Rabu, 16 Desember 2009

[FISIKA] Digest Number 2925

Messages In This Digest (18 Messages)

1a.
Re: Mohon petunjuk [1 Attachment] From: Mariano Nathanael
1b.
Re: Mohon petunjuk From: Chandra Wiraputra
2.1.
Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya.. From: Mariano Nathanael
2.2.
Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya.. From: Muhammad Hikam
2.3.
Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya.. From: Den Bagusnya
2.4.
Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya.. From: frank_the_hero
2.5.
Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya.. From: Zaenal Arief
2.6.
Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya.. From: Putri bungaH
2.7.
Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya.. From: Zaenal Arief
2.8.
Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya.. From: Zaenal Arief
2.9.
Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya.. From: Zaenal Arief
2.10.
Bls: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya.. From: sigit jaya herlambang
3a.
Pertanyaan mengenai symbol From: Fendy
3b.
Re: Pertanyaan mengenai symbol From: Haryo Sumowidagdo
3c.
Re: Pertanyaan mengenai symbol From: Fendy
3d.
Re: Pertanyaan mengenai symbol From: Haryo Sumowidagdo
4.
MECHANICAL ENGINEER (211-93) & PROJECT SCHEDULER (21168) From: Mbp
5.
Tentang paradigma milis From: Putu Sudiarta

Messages

1a.

Re: Mohon petunjuk [1 Attachment]

Posted by: "Mariano Nathanael" mariano_nathanael@yahoo.co.id   mariano_nathanael

Tue Dec 15, 2009 12:33 pm (PST)



Dari gambar yang di attach, maka saya bisa memahami penjelasan dari mas Chandra, dan dari latar belakang mas Chandra saya bisa memahami bahwa yang dimaksud dengan Fb adalah sebenarnya wb dalam notasi fisika yang biasa digunakan (gaya berat benda B) . Hanya saja ada beberapa hal yang mau saya diskusikan kembali.

1. Perhatikan segitiga yang dibentuk oleh katrol, benda B dan dinding, kenapa sudut teta-nya ada dua ya? Bukankah seharusnya sudut antara Tb dan Tbcos(teta) yang ada di gambar adalah (90-teta) ? Kalau notasi seperti ini yang dipakai, maka Tb cos (teta) seharusnya adalah Tb sin(teta) dan gaya yang menarik benda B ke dinding adalah Fb.cos(teta).sin(teta)

2. Rumus jarak-waktu : s=S0 +V0t + ½ a t^2 yang digunakan sebenarnya adalah rumus khas dari GLBB. Jadi jika kita setuju bahwa percepatan sistem bukanlah GLBB, maka rumus tersebut tidak bisa dipakai.

Nah, disinilah letak kesulitannya menurut saya. Bagaimana persamaan jarak dan waktunya pada sistem di soal ini? Tanpa menemukan persamaan jarak-waktu ini sepertinya soal ini tidak bisa dipecahkan...

,_.___

Attachment(s) from Chandra Wiraputra

1 of 1 Photo(s)

<http://groups.yahoo.com/group/fisika_indonesia/attachments/folder/1759841413/item/1264190561/view> aa.JPG

<http://groups.yahoo.com/group/fisika_indonesia/attachments/folder/1759841413/item/1264190561/view> aa.JPG

1b.

Re: Mohon petunjuk

Posted by: "Chandra Wiraputra" channy_36ml@yahoo.com   channy_36ml

Tue Dec 15, 2009 2:47 pm (PST)



kalau memang tidak menggunakan rumus GLBB, jadi 1 cara pemecahan kasus ini cuma dengan menggunakan integral dan differensial. karena saya tidak mempelajarinya lebih dalam saya tidak bisa membantu lebih dari ini.... tapi menurut saya, walaupun a berubah menurut waktu rumus GLBB itu masih bisa di gunakan. hanya saja tidak bisa mendapatkan angka pasti dari persamaan tersebut. kecuali menggunakan integral.

--- On Tue, 12/15/09, Mariano Nathanael <mariano_nathanael@yahoo.co.id> wrote:

From: Mariano Nathanael <mariano_nathanael@yahoo.co.id>
Subject: RE: [FISIKA] Mohon petunjuk
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Date: Tuesday, December 15, 2009, 10:47 AM

 

Dari gambar yang di attach, maka saya bisa memahami
penjelasan dari mas Chandra, dan dari latar belakang mas Chandra saya bisa
memahami bahwa yang dimaksud dengan Fb adalah sebenarnya wb dalam notasi fisika
yang biasa digunakan (gaya berat benda B) . Hanya saja ada beberapa hal yang mau
saya diskusikan kembali.

1.      
Perhatikan segitiga yang
dibentuk oleh katrol, benda B dan dinding, kenapa sudut teta-nya ada dua ya? Bukankah
seharusnya sudut antara Tb dan Tbcos(teta) yang ada di gambar adalah (90-teta)
? Kalau notasi seperti ini yang dipakai, maka Tb cos (teta) seharusnya adalah
Tb sin(teta) dan gaya yang menarik benda B ke dinding adalah Fb.cos(teta) .sin(teta)

2.      
Rumus jarak-waktu : s=S0 +V0t
+ ½ a t^2 yang digunakan sebenarnya adalah rumus khas dari GLBB.
Jadi jika kita setuju bahwa percepatan sistem bukanlah GLBB, maka rumus
tersebut tidak bisa dipakai.

Nah, disinilah letak kesulitannya menurut saya. Bagaimana
persamaan jarak dan waktunya pada sistem di soal ini? Tanpa menemukan persamaan
jarak-waktu ini sepertinya soal ini tidak bisa dipecahkan.. .

 

,_.___

Attachment(s) from Chandra Wiraputra

1 of 1 Photo(s)


aa.JPG

2.1.

Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Posted by: "Mariano Nathanael" mariano_nathanael@yahoo.co.id   mariano_nathanael

Tue Dec 15, 2009 12:33 pm (PST)



Ya, ya betul Pa Zaenal, karakter building itu perlu, jadi saya setuju
menjawab juga perlu berhati-hati dan bijak supaya bukan hanya pertanyaannya
yang terjawab, tapi juga kalau dapat memberi sesuatu yang lebih dalam lagi
untuk membangun si penanya itu sangat baik. Meskipun saya ini guru, tapi
untuk hal itu saya juga harus banyak belajar, yaitu untuk mendengar bukan
hanya yang ditanyakan saja, tetapi mendengar pertanyaan yang tidak
dikatakannya sehingga jawaban kita (yang sudah bisa mendengar yang tidak
dikatakannya) menjadi lebih lengkap dan lebih membangun.

Untuk mencapai tingkatan ini butuh banyak pengalaman hidup, perlu banyak
mengenal watak manusia dan perlu mengenal diri sendiri. Inilah
jawaban-jawaban orang-orang bijak yang dalam dan padat dengan nasihat dan
pengalaman hidup. Saya sendiri masih harus banyak belajar untuk hal ini.

Terimakasih Pa Zaenal sudah mengingatkan kami...

From: fisika_indonesia@yahoogroups.com
[mailto:fisika_indonesia@yahoogroups.com] On Behalf Of zaenal@pudak.com
Sent: Tuesday, December 15, 2009 7:59 PM
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Subject: RE: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

pak Mariano,

kalo gak salah perkenalan bapak kan bapak ini guru, saya rasa kalo
bapak nggak mau komen itu hak bapak tapi saya juga concern sama
carracter building pak , selain ngajar ilmunya juga kita bangun
carracter nya seperti nggak mudah menyerah, jadi kalo jawaban bukan ke
soalnya tapi minta dia cari di literatur kan baik juga pak....?

Quoting Mariano Nathanael <mariano_nathanael@yahoo.co.id
<mailto:mariano_nathanael%40yahoo.co.id> >:

> Wah, nama saya disebut sama mas Haryo nih, dipuji lagi, hehe, thanks ya...
>
> Saya sebenarnya tidak berniat menanggapi diskusi pada topik ini, karna
> pertama-tama membaca pertanyaannya, saya berpikir bahwa pertanyaannya
cukup
> mudah untuk dijawab, tinggal mau baca buku-buku fisika SMA saja sudah ada
> jawabannya, tidak membutuhkan pemikiran yang rumit dan mendalam (ini
menurut
> saya lhooo... sori kalo menyinggung ya...). Kemudian topik ini menjadi
> 'berkembang jauh' seperti ini saya jadi makin tidak mau berpendapat.
>
> Pertanyaan yang dilontarkan kalau tidak mau jawab ya sudah, tetapi kalau
mau
> jawab, jawablah dengan baik. Itu saja pendapat saya (akhirnya berpendapat
> juga deh... :D).
>
>

2.2.

Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Posted by: "Muhammad Hikam" m.hikam@gmail.com   hikam2003

Tue Dec 15, 2009 4:53 pm (PST)



Saya rasa penjelasan dari Mas Haryo Sumowidagdo ini dapat dijadikan semacam
pedoman bertanya di mailing-list. Code of conduct on how to pose question.

Selamat berdiskusi lagi.

2009/12/15 Haryo Sumowidagdo <sumowidagdo@gmail.com>

>
>
>
> Pendapat pak Zaenal ini benar. Di ruang kelas atau kuliah, jika ada seorang
> murid yang bertanya, guru/dosen sudah tahu murid ini sudah belajar apa saja.
> Sehingga guru/dosen bisa memformulasikan jawaban yang bisa dicerna murid
> sesuai dengan pengetahuan sang murid.
>
> Namun di mailing list, tanpa informasi yang cukup, sulit untuk mengetahui
> latar belakang pengetahuan seseorang.
>
> Padahal untuk menjawab pertanyaan dengan baik kita *perlu* tahu sedalam apa
> pengetahuan orang yang bertanya.
>
> Contoh: pertanyaan "Mengapa gelombang elektromagnetik bisa merambat dalam
> ruang hampa ?"
>
> 1) Jika yang bertanya anak SMP/SMA, kita tidak bisa menjawab dengan
> menggunakan persamaan Maxwell. Kita harus menggunakan analogi yang lain.
>
> 2) Jika yang bertanya siswa tingkat I untuk mata kuliah fisika dasar,
> mungkin kita bisa menggunakan sedikit konsep persamaan gelombang, namun
> persamaan Maxwell masih belum bisa digunakan.
>
> 3) Jika yang menanyakan siswa tingkat II/III di departemen seperti teknik
> elektro, teknik fisika, fisika, astronomi, geofisika yang sudah kuliah teori
> medan elektromagnet, kita bisa menggunakan persamaan Maxwell.
>
> Inilah mengapa saya sering menekankan agar pertanyaan di mailing list
> *dituliskan dengan jelas dan detail*, dan *jangan merupakan pertanyaan satu
> atau dua baris*. Mailing list bukan ruang kelas, bukan ruang kuliah. Para
> anggota tidak saling mengenal, tidak mengetahui latar belakang anggota lain.
> Menuliskan pertanyaan dengan baik dan detail membantu orang yang menjawab
> untuk menuliskan jawaban yang lebih
> baik, jawaban yang lebih sesuai dengan latar belakang yang menanyakan.
>
> Perhatikan misalnya bagaimana Ibu Regina atau Pak Mario Nathanael
> menuliskan pertanyaannya, dan bagaimana anggota lain pun mau sukarela
> menjawab dengan detail dan rinci. Itu semua karena pertanyaan dan problemnya
> dituliskan dengan baik.
>
> Memang perlu waktu dan latihan untuk bisa menuliskan pertanyaan dengan baik
> seperti Ibu Regina/Pak Mario. Itulah sebabnya saya masih melewatkan posting
> pertanyaan satu-atau-dua baris untuk mendidik anggota bagaimana bertanya
> dengan baik. Dengan "friendly advice"/nasihat anggota akan tahu bahwa cara
> dia menuliskan pertanyaan/masalah sama sekali tidak akan memberikan jawaban
> yang memuaskan.
>
> Haryo
>
>
> --- In fisika_indonesia@yahoogroups.com<fisika_indonesia%40yahoogroups.com>,
> zaenal@... wrote:
> >
> > Pak Shofhi,
> > kalo saya justru pengintau dulu latar belakang penanya, minimal
> > tingkat pendidikannya sekarang apa? karena dengan tau tingkat
> > pendidikannya menjawabnya juga bisa lebih pas, karena di milis sering
> > kali orang nulis pake bahasa gaul jadi kita nggak tau persis latar
> > belakang si penanya apalagi ananya singkat2.
> >
> > bisa aja penanya menanyakan PR apa iya pak shofhi mau kasih jawabnya?
> >
> > bisa aja itu ibu atau baoaknya anak SD yg lagi bantu anaknya , ya
> > pasti saya usahakan bantu jawab
> >
> > bisa aja anak SMP yg pengin tau ya pasti dijawab....
> >
> > kalo kayak gini: rekans tanya dong kalo benda jatuh bebas itu hukum
> > newton 1 apa 2, trims ya ...nggak pake lama loh.....
> >
> > pak Shofhi apa iya mau jawab?? saya sih langsung suruh dia google
> >
> > Zaenal
>
>
>
2.3.

Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Posted by: "Den Bagusnya" milis75@yahoo.com.sg   milis75

Tue Dec 15, 2009 6:16 pm (PST)



maap gw ga mau diem, Nal :D

pada kenyataanya komentar2 terhadap pertanyaan,
komentar2 yang tidak menjawab itu hanya celotehan
bentuk rasa kekesalan
yang mengatasnamakan karakter building

jadi kalo ada pertanyan saran gw (dari dulu & selalu)
1. jawab dulu tuh pertanyaan
2. baru kalo mo nambahin embel2 silahkan setelah jawab

logisnya ky gt,
kalo ky gt dianggap kekanak2an, monggo kerso

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, zaenal@... wrote:
>
> den bagus, saya lagi perjalanan dari jkt ke bandung di mobil jadi
> males ngetik panjang 2 tapi bacalah posting pak Haryo akan terjawab
> deh postingan anda yg sedikit miring dengan kata2 kalo nggakbisamaka
> dieam aja deh....
>
> semoga anda lebih dewasa kelak dalam menghargai lawan bicara
>
> Zaenal
>
> Quoting Den Bagusnya <milis75@...>:
>
> > sorry mory nich,
> > saya merasa aneh, kenapa di milis fisika
> > terjadi hal-hal yang tidak logis.
> >
> > kalo ada pertanyaan yang timbul malah bukan
> > jawaban yang dibutuhkan, eh malah komentar2
> > yang nanya siapa, udah belajar belom, udah
> > cari di google/wiki belum, bapakmu siapa gurumu siapa :D
> > dlsb.
> >
> > Sebaiknya yang logis aja lah, kalo bisa jawab
> > ya jawab aja kalo salah nanti akan ada yg mbetulin,
> > kalo ga bisa maka diem aja lah.
> >
> >
> > maap ikut2an ga logis cuma opini, ga njawab pertanyaan
> > karena udah dijawab duluan :D
> >
> > D Bey
> >
> >
>

2.4.

Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Posted by: "frank_the_hero" frank_nasch@yahoo.com   frank_the_hero

Tue Dec 15, 2009 6:35 pm (PST)





--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "Den Bagusnya" <milis75@...> wrote:
>
> maap gw ga mau diem, Nal :D
>
> pada kenyataanya komentar2 terhadap pertanyaan,
> komentar2 yang tidak menjawab itu hanya celotehan
> bentuk rasa kekesalan
> yang mengatasnamakan karakter building

Maksud anda "Trash Talk"? Hal itu memang sebaiknya dihindari. Dan saya juga setuju jika Trash Talk yang mengarah ke menyudutkan pribadi tertentu JANGANLAH disamaratakan dengan character building.

Kawan-kawan sesama milis MFI, mohon jangan memanas-manasi apalagi mengompor-ngompori jika ada sesama rekan yang diskusinya jadi 'panas'. Tanpa menyalahkan individu tertentu, saya perhatikan memang ada kecenderungan beberapa rekan yang senang membuat situasi semakin runyam begitu suasana memanas, dengan komentar-komentar yang 'tanpa pikir panjang' dan 'ikut-ikutan'. Ini jelas adalah Trash Talk, dan bukan Character Building!

2.5.

Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Posted by: "Zaenal Arief" zaenal@pudak.com

Tue Dec 15, 2009 6:58 pm (PST)



Ya pak Mariano sama-sama, karena tugas kita bersama untuk membangun karakter
bangsa yg keliatannya mulai melemah ..

_____

From: fisika_indonesia@yahoogroups.com
[mailto:fisika_indonesia@yahoogroups.com] On Behalf Of Mariano Nathanael
Sent: Tuesday, December 15, 2009 10:15 PM
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Subject: RE: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Ya, ya betul Pa Zaenal, karakter building itu perlu, jadi saya setuju
menjawab juga perlu berhati-hati dan bijak supaya bukan hanya pertanyaannya
yang terjawab, tapi juga kalau dapat memberi sesuatu yang lebih dalam lagi
untuk membangun si penanya itu sangat baik. Meskipun saya ini guru, tapi
untuk hal itu saya juga harus banyak belajar, yaitu untuk mendengar bukan
hanya yang ditanyakan saja, tetapi mendengar pertanyaan yang tidak
dikatakannya sehingga jawaban kita (yang sudah bisa mendengar yang tidak
dikatakannya) menjadi lebih lengkap dan lebih membangun.

Untuk mencapai tingkatan ini butuh banyak pengalaman hidup, perlu banyak
mengenal watak manusia dan perlu mengenal diri sendiri. Inilah
jawaban-jawaban orang-orang bijak yang dalam dan padat dengan nasihat dan
pengalaman hidup. Saya sendiri masih harus banyak belajar untuk hal ini.

Terimakasih Pa Zaenal sudah mengingatkan kami...

From: fisika_indonesia@yahoogroups.com
[mailto:fisika_indonesia@yahoogroups.com] On Behalf Of zaenal@pudak.com
Sent: Tuesday, December 15, 2009 7:59 PM
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Subject: RE: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

pak Mariano,

kalo gak salah perkenalan bapak kan bapak ini guru, saya rasa kalo
bapak nggak mau komen itu hak bapak tapi saya juga concern sama
carracter building pak , selain ngajar ilmunya juga kita bangun
carracter nya seperti nggak mudah menyerah, jadi kalo jawaban bukan ke
soalnya tapi minta dia cari di literatur kan baik juga pak....?

Quoting Mariano Nathanael <mariano_nathanael@
<mailto:mariano_nathanael%40yahoo.co.id> yahoo.co.id>:

> Wah, nama saya disebut sama mas Haryo nih, dipuji lagi, hehe, thanks ya...
>
> Saya sebenarnya tidak berniat menanggapi diskusi pada topik ini, karna
> pertama-tama membaca pertanyaannya, saya berpikir bahwa pertanyaannya
cukup
> mudah untuk dijawab, tinggal mau baca buku-buku fisika SMA saja sudah ada
> jawabannya, tidak membutuhkan pemikiran yang rumit dan mendalam (ini
menurut
> saya lhooo... sori kalo menyinggung ya...). Kemudian topik ini menjadi
> 'berkembang jauh' seperti ini saya jadi makin tidak mau berpendapat.
>
> Pertanyaan yang dilontarkan kalau tidak mau jawab ya sudah, tetapi kalau
mau
> jawab, jawablah dengan baik. Itu saja pendapat saya (akhirnya berpendapat
> juga deh... :D).
>
>

2.6.

Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Posted by: "Putri bungaH" putri_bungah@yahoo.com   putri_bungah

Tue Dec 15, 2009 7:41 pm (PST)



Dek,.. Kak Idha nya kata sang moderator sudah sign-out tuh dari milis ini.. benar kan Pa Zaenal??..

mmmhh... mgkn rekan2 milis ini sudah mulai gemes dengan jenis pertanyaan sdri. Idha yg muncul di milis ini sehingga tema ini menjadi menarik di bahas..

mungkin saran saja buat sang moderator, kalo pertanyaan2 semacam sdri. Idha ini ga ingin muncul di milis,.. maka di header milis (web-milis) sebaiknya dituliskan peraturan2 cara mengajukan pertanyaan..
dimulai dari status pendidikan (itu yg penting)..

ko jadi ribet ya.. mau tanya ke milis ini aja :)
kalo semua harus ikutin aturan.. maka semua menjadi ribet.

salam,
Elin

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, maldini faldo <faldo.maldini@...> wrote:
>
> wah ,, kak Idha malah jadi bahan pembicaraan ya,, semoga sukses Kak
> Idha,,,^_^
>
> InsyaAllah bisa lah Kak,... Saya yakin kakak bisa,,, ditunggu janjimu Kak,..
>
> FaLDo-Fisika UI 2008
>
>
> 2009/12/15 frank_the_hero <frank_nasch@...>
>
> >
> >
> >
> >
> > Memang agak-agak sulit untuk masalah komunikasi yang satu ini.
> >
> > Idealnya memang dosen dan profesor fisika itu baik-baik ke mahasiswanya,
> > inspiratif, panjang sabar, lucu-humoris, dan atraktif cara mengajarnya. Yah,
> > mungkin seperti Richard Feynman atau Paul G. Hewitt. Mungkin kalau di
> > Indonesia macam Bob Foster atau Yohanes Surya.
> >
> > Di lain pihak, zaman sekarang memang rada lain konsep interaksi antara
> > dosen-mahasiswa. Suka atau tidak suka, mahasiswa sekarang memang relatif
> > lebih "lembek" dibanding mahasiswa dulu. Dosennya galak sedikit,
> > mahasiswanya langsung ngambek. Padahal katanya dulu dosen itu manusia 1/2
> > dewa. Jadi kita juga tidak bisa 100% menyalahkan mereka yang galak-galak
> > kepada penanya, karena bisa jadi mereka dulu memang belajar dan diajar
> > dengan sistem seperti itu.
> >
> > Yah, ini sebenarnya termasuk generation gap di bidang akademis. Sad but
> > true.
> >
> >
> > --- In fisika_indonesia@yahoogroups.com<fisika_indonesia%40yahoogroups.com>,
> > Shofhi Amhar <shofhi.amhar@> wrote:
> > >
> > > sekedar sumbang saran, sesederhana apa pun pertanyaan yang dilempar ke
> > milis
> > > ini, mohon dilayani dengan baik. jika malas menanggapi, sebaiknya tidak
> > > memberikan lontaran-lontaran yang membuat si penanya tersudut.
> > >
> > > jujur jika saya yang bertanya kemudian ditanggapi dengan mempertanyakan
> > > latar-belakang saya, saya akan sangat kecewa.
> > >
> > > saya ikut milis fisika juga berharap dapat mengenang masa muda saya yang
> > > adalah anak eksak. tetapi saat ini, konsep fisika yang sederhana pun saya
> > > belum tentu paham. tetapi saya suka kalau ada diskusi-diskusi yang
> > berjalan
> > > baik, meskipun belum tentu paham.
> > >
> > >
> > > >
> > > >
> > >
> > >
> > >
> > > --
> > > +++
> > > [5:50] apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah
> > > yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin? (AL
> > > MAA-IDAH (HIDANGAN) ayat 50)
> > > ---
> > > Wala' untuk Islam
> > > Shofhi Amhar
> > > http://sites.google.com/site/ibnushobirin
> > >
> >
> >
> >
>

2.7.

Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Posted by: "Zaenal Arief" zaenal@pudak.com

Tue Dec 15, 2009 9:05 pm (PST)



Pak Frank,

Saya setuju dengan bapak kalo sekarang generasinya jadi "lembek", dosen
galak didemo, mobilnya dikempesin, dicoret2 , jadi dari pada mobil kreditan
dijailin, ya jadi dosen baik2 aja..gitu kan?? Nggak bisa disalahkan juga,

Sebenernya sedikit tegas akan baik untuk menempa mental under pressure yg
kayaknya harus disiapkan buat di dunia kerja sekarang ini

Zaenal

_____

From: fisika_indonesia@yahoogroups.com
[mailto:fisika_indonesia@yahoogroups.com] On Behalf Of frank_the_hero
Sent: Tuesday, December 15, 2009 1:51 AM
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Memang agak-agak sulit untuk masalah komunikasi yang satu ini.

Idealnya memang dosen dan profesor fisika itu baik-baik ke mahasiswanya,
inspiratif, panjang sabar, lucu-humoris, dan atraktif cara mengajarnya. Yah,
mungkin seperti Richard Feynman atau Paul G. Hewitt. Mungkin kalau di
Indonesia macam Bob Foster atau Yohanes Surya.

Di lain pihak, zaman sekarang memang rada lain konsep interaksi antara
dosen-mahasiswa. Suka atau tidak suka, mahasiswa sekarang memang relatif
lebih "lembek" dibanding mahasiswa dulu. Dosennya galak sedikit,
mahasiswanya langsung ngambek. Padahal katanya dulu dosen itu manusia 1/2
dewa. Jadi kita juga tidak bisa 100% menyalahkan mereka yang galak-galak
kepada penanya, karena bisa jadi mereka dulu memang belajar dan diajar
dengan sistem seperti itu.

Yah, ini sebenarnya termasuk generation gap di bidang akademis. Sad but
true.

--- In fisika_indonesia@ <mailto:fisika_indonesia%40yahoogroups.com>
yahoogroups.com, Shofhi Amhar <shofhi.amhar@...> wrote:
>
> sekedar sumbang saran, sesederhana apa pun pertanyaan yang dilempar ke
milis
> ini, mohon dilayani dengan baik. jika malas menanggapi, sebaiknya tidak
> memberikan lontaran-lontaran yang membuat si penanya tersudut.
>
> jujur jika saya yang bertanya kemudian ditanggapi dengan mempertanyakan
> latar-belakang saya, saya akan sangat kecewa.
>
> saya ikut milis fisika juga berharap dapat mengenang masa muda saya yang
> adalah anak eksak. tetapi saat ini, konsep fisika yang sederhana pun saya
> belum tentu paham. tetapi saya suka kalau ada diskusi-diskusi yang
berjalan
> baik, meskipun belum tentu paham.
>
>
> >
> >
>
>
>
> --
> +++
> [5:50] apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah
> yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin? (AL
> MAA-IDAH (HIDANGAN) ayat 50)
> ---
> Wala' untuk Islam
> Shofhi Amhar
> http://sites. <http://sites.google.com/site/ibnushobirin>
google.com/site/ibnushobirin
>

2.8.

Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Posted by: "Zaenal Arief" zaenal@pudak.com

Tue Dec 15, 2009 9:06 pm (PST)



Den Bagus,

Disinilah pentingnya mengetahui siapa lawan bicara anda, sehingga jawaban
bisa disesuaikan, saya nggak tau anda ini umur berapa, tapi kalo saya nilai
dari pola jawaban anda, gaya ABG atau pura2 jadi ABG, di milis sah-sah aja
, saya tidak akan melayani gaya anda karena memang gak bisa, walaupun saya
pernah ABG tapi jamannya lain saat itu

Saya memang liat beberapa celotehan yg tidak membangun, tapi saya rasa
mereka nggak mengatasnamakan karakter building, yg mengatasnamakan karakter
building cuman saya , jadi kalo anda bilang celotehan saya adalah ungkapan
kekesalan coba tolong tunjuknan yg mana supaya saya jangan mengeluarkan
celotehan seperti itu lagi

Saya pengin tau kalo pertanyaan seperti dibawah ini anda jawabnya apa:

1. Rekans, tanya dong kalo bola jatuh bebas itu GLB atau GLBB?? Nggak
pake lama ya trims
2. Permisi, Saya ingin tanya simbol &#969; di tabel 2 dalam paper
berikut ini menandakan apa ya ? ( copy dari posting pak Fendy)

Zaenal

_____

From: fisika_indonesia@yahoogroups.com
[mailto:fisika_indonesia@yahoogroups.com] On Behalf Of Den Bagusnya
Sent: Wednesday, December 16, 2009 9:03 AM
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

maap gw ga mau diem, Nal :D

pada kenyataanya komentar2 terhadap pertanyaan,
komentar2 yang tidak menjawab itu hanya celotehan
bentuk rasa kekesalan
yang mengatasnamakan karakter building

jadi kalo ada pertanyan saran gw (dari dulu & selalu)
1. jawab dulu tuh pertanyaan
2. baru kalo mo nambahin embel2 silahkan setelah jawab

logisnya ky gt,
kalo ky gt dianggap kekanak2an, monggo kerso

--- In fisika_indonesia@ <mailto:fisika_indonesia%40yahoogroups.com>
yahoogroups.com, zaenal@... wrote:
>
> den bagus, saya lagi perjalanan dari jkt ke bandung di mobil jadi
> males ngetik panjang 2 tapi bacalah posting pak Haryo akan terjawab
> deh postingan anda yg sedikit miring dengan kata2 kalo nggakbisamaka
> dieam aja deh....
>
> semoga anda lebih dewasa kelak dalam menghargai lawan bicara
>
> Zaenal
>
> Quoting Den Bagusnya <milis75@...>:
>
> > sorry mory nich,
> > saya merasa aneh, kenapa di milis fisika
> > terjadi hal-hal yang tidak logis.
> >
> > kalo ada pertanyaan yang timbul malah bukan
> > jawaban yang dibutuhkan, eh malah komentar2
> > yang nanya siapa, udah belajar belom, udah
> > cari di google/wiki belum, bapakmu siapa gurumu siapa :D
> > dlsb.
> >
> > Sebaiknya yang logis aja lah, kalo bisa jawab
> > ya jawab aja kalo salah nanti akan ada yg mbetulin,
> > kalo ga bisa maka diem aja lah.
> >
> >
> > maap ikut2an ga logis cuma opini, ga njawab pertanyaan
> > karena udah dijawab duluan :D
> >
> > D Bey
> >
> >
>

2.9.

Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Posted by: "Zaenal Arief" zaenal@pudak.com

Tue Dec 15, 2009 9:07 pm (PST)



Mbak Putri,

Mbak Idha japri ke saya bila terima kasih dah di jawab terus bilang mau sign
out dari milis, tapi saya bilang jangan , cuman saya nggak tau dia jadi apa
nggak sign outnya ,

Sebenernya nggak ribet lah tinggal ketik beberapa kata, aq anak kelas 7..,
atau semester 2 nih ..., ibu RT mau bantu anak bikin PR.. , dll

Zaenal

_____

From: fisika_indonesia@yahoogroups.com
[mailto:fisika_indonesia@yahoogroups.com] On Behalf Of Putri bungaH
Sent: Wednesday, December 16, 2009 10:26 AM
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Dek,.. Kak Idha nya kata sang moderator sudah sign-out tuh dari milis ini..
benar kan Pa Zaenal??..

mmmhh... mgkn rekan2 milis ini sudah mulai gemes dengan jenis pertanyaan
sdri. Idha yg muncul di milis ini sehingga tema ini menjadi menarik di
bahas..

mungkin saran saja buat sang moderator, kalo pertanyaan2 semacam sdri. Idha
ini ga ingin muncul di milis,.. maka di header milis (web-milis) sebaiknya
dituliskan peraturan2 cara mengajukan pertanyaan..
dimulai dari status pendidikan (itu yg penting)..

ko jadi ribet ya.. mau tanya ke milis ini aja :)
kalo semua harus ikutin aturan.. maka semua menjadi ribet.

salam,
Elin

--- In fisika_indonesia@ <mailto:fisika_indonesia%40yahoogroups.com>
yahoogroups.com, maldini faldo <faldo.maldini@...> wrote:
>
> wah ,, kak Idha malah jadi bahan pembicaraan ya,, semoga sukses Kak
> Idha,,,^_^
>
> InsyaAllah bisa lah Kak,... Saya yakin kakak bisa,,, ditunggu janjimu
Kak,..
>
> FaLDo-Fisika UI 2008
>
>
> 2009/12/15 frank_the_hero <frank_nasch@...>
>
> >
> >
> >
> >
> > Memang agak-agak sulit untuk masalah komunikasi yang satu ini.
> >
> > Idealnya memang dosen dan profesor fisika itu baik-baik ke mahasiswanya,
> > inspiratif, panjang sabar, lucu-humoris, dan atraktif cara mengajarnya.
Yah,
> > mungkin seperti Richard Feynman atau Paul G. Hewitt. Mungkin kalau di
> > Indonesia macam Bob Foster atau Yohanes Surya.
> >
> > Di lain pihak, zaman sekarang memang rada lain konsep interaksi antara
> > dosen-mahasiswa. Suka atau tidak suka, mahasiswa sekarang memang relatif
> > lebih "lembek" dibanding mahasiswa dulu. Dosennya galak sedikit,
> > mahasiswanya langsung ngambek. Padahal katanya dulu dosen itu manusia
1/2
> > dewa. Jadi kita juga tidak bisa 100% menyalahkan mereka yang galak-galak
> > kepada penanya, karena bisa jadi mereka dulu memang belajar dan diajar
> > dengan sistem seperti itu.
> >
> > Yah, ini sebenarnya termasuk generation gap di bidang akademis. Sad but
> > true.
> >
> >
> > --- In fisika_indonesia@ <mailto:fisika_indonesia%40yahoogroups.com>
yahoogroups.com<fisika_indonesia%40yahoogroups.com>,
> > Shofhi Amhar <shofhi.amhar@> wrote:
> > >
> > > sekedar sumbang saran, sesederhana apa pun pertanyaan yang dilempar ke
> > milis
> > > ini, mohon dilayani dengan baik. jika malas menanggapi, sebaiknya
tidak
> > > memberikan lontaran-lontaran yang membuat si penanya tersudut.
> > >
> > > jujur jika saya yang bertanya kemudian ditanggapi dengan
mempertanyakan
> > > latar-belakang saya, saya akan sangat kecewa.
> > >
> > > saya ikut milis fisika juga berharap dapat mengenang masa muda saya
yang
> > > adalah anak eksak. tetapi saat ini, konsep fisika yang sederhana pun
saya
> > > belum tentu paham. tetapi saya suka kalau ada diskusi-diskusi yang
> > berjalan
> > > baik, meskipun belum tentu paham.
> > >
> > >
> > > >
> > > >
> > >
> > >
> > >
> > > --
> > > +++
> > > [5:50] apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum)
siapakah
> > > yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin?
(AL
> > > MAA-IDAH (HIDANGAN) ayat 50)
> > > ---
> > > Wala' untuk Islam
> > > Shofhi Amhar
> > > http://sites. <http://sites.google.com/site/ibnushobirin>
google.com/site/ibnushobirin
> > >
> >
> >
> >
>

2.10.

Bls: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Posted by: "sigit jaya herlambang" kupleaslitlb@yahoo.com   kupleaslitlb

Tue Dec 15, 2009 11:25 pm (PST)



Mulai Edit Moderator:

Setuju, mari kita akhiri untaian diskusi ini. Mohon agar posting ini tidak lagi dibalas atau dikomentari.

Akhir Edit Moderator:

Saya rasa reply yang saya baca untuk topik ini 90% tidak menjawab pertanyaan yang dilontarkan si pembuka topik. Untuk itu sebaiknya tidak ada yang membalas topik ini lagi setelah saya karena tidak akan membantu apa-apa melainkan hanya memperlihatkan sifat dan sikap yang umum yang ada pada kebanyakan saintis: suka omong kosong.
Satu hal lagi, sebaiknya memang tidak usah menjawab bila tidak ingin menjawab. Pikirkanlah perasaan si penanya yang mungkin tidak hanya sekedar merasa tersudutkan, melainkan juga diremehkan, direndahkan dihina tanpa sadar. Berhentilah melakukan itu pada orang lain. Dan lagi, jangan meng-generalisasikan sesuatu dari sebuah sampel. Terima Kasih.

Salam Hormat saya untuk semua penjawab yang OOT di milis ini,

Sigit Jaya Herlambang
Mahasiswa Fisika UI 2005.

________________________________
Dari: Zaenal Arief <zaenal@pudak.com>
Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Terkirim: Rab, 16 Desember, 2009 11:31:24
Judul: RE: Bls: [FISIKA] Mohon Bantuannya..

Mbak Putri,

Mbak Idha japri ke saya bila terima kasih
dah di jawab terus bilang mau sign out dari milis, tapi saya bilang jangan ,
cuman saya nggak tau dia jadi apa nggak sign outnya ,

Sebenernya nggak ribet lah tinggal ketik
beberapa kata, aq anak kelas 7…., atau semester 2 nih ….., ibu RT
mau bantu anak bikin PR…. , dll

Zaenal


________________________________

From:fisika_indonesia@ yahoogroups. com [mailto: fisika_indonesia@ yahoogroups. com ] On Behalf Of Putri bungaH
Sent: Wednesday, December 16, 2009
10:26 AM
To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
Subject: Re: Bls: [FISIKA] Mohon
Bantuannya..


Dek,.. Kak Idha nya kata sang moderator sudah sign-out
tuh dari milis ini.. benar kan
Pa Zaenal??..

mmmhh... mgkn rekan2 milis ini sudah mulai gemes dengan jenis pertanyaan sdri.
Idha yg muncul di milis ini sehingga tema ini menjadi menarik di bahas..

mungkin saran saja buat sang moderator, kalo pertanyaan2 semacam sdri. Idha ini
ga ingin muncul di milis,.. maka di header milis (web-milis) sebaiknya
dituliskan peraturan2 cara mengajukan pertanyaan..
dimulai dari status pendidikan (itu yg penting)..

ko jadi ribet ya.. mau tanya ke milis ini aja :)
kalo semua harus ikutin aturan.. maka semua menjadi ribet.

salam,
Elin

--- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com,
maldini faldo <faldo.maldini@ ...> wrote:
>
> wah ,, kak Idha malah jadi bahan pembicaraan ya,, semoga sukses Kak
> Idha,,,^_^
>
> InsyaAllah bisa lah Kak,... Saya yakin kakak bisa,,, ditunggu janjimu
Kak,..
>
> FaLDo-Fisika UI 2008
>
>
> 2009/12/15 frank_the_hero <frank_nasch@ ...>
>
> >
> >
> >
> >
> > Memang agak-agak sulit untuk masalah komunikasi yang satu ini.
> >
> > Idealnya memang dosen dan profesor fisika itu baik-baik ke
mahasiswanya,
> > inspiratif, panjang sabar, lucu-humoris, dan atraktif cara
mengajarnya. Yah,
> > mungkin seperti Richard Feynman atau Paul G. Hewitt. Mungkin kalau di
> > Indonesia
macam Bob Foster atau Yohanes Surya.
> >
> > Di lain pihak, zaman sekarang memang rada lain konsep interaksi
antara
> > dosen-mahasiswa. Suka atau tidak suka, mahasiswa sekarang memang
relatif
> > lebih "lembek" dibanding mahasiswa dulu. Dosennya galak
sedikit,
> > mahasiswanya langsung ngambek. Padahal katanya dulu dosen itu manusia
1/2
> > dewa. Jadi kita juga tidak bisa 100% menyalahkan mereka yang
galak-galak
> > kepada penanya, karena bisa jadi mereka dulu memang belajar dan
diajar
> > dengan sistem seperti itu.
> >
> > Yah, ini sebenarnya termasuk generation gap di bidang akademis. Sad
but
> > true.
> >
> >
> > --- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com<fisika_indonesia% 40yahoogroups. com>,
> > Shofhi Amhar <shofhi.amhar@ > wrote:
> > >
> > > sekedar sumbang saran, sesederhana apa pun pertanyaan yang
dilempar ke
> > milis
> > > ini, mohon dilayani dengan baik. jika malas menanggapi,
sebaiknya tidak
> > > memberikan lontaran-lontaran yang membuat si penanya tersudut.
> > >
> > > jujur jika saya yang bertanya kemudian ditanggapi dengan
mempertanyakan
> > > latar-belakang saya, saya akan sangat kecewa.
> > >
> > > saya ikut milis fisika juga berharap dapat mengenang masa muda
saya yang
> > > adalah anak eksak. tetapi saat ini, konsep fisika yang sederhana
pun saya
> > > belum tentu paham. tetapi saya suka kalau ada diskusi-diskusi
yang
> > berjalan
> > > baik, meskipun belum tentu paham.
> > >
> > >
> > > >
> > > >
> > >
> > >
> > >
> > > --
> > > +++
> > > [5:50] apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum)
siapakah
> > > yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang
yakin? ( AL
> > > MAA-IDAH (HIDANGAN) ayat 50)
> > > ---
> > > Wala' untuk Islam
> > > Shofhi Amhar
> > > http://sites. google.com/ site/ibnushobiri n
> > >
> >
> >
> >
>


Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya sekarang! http://id.mail.yahoo.com
3a.

Pertanyaan mengenai symbol

Posted by: "Fendy" orichalc_of_moon@yahoo.com   orichalc_of_moon

Tue Dec 15, 2009 12:57 pm (PST)



Permisi,

Saya ingin tanya simbol &#969; di tabel 2 dalam paper berikut ini menandakan apa ya ?

http://fr.arxiv.org/PS_cache/arxiv/pdf/0912/0912.2599v1.pdf

Fendy

3b.

Re: Pertanyaan mengenai symbol

Posted by: "Haryo Sumowidagdo" sumowidagdo@gmail.com   haryo_hep

Tue Dec 15, 2009 3:59 pm (PST)




Saya coba cek Tabel 2 artikel ini tapi tidak melihat ada simbol yang aneh. Bisa ditunjukkan halaman berapa, baris keberapa dari atas, dan kalau bisa karakter yang mana.

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "Fendy" <orichalc_of_moon@...> wrote:
>
> Permisi,
>
> Saya ingin tanya simbol &#969; di tabel 2 dalam paper berikut ini menandakan apa ya ?
>
> http://fr.arxiv.org/PS_cache/arxiv/pdf/0912/0912.2599v1.pdf
>
>
> Fendy
>

3c.

Re: Pertanyaan mengenai symbol

Posted by: "Fendy" orichalc_of_moon@yahoo.com   orichalc_of_moon

Tue Dec 15, 2009 9:06 pm (PST)



> Saya coba cek Tabel 2 artikel ini tapi tidak melihat ada simbol
> yang aneh. Bisa ditunjukkan halaman berapa, baris keberapa dari
> atas, dan kalau bisa karakter yang mana.

Waduh, nih Yahoo!Group sistem karakternya rada ngaco. Maaf ya.

Simbol yang saya cari maksudnya adalah simbol "omega kecil" yang ada di tabel 3 dan tabel 4 (maaf, bukan tabel 2). Yang saya tahu ini pasti salah satu simbol untuk elemen orbit Keplerian.

http://fr.arxiv.org/PS_cache/arxiv/pdf/0912/0912.2599v1.pdf

Paper yang saya tunjuk itu adalah paper mengenai penemuan extrasolar planet yang mengorbit bintang 61 Virginis. Saya ingin membuat simulasi dari sistem itu di website saya. Jadi saya sekarang sedang mencari2 cara untuk mengubah elemen2 orbit kepler menjadi state vector untuk epoch yang ditentukan (Epoch JD 2453369.166).

Sebelumnya saya sudah pernah buat simulasi semacam ini untuk tata surya

http://orinetz.com/planet/animatesystem.php?sysid=QUQTS2CSDQ44FDURR3XD6NUD6&orinetz_lang=2

Tapi dasar background pendidikan saya bukan astronomi maupun fisika, jadi saya agak bingung dengan simbolisme yang umum digunakan para astronom dan fisikawan. Mohon bantuannya.

Fendy

3d.

Re: Pertanyaan mengenai symbol

Posted by: "Haryo Sumowidagdo" sumowidagdo@gmail.com   haryo_hep

Tue Dec 15, 2009 11:15 pm (PST)





--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "Fendy" <orichalc_of_moon@...> wrote:

> > Saya coba cek Tabel 2 artikel ini tapi tidak melihat ada simbol
> > yang aneh. Bisa ditunjukkan halaman berapa, baris keberapa dari
> > atas, dan kalau bisa karakter yang mana.
>
> Waduh, nih Yahoo!Group sistem karakternya rada ngaco. Maaf ya.
>
> Simbol yang saya cari maksudnya adalah simbol "omega kecil" yang ada di tabel 3 dan tabel 4 (maaf, bukan tabel 2). Yang saya tahu ini pasti salah satu simbol untuk elemen orbit Keplerian.

Hasil googling dan wiking:

Dalam bahasa Inggris simbol itu ternyata artinya 'argument of periapsis'

http://en.wikipedia.org/wiki/Argument_of_periapsis
http://en.wikipedia.org/wiki/Kepler_orbit

Saya belum baca detailnya bagaimana, tapi ada lebih dari cukup informasi di dua artikel itu untuk menjelaskan 'argument of periapsis' untuk anda baca. Seseorang dengan latar belakang astronomi (terutama yang tahu mekanika benda langit/planet) atau teknik penerbangan (terutama dinamika satelit) akan bisa menjelaskan lebih baik dari saya.

4.

MECHANICAL ENGINEER (211-93) & PROJECT SCHEDULER (21168)

Posted by: "Mbp" mbp.skill@yahoo.co.id   mbp.skill

Tue Dec 15, 2009 6:58 pm (PST)



PT. MBP Skill Indonesia
CONTRACTING – CONSULTING – RECRUITING – TRAINING-FORMALITIES

Our client, is a Gold Mining Company located in Papua, urgently looking for:

MECHANICAL ENGINEER (211-93)

Requirements:
1. S1 Mechanical, min 3 year experiences as start up commissioning in infrastructure mining industry. D3 Mechanical, min 6 year experiences
2. Familiar with tools of start up commissioning in mining infrastructure industry: Conveyor, Feeder, Crusher, Pump, Rock breaker
3. Have skills and knowledge of the latest tools in the method of start-up and commissioning in the mining
4. Having a field inspection capability to ensure that the installation according to function and can be operated
5. Able to speak and write good English
6. Able to use Computer

PROJECT SCHEDULER (21168)
1. Male/Female, Max 30 years old
2. Bachelor degree (S1) in Engineering
3. Having experiences in Engineering Project
4. Familiar with Primavera Enterprise, MS Project, Power point, MS Word, MS Excel, etc
5. Technical, detail oriented problem solver
6. Willing to work and relocate in remote location for long term
Your application will be treated confidentially and only short listed candidates will be followed up. Please send your applications with Update CV, Recent Photo and Last Salary to resumes@mbp-skill.com and quote the positions code.
PT. MBP Skill Indonesia
www.mbp-skill.com or www.mbp-skill.com/htm/jobs.php

5.

Tentang paradigma milis

Posted by: "Putu Sudiarta" coolputu@gmail.com   coolputu2001

Wed Dec 16, 2009 3:01 am (PST)



Moderator Edit:

Saya setuju dengan usul di paragraf terakhir tentang semacam pengumuman bulanan tentang sopan-santun di milis, mirip dengan yang pernah saya lihat di milis beasiswa. Akan segera diimplementasikan bulan Januari 2010.

Akhir Moderator Edit:

Menurut saya pertanyaan yang lucu-lucu dilontarkan di milis bukan
karena orang yg menanyakan kurang cerdas, kurang pintar, kurang
berusaha, atau malas mikir, dsb..
Tapi karena paradigma yg salah ttg milis (mailing list) di benak orang itu
Mungkin seseorang berpikir bisa bertanya ttg apapun dimilis, dan orang
lain akan dgn senang menjawab, atau yg ga tau ya ngga akan komentar
Jaman saya kuliah dulu waktu pertama kali kenal namanya milis, saya
sendiri jg begitu.. sampe2 dimarahin orang se milis.
Milis seharusnya dijadikan last resort kalo usaha yg lain sudah tidak
efektif, terutama milis akademis & profesionalitas.
Untuk milis lain mgkn ga masalah isinya gosip atau cela2an.

Jd penjelasannya gini:
Kita join milis ini karena punya ketertarikan yg sama,
Rasanya semua orang di sini yg menguasai masalah dgn senang hati akan
ikut dalam diskusi, atau menjawab masalah yg ditanyakan
Tp bukan diskusi sembarang diskusi, dan bukan sembarang masalah,
melainkan masalah yg bisa memberikan perasaan senang (fun) untuk orang
yg mencarikan solusinya
Fun bisa ada beberapa kriteria contohnya: challenging, menstimulasi
untuk berpikir, dll
Salah satu indikasi challenging kalo kita search di google, wiki,
howstuffworks, dll, blm ketemu jawabannya
Kadang memberi penjelasan kepada anak kecil ttg hal2 yg dia blm tau
bisa jadi fun, tapi jadi ga lucu lg kalo yg nanya bukan anak kecil
Jadi impas dong kita bertanya perlu jawaban, orang yg menjawab
mendapat kesenangan dalam memecahkan masalah, sbg imbalan atas waktu &
pikiran nya

Sekarang klo misal kita bertanya yg tidak challenging
Kemungkinannya orang akan cuekin aja, sambil delete imel nya.
Sebagian masih baik hati akan ngasih saran untuk search di google, wiki, dll.
Terus yg lainnya kemungkinan cuma comment
namanya komentar orang, kita ga bisa atur.. masa mau berharap komentar
yg bagus2 aja.
Ya udah resiko.
Saya jg pernah dimarahin, jadikan pelajaran aja..

Bukannya menakut2i orang untuk tidak bertanya
Tp mengarahkan untuk bertanya yg benar
Orang senang berinteraksi di milis
Tp jgn copy paste soal ujian di milis sblm copy paste di google /
sebelum belajar di buku
kesannya nyuruh2 orang untuk ngerjain soalnya (udah ga bayar, soalnya
ga menarik, nyuruh2 lg...)

Sebaiknya jg ada monthly announcement untuk mengarahkan junior2 yg
baru join milis ttg cara bertanya yg baik
kecian nanti kalo ada yg nanya2 lg ga merasa bersalah, dimarah2in..

Salam,

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Group Charity

Hands On Network

Volunteering has

never been so easy

Yahoo! Groups

Going Green

Resources and tips

for green living

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: