hero" frank_nasch@yahoo.com   frank_the_hero

Tue Dec 29, 2009 6:44 pm (PST)





Hmmm...

ide pak Heri untuk mengajarkan fisika dengan diimajinasikan dengan suatu objek yang mudah ditangkap sebenarnya sangat menarik.

Namun, saya agak keberatan dengan contoh yang pak Heri berikan karena cenderung menyesatkan. Saya akui contoh tersebut memang lucu ketika diimajinasikan, tetapi rasanya konsep Hukum Newtonnya kok jadi agak aneh...?

Hmmm....

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, Heri Kuswoyo <anak_gajahdemak@...> wrote:
>
> mengajarkan yang paling mudah adalah memolakan pengertian, untukmempermudah dalam menangkap fisika selain dengan rumus juga di imajinasikan dengan sesuatu obyek yang mudah ditangkap, misalnya tentang Gaya F=m.a, bisa diimajinasikan seorang subyek manusia, jika seseorang berGaya misalnya disuatu catwalk dia pasti mempunyai massa berat badan tubuh, yang tertentu untuk menjadi model(massa) dan seorang model(massa) memilik percepatan... percepatan adalah hasil dari...... jadi intinya adalah fisika berkaitan dengan imajinasi.
>
>
>
> __________________________________________________________
> Dapatkan alamat Email baru Anda!
> Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan sebelum diambil orang lain!
> http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/
>

2a.

Re: Bls: [FISIKA] (unknown)

Posted by: "W" wildan.m@gmail.com   hawking_123

Tue Dec 29, 2009 9:47 pm (PST)



Setuju .., menerangkan yang berdasarkan eksperimen ....atau pakai pola CTL

Tapi saya belum pernah jadi guru, yang pasti jadi guru yang ideal itu tidak
mudah ... :d, perlu kerja keras,latihan dan
terus menekuni ilmunya ...

Salam,
Wildan

---
---
OpenThink Labs Indonesia | http://www.openthinklabs.com
Harmonizing IT, Business and Education

Negeri Pelangi | http://www.negeripelangi.com
a Pay it Forward Company

Wildan Maulana Official Blog | http://wildan.negeripelangi.com

>> +62-87884599249

Y! : hawking_123
Linkedln : http://www.linkedin.com/in/wildanmaulana

2009/12/28 Kartijo Dewantoro <dkartijo@yahoo.co.id>

>
>
> Salam sejahtera mas Handoko,
>
> kalo boleh saya nambahin ne, soalnya saya tertarik dengan guru yang ideal,
> yang susah nyarinya...
>
> Gimana kalo kawan-kawan yang ingin menjadi guru fisika, sebelum menjadi
> guru fisika, menjadi fisikawan dulu.....hehehe
>
> Tapi, fisikawan di sini saya artikan sebagai perilaku yang dihasilkan oleh
> hasil eksperimen. Saya jadi ingat pesan kata P. Drost (alm): "sebelum
> menjadi pengajar sains (fisika), sebaiknya ia menjadi seorang saintis
> dahulu" ...
>
> Hal tersebut dimaksudkan agar nantinya seorang guru fisika dapat bercerita
> lebih banyak akan pengalamannya kepada siswa, bukan berdasarkan informasi
> baik dari buku apalagi kata orang...
>
> Buku fisika yang dipelajari hingga kini nampaknya tidak mengalami banyak
> perubahan dari dulu. Isinya itu-itu melulu, yang kalau siswa mau membacanya
> mungkin akan memahaminya. Namun, sosok guru yang mampu menceritakan
> berdasarkan eksperimennya masih jarang lho...
>
> Salam
>
> --- Pada *Sel, 22/12/09, Handoko <handoko_02@yahoo.com>* menulis:
>
>
> Dari: Handoko <handoko_02@yahoo.com>
> Judul: [FISIKA] (unknown)
> Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
> Tanggal: Selasa, 22 Desember, 2009, 11:11 AM
>
>
>
> Selamat malam semuanya..
>
> Maaf, akhirnya saya ingin ikut berkomentar dan mengungkapkan pendapat..
> Kepada mbak/mas "Sulistyo As", yang menuliskan 6 faktor guru ideal, rasanya
> saya kurang bisa menyetujuinya. Sekiranya kira berbicara tentang guru ideal,
> tentu yang dalam konsepnya kondisi ideal itu sulit sekali dicapai tapi bisa
> dibicarakan.
> Apakah guru ideal memerlukan pengawasan untuk mengajar ?! saya sangat tidak
> setuju dengan pendapat ini..
>
> Baiklah, lebih baik saya coba utarakan pendapat saya mengenai guru fisika
> yang ideal.
> Secara umum, seorang guru ideal menurut saya adalah seorang yang dijadikan
> panutan oleh si murid.. seseorang bisa saja membeli buku atau pendidikan
> formal tetapi tidak rasa hormat, maka dari itu seseorang guru harus bisa
> menimbulkan kerelaan para muridnya untuk menghargainya / menghormatinya. .
> itu secara figur..
>
> Secara keilmuan, seorang guru fisika yang ideal menurut saya tidak
> memerlukan berbagai macam faktor2 eksternal seperti pengawasan, gaji, dan
> fasilitas.. saya rasa yang paling terpenting yg harus dimiliki oleh para
> pengajar adalah memiliki jiwa atas bidangnya (kecintaan akan bidangnya,
> memiliki motivasi mengajar yang tinggi, memiliki visi yang unik, atau secara
> umum memiliki jiwa yang hidup).. Bukan sekedar ilmu yang tinggi atau gelar
> yang berjejer yg terpenting, karena ilmu tinggi atau banyaknya gelar sama
> sekali tidak menjamin apakah kegiatan belajar mengajar bisa terlaksana
> dengan baik apa tidak.
>
> Apabila seorang guru memiliki jiwa yang hidup terhadap bidangnya (fisika),
> maka sang guru akan bisa mencerita dengan begitu indahnya tentang bidangnya
> (fisika). Ditangannya, bidangnya bukanlah sesuatu yang mati dan membosankan,
> tetapi merupakan sesuatu yang hidup dan menarik perhatian. Seseorang yg
> memiliki jiwa yg hidup terhadap bidangnya (fisika) biasanya juga disertai
> pengetahuan yg dalam dan sudut pandang yg luas akan masalah yg akan
> dijelaskannya (fisika). Sang guru biasanya juga memiliki filosofi yang
> tinggi, memahami posisinya dan memiliki kehormatan akan apa yang dia
> lakukan, sebagai pengajar yg bisa jadi merubah jalan hidup para siswanya..
> Dengan jiwa yang hidup dan semangat yg tinggi, sang guru biasanya akan
> terdorong mengabdikan dirinya, mengeluarkan segenap usahanya yang terbaik
> untuk menjadi partner belajar yang terbaik bagi siswanya.. segenap usaha ini
> terkadang bisa menggugah hati manusia, dan mengubah sudut pandang banyak
> manusia terhadap apa yang sang guru lakukan.. sang guru tidak akan segan2
> berpikir bagaimana cara terbaik menyampaikan topiknya, bagaimana cara
> terbaik membuat suasana pengajaran menjadi hidup, bagaimana cara menangkap
> kebingungan yang terjadi selama pengajaran, bagaimana cara membuka wawasan
> para muridnya akan dunia yang begitu indah dan luas ini.. ! Terkadang kita
> tidak tahu seberapa indah dan besarnya alam sekitar kita sampai mata dan
> sudut pandang kita terbuka akan hal tersebut.. adalah peran sang guru untuk
> menyampaikan dunia indah yang dapat dilihatnya sehingga orang lain juga
> dapat turut serta merasakannya. . (yang tentunya bukan rumus2 fisika tanpa
> arti dalam benak para murid..)
>
> Janganlah menyalahkan murid yang tidak kooperatif atau tidak mau bekerja
> sama dengan proses belajar mengajar ini karena tidak semua murid akan
> tergerak, dan tidak semua murid menyukai fisika. Hubungan kedua pihak
> merupakan hubungan yang memerlukan kerja sama guru dan murid. Kita tidak
> bisa memaksa murid untuk berubah sesuai dengan keinginan kita, sebab setiap
> manusia adalah unik dan berbeda, tetapi kita bisa merubah diri kita sendiri
> dan mengeluarkan yang terbaik dari diri kita sendiri. Ibaratnya, kalau kita
> tinjau hubungan yang ideal, dibutuhkan kerja sama dari pihak A 100% dan dari
> pihak B 100%. Kita hanya bisa mencapai kondisi ideal ini apabila kita
> sebagai salah satu pihak (guru) juga mengeluarkan 100%, bukan 90% atau 50%..
> terlepas dari kondisi pihak yang lainya lagi.. Kita bisa mulai dari diri
> sendiri, tanpa perlu menyalahkan pihak kedua (murid) sama sekali.. dan
> dengan demikian kita tidak akan menyesal karena telah berusaha yang
> terbaik..
>
> Semua yang telah disebutkan diatas tentunya harus disertai dengan
> kebijaksanaan yang tinggi.. karena kondisi totalitas 100% memerlukan
> determinasi diri yang sangat kuat, kondisi dimana seseorang telah
> mengalahkan dirinya sendiri, sehingga dia tidak akan terganggu terhadap
> gangguan eksternal untuk memberikan yg terbaik dari dirinya sendiri
> (gangguan2 seperti harta / gaji, fasilitas, murid yang buruk, berbagai
> masalah yg dialami sang guru, pengawasan, dsb).. sehingga setiap saat sang
> guru akan tampil 100% semangat dan menginspirasi murid2nya.
>
> Motivasi yang tinggi, kecintaan yang tinggi serta jiwa yang hidup akan
> bidangnya dan pekerjaannya, totalitas atau pengabdian yang tidak
> setengah-setengah akan bidang/pekerjaanya, saya rasa itulah faktor-faktor
> yang akan menjadikan seseorang menjadi guru ideal bagi saya.
>
> Terlalu ideal ?! Ya karena kita bicara kondisi ideal.. dan saya
> mengungkapkan idealisme saya.. tetapi segalanya bisa bermula dari kekuatan
> hati kita, inner strength inside us as human beings ..
>
> Teman saya pernah berkata, "Scientists must have genuine motives.
> Otherwise, they won't have dramatic inspirations for invention."
>
> Salam hormat dari saya. Semua ini murni merupakan pendapat pribadi saya
> atau pandangan hidup saya, tidak ada yang benar atau salah.. karena setiap
> manusia bebas memiliki pendapatnya masing2 sesuai hati nuraninya.
>
> Handoko Luo
> M1 Osaka Univ.
>
>
>
> ------------------------------
> Lebih aman saat online.
> Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih cepat<http://us.lrd.yahoo.com/_ylc=X3oDMTFndmQxc2JlBHRtX2RtZWNoA1RleHQgTGluawR0bV9sbmsDVTExMDM0NjkEdG1fbmV0A1lhaG9vIQ--/SIG=11kadq57p/**http%3A//downloads.yahoo.com/id/internetexplorer/>yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis. Dapatkan
> IE8 di sini!<http://us.lrd.yahoo.com/_ylc=X3oDMTFndmQxc2JlBHRtX2RtZWNoA1RleHQgTGluawR0bV9sbmsDVTExMDM0NjkEdG1fbmV0A1lhaG9vIQ--/SIG=11kadq57p/**http%3A//downloads.yahoo.com/id/internetexplorer/>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Celebrity Parents

Spotlight on Kids

Hollywood families

share stories

Cat Zone

on Yahoo! Groups

Join a Group

all about cats.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: