Selasa, 29 Desember 2009

[FISIKA] Digest Number 2934

Messages In This Digest (2 Messages)

1a.
Bls: [FISIKA] (unknown) From: Kartijo Dewantoro
2.
Menjadi guru fisika yang menyenangkan From: wido_mono

Messages

1a.

Bls: [FISIKA] (unknown)

Posted by: "Kartijo Dewantoro" dkartijo@yahoo.co.id   dkartijo

Mon Dec 28, 2009 6:29 pm (PST)



Salam sejahtera mas Handoko,

kalo boleh saya nambahin ne, soalnya saya tertarik dengan guru yang ideal, yang susah nyarinya...

Gimana kalo kawan-kawan yang ingin menjadi guru fisika, sebelum menjadi guru fisika, menjadi fisikawan dulu.....hehehe

Tapi, fisikawan di sini saya artikan sebagai perilaku yang dihasilkan oleh hasil eksperimen. Saya jadi ingat pesan kata P. Drost (alm): "sebelum menjadi pengajar sains (fisika), sebaiknya ia menjadi seorang saintis dahulu" ....

Hal tersebut dimaksudkan agar nantinya seorang guru fisika dapat bercerita lebih banyak akan pengalamannya kepada siswa, bukan berdasarkan informasi baik dari buku apalagi kata orang...

Buku fisika yang dipelajari hingga kini nampaknya tidak mengalami banyak perubahan dari dulu. Isinya itu-itu melulu, yang kalau siswa mau membacanya mungkin akan memahaminya. Namun, sosok guru yang mampu menceritakan berdasarkan eksperimennya masih jarang lho...

Salam

--- Pada Sel, 22/12/09, Handoko <handoko_02@yahoo.com> menulis:

Dari: Handoko <handoko_02@yahoo.com>
Judul: [FISIKA] (unknown)
Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Tanggal: Selasa, 22 Desember, 2009, 11:11 AM

 

Selamat malam semuanya..

Maaf, akhirnya saya ingin ikut berkomentar dan mengungkapkan pendapat..
Kepada mbak/mas "Sulistyo As", yang menuliskan 6 faktor guru ideal, rasanya saya kurang bisa menyetujuinya. Sekiranya kira berbicara tentang guru ideal, tentu yang dalam konsepnya kondisi ideal itu sulit sekali dicapai tapi bisa dibicarakan.
Apakah guru ideal memerlukan pengawasan untuk mengajar ?! saya sangat tidak setuju dengan pendapat ini..

Baiklah, lebih baik saya coba utarakan pendapat saya mengenai guru fisika yang ideal.
Secara umum, seorang guru ideal menurut saya adalah seorang yang dijadikan panutan oleh si murid.. seseorang bisa saja membeli buku atau pendidikan formal tetapi tidak rasa hormat, maka dari itu seseorang guru harus bisa menimbulkan kerelaan para muridnya untuk menghargainya / menghormatinya. . itu secara
figur..

Secara keilmuan, seorang guru fisika yang ideal menurut saya tidak memerlukan berbagai macam faktor2 eksternal seperti pengawasan, gaji, dan fasilitas... saya rasa yang paling terpenting yg harus dimiliki oleh para pengajar adalah memiliki jiwa atas bidangnya (kecintaan akan bidangnya, memiliki motivasi mengajar yang tinggi, memiliki visi yang unik, atau secara umum memiliki jiwa yang hidup). Bukan sekedar ilmu yang tinggi atau gelar yang berjejer yg terpenting, karena ilmu tinggi atau banyaknya gelar sama sekali tidak menjamin apakah kegiatan belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik apa tidak.

Apabila seorang guru memiliki jiwa yang hidup terhadap bidangnya (fisika), maka sang guru akan bisa mencerita dengan begitu indahnya tentang bidangnya (fisika). Ditangannya, bidangnya bukanlah sesuatu yang mati dan membosankan, tetapi merupakan sesuatu yang hidup dan menarik perhatian. Seseorang yg memiliki jiwa yg hidup terhadap
bidangnya (fisika) biasanya juga disertai pengetahuan yg dalam dan sudut pandang yg luas akan masalah yg akan dijelaskannya (fisika). Sang guru biasanya juga memiliki filosofi yang tinggi, memahami posisinya dan memiliki kehormatan akan apa yang dia lakukan, sebagai pengajar yg bisa jadi merubah jalan hidup para siswanya.. Dengan jiwa yang hidup dan semangat yg tinggi, sang guru biasanya akan terdorong mengabdikan dirinya, mengeluarkan segenap usahanya yang terbaik untuk menjadi partner belajar yang terbaik bagi siswanya.. segenap usaha ini terkadang bisa menggugah hati manusia, dan mengubah sudut pandang banyak manusia terhadap apa yang sang guru lakukan.. sang guru tidak akan segan2 berpikir bagaimana cara terbaik menyampaikan topiknya, bagaimana cara terbaik membuat suasana pengajaran menjadi hidup, bagaimana cara menangkap kebingungan yang terjadi selama pengajaran, bagaimana cara membuka wawasan para muridnya akan dunia yang begitu indah dan luas
ini.. ! Terkadang kita tidak tahu seberapa indah dan besarnya alam sekitar kita sampai mata dan sudut pandang kita terbuka akan hal tersebut.. adalah peran sang guru untuk menyampaikan dunia indah yang dapat dilihatnya sehingga orang lain juga dapat turut serta merasakannya. . (yang tentunya bukan rumus2 fisika tanpa arti dalam benak para murid...)

Janganlah menyalahkan murid yang tidak kooperatif atau tidak mau bekerja sama dengan proses belajar mengajar ini karena tidak semua murid akan tergerak, dan tidak semua murid menyukai fisika. Hubungan kedua pihak merupakan hubungan yang memerlukan kerja sama guru dan murid. Kita tidak bisa memaksa murid untuk berubah sesuai dengan keinginan kita, sebab setiap manusia adalah unik dan berbeda, tetapi kita bisa merubah diri kita sendiri dan mengeluarkan yang terbaik dari diri kita sendiri. Ibaratnya, kalau kita tinjau hubungan yang ideal, dibutuhkan kerja sama dari pihak A 100% dan dari pihak B 100%. Kita
hanya bisa mencapai kondisi ideal ini apabila kita sebagai salah satu pihak (guru) juga mengeluarkan 100%, bukan 90% atau 50%.. terlepas dari kondisi pihak yang lainya lagi.. Kita bisa mulai dari diri sendiri, tanpa perlu menyalahkan pihak kedua (murid) sama sekali.. dan dengan demikian kita tidak akan menyesal karena telah berusaha yang terbaik..

Semua yang telah disebutkan diatas tentunya harus disertai dengan kebijaksanaan yang tinggi.. karena kondisi totalitas 100% memerlukan determinasi diri yang sangat kuat, kondisi dimana seseorang telah mengalahkan dirinya sendiri, sehingga dia tidak akan terganggu terhadap gangguan eksternal untuk memberikan yg terbaik dari dirinya sendiri  (gangguan2 seperti harta / gaji, fasilitas, murid yang buruk, berbagai masalah yg dialami sang guru, pengawasan, dsb).. sehingga setiap saat sang guru akan tampil 100% semangat dan menginspirasi murid2nya.

Motivasi yang tinggi, kecintaan yang tinggi serta
jiwa yang hidup akan bidangnya dan pekerjaannya, totalitas atau pengabdian yang tidak setengah-setengah akan bidang/pekerjaanya, saya rasa itulah faktor-faktor yang akan menjadikan seseorang menjadi guru ideal bagi saya.

Terlalu ideal ?! Ya karena kita bicara kondisi ideal.. dan saya mengungkapkan idealisme saya.. tetapi segalanya bisa bermula dari kekuatan hati kita, inner strength inside us as human beings ..

Teman saya pernah berkata, "Scientists must have genuine motives. Otherwise, they won't have dramatic inspirations for invention." 

Salam hormat dari saya. Semua ini murni merupakan pendapat pribadi saya atau pandangan hidup saya, tidak ada yang benar atau salah.. karena setiap manusia bebas memiliki pendapatnya masing2 sesuai hati nuraninya.

Handoko Luo
M1 Osaka Univ.

__________________________________________________________
Dapatkan alamat Email baru Anda!
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan sebelum diambil orang lain!
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/
2.

Menjadi guru fisika yang menyenangkan

Posted by: "wido_mono" wido_mono@yahoo.com   wido_mono

Mon Dec 28, 2009 11:03 pm (PST)



kepada para fisikawan indonesia, saya mengalami kesulitan dalam mengajarkan fisika di kelas saya, apakah ada website yang dapat menginspirasi saya untuk menjadi guru fisika yang enyenangkan bagi murid-murid saya, karena saya menjadi guru masih memberi kesan fisika sulit dan banyak rumus.
jadi mohon agar kepada fisikawan atau guru fisika yang dapat memberikan pencerahan bagi saya..
serta bagaimana cara mengajar fisika yang efektif, murid termotivasi untuk mengerjakan latihan-latihan soal fisika, yang sulit. tapi mereka tetap tidak putus asa dengan berbagai tipe soal-soal fisika.

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Find helpful tips

for Moderators

on the Yahoo!

Groups team blog.

Yahoo! Groups

Going Green

Find green

groups and tips

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: